ANSYS ( Introduction )

Assalamualikum,


Sedikit memperkenalkan tentang program yang memiliki kemampuan untuk, memodelkan,menghitung mensimulasikan suatu benda akibat dari dorongan (gaya, panas, ledakan, aliran, dsb ) baik akibat dari  benda model tersebut maupun pengaruh dari luar. Pertama kali berkenalan dengan program ini ketika mengerjakan Tugas Akhir perkuliahan. Pada waktu itu sedang mengerjakan Analisa Kekuatan Memanjang Barge kapasitas 3000 MT Akibat Gelombang Kopel Heaving-Pitching dan Distribusi Beban. Hematnya, aku menganalisa di titik manakah sebuah beban gelombang laut pasangan Heaving-Pitching mempengaruhi  kapal tersebut, setelah menemukan letaknya, maka di buat permodelan dan mensimulasikan dengan program AnSys, bagian part mana yang menyebabkan kapal tersebut mengalami kegagalan.


Secara umum program ini di peruntukan bagi profesional yang mendalami finite element method (metode elemen hingga). yaitu suatu metode perhitungan (numerik) dengan tujuan mendapatkan pendekatan yang sama dengan kondisi sebenarnya. dengan membagi benda ke dalam elemen-elemen kecil (meshing). Tiap benda di bagi hingga ribuan elemen. 
Analysis Pedestal 
Secara umum, untuk analisa struktur. langkah - langkah pengerjaan terbagi dalam 5 tahap :
  1. Geometri
  2. Material Propertis
  3. Meshing
  4. Pembebanan dan analisa
  5. hasil
Pada tahap awal yaitu mendesaian benda yang akan kita uji. Desain di harapkan sesuai dengan keadaan sebenarnya, karena akan dapat berpengaruh pada hasil dari analisa. desain dalam bentuk planar maupun 3D (solid) dapat di import dari Auto Cad 3D. ketika itu aku coba membuat dengan versi 2009, akan tetapi ketika di import oleh ANSYS, sering terjadi meshing yang tidak rapi. Hal ini mungkin di sebabkan dalam menggambar 3D pada Cad sering crash pada bagian model dengan sambunganya. Paling baik menggambar di worksheet ANSYS. CMIIW :)

Langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi material terhadap model tersebut. kita dapat memilih material berdasarkan kondisi sebenarnya. dalam pemilihan material ini, perlu untuk mengetahui secara filosofi, misal dari aturan standard dan code seperti ASTM untuk material, API, AISC, GB. karena dari standard tersebut akan di ketahui kekuatan material, faktor safety dsb. 

Next adalah mesh. seperti di jelaskan di atas, mesh ini dapat di bagi tiap elemenya sesuai dengan keinginan. biasanya secara generate di bagi sendiri oleh program ANSYS tersebut. Pada Mesh akan di ketahui seberapa baik dan rapi nya geometri atau model yang telah kita kerjakan, jika tidak, maka akan ada tanda warning hingga diminta untuk memodelkan ulang. 

Selanjutnya adalah memberikan pembebanan pada model yang telah di mesh. dan di run untuk mengetahui hasilnya. program ini tidak ada batasan dalam mengoperasikan, dan menganggap apa yang kita masukan tetap keluar hasil (gargabe in-gabage out). Karena kebebasan tersebut, perlu filosofi tentang ilmu nya. mengetahui apa yang kita masukan dalam program adalah benar, otomatis perhitungan dari program tersebut benar.

Analisa Struktur Lambung Kapal  (dok. Pribadi)


Program ini menurutku program yang bagus dan rekomendasi. Karena hasil nya mendekati perhitungan secara manual, banyak faktor yang mempengaruhi pendekatan tersebut, bisa karena elemenya, kondisi batas, pembebanan, lingkungan dsb. seri terbaru untuk ANSYS APDL (mechanical) ini adalah ANSYS Workbench. lebih mudah, karena tiap project telah urut dari model Geometry hingga solusi. selain itu tampilan grafiknya lebih baik. Dari segi harga program ini luar Selain Program ANSYS terdapat juga program metode elemen hingga sejenis seperti Abaqus, Catia, Lina, Nastran dsb. dari berbagai sumber mengatakan bahwa program - program ini mudah di gunakan (user-friendly) dengan tampilan GUI (Graphical User Interface) yaitu semua perintah dapat di gunakan dengan hanya meng klik pada layar monitor. tanpa perlu membuat program. mungkin nanti ketika ada kerjaan dengan membutuhkan program tersebut. dapat memberikan opini. :).

Kebetulan ada presentasi gambaran umum program ini, diambil dari tugas probition ku. mungkin berguna. disini . CMIIW

No comments

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)