GAS INDUSTRI SECARA UMUM

xx :bro, kamu kerja dimana sekarang??
yy: aku di perusahaan gas bro,
xx: yang gimana tuh?
yy : yang produksi gas buat industri.
xx : kok bisa? belajar tentang laut tapi kok di gas
yy : ya coba aja ngelamar ( di pikir aku belajar tentang ikan, tapi ga papa lah), eh ternyata di  terima
xx: mantab dong pertamina,,
yy: mmm... bisa di bilang begitu.

kalimat pembuka ini sering ku temui oleh beberapa teman di kampung halamanku, bingung untuk menjelaskan sebab musabab masalah nya, yang penting bisa bertemu dengan teman lama, ngopi  dan cangkruk bareng. cukup untuk menghilangkan penat.

ternyata setelah bekerja hampir setahun kurang, pikiran tentang sebuah pekerjaan, begitu luas, dulu pada waktu masih unyu-unyu bangku sekolah, karena basic orang tua ku yang bekerja  sebagai tenaga kerja di pabrik dan menjadi seorang pegawai negeri(guru) bahwa bekerja itu ada dua hal, kalau ga jadi pegawai swasta ya penjadi abdi negara (pegawai negeri), dan kalau tidak jadi guru, ya kerja di bagian teknik. 

Erection Process


menjalani kuliah pemikiran lama ini mulai bergeser. di perkuliahan di perkenalkan pekerjaan tentang konsultan perencana, tenaga survey, dosen, peneliti, operator. dengan jalur karir yang berbeda-beda. bahkan mengenal wirausaha, dan tenaga kerja kontrak (outsources). setelah bekerja ini lah, pengetahuan tentang pekerjaan bertambah lagi, jauh lebih banyak dari yang pernah di pikirkan. dari mulai perusahaan jasa, manufacture, medis, pengolahan minyak, pengeboran, otomotif, dok perkapalan, dan masih banyak lagi. pengalaman menjadi tenaga konsultan, survey, peneliti, waktu kerja praktek dulu mengantarkan ke pilihan bidang pekerjaan yang paling sesuai. dan terakhir menjatuhkan pilihan di sebuah perusahaan gas industri. masih sampai saat ini.

perusahaan gas industri dalam bahasa sederhana adalah perusahaan yang memproduksi gas untuk industri. berbeda dengan gas untuk bahan bakar, seperti di Perta-Gas anak perusahaan pertamin. TPPI di Tuban, atau MCL, PGN. yang produksi gas nya untuk bahan bakar. dalam bahasa kimia memproduksi senyawa hidrokarbon CnH2n. dalam gas industri, produksinya adalah Oksigen, Nitrogen, Argon, CO2, H2, C2H2 (acetylene). yang kesemuanya untuk proses industri, mulai dari makanan, otomotif, manufacture, perkapalan, hingga pemrosesan hidrokarbon, memerlukan gas industry ini. 



Add caption


misal dalam makanan, dibutuhkan nitrogen cair atau CO2 untuk proses refigerant, Nitrogen juga di butuhkan untuk membersihkan bejana tertutup dari oksigen, menjaga agar tidak korosi, selain itu untuk purging pipa industry, dan masih banyak yang lain,



Contoh Penggunaan Gas Industry 


lalu bagaimana dengan sourcenya? 
sumber dari gas industry ini adalah udara sekitar kita, yang telah kita tau memiliki kandungan nitrogen, oksigen, CO2 dan lain-lain. dan di proses berdasarkan titik lebur gas, dengan separation bertingkat, biasa disebut ASP (Air Separation Plant)

mungkin itu yang bisa disampaikan gambaran secara umum perusahaan yang bergerak di bidang gas industri.[]

-semoga bermanfaat-





No comments

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)