BAHAYA OKSIGEN ?!?

Assalamualaikum..


Saya ingin sedikit share tentang gas yang pasti kita telah mengenalnya, Oksigen. Setiap makhluk hidup pasti membutuhkan gas ini, rata - rata setiap kali kita bernafas membutuhkan sekitar 2 liter oksigen. Dalam sebuah periodik unsur, oksigen dengan lambang O memliki atom 8,  dengan predikat ke 2 dalam jumlah komposisi udara, setelah Nitrogen (N) 68% dan oksigen 20 %.



Oksigen Merupakan salah satu produk dari perusahaan di bidang industri gas  yang pernah saya bahas, selain Oksigen terdapat pula Nitrogen, Argon, Acetylene. Hidrogen, dan masih banyak lagi. satu persatu nanti saya akan coba bahas di blog ini, untuk Kegunaan Oksigen sangat beragam, selain untuk bernafas, Oksigen dalam Industri menjadi gas campuran dalam pengolahan, maupun dalam bidang yang lain, Dalam penerbangan Antariksa, Oksigen di gunakan untuk mengangkat Pesawat ulak aliknya

Pesawat ulak alik membutuhkan oksigen untuk bahan bakar

Akan tetapi tahukah dengan penggunaan Oksigen secara berlebihan?
Serta tahukah jika kekurangan oksigen? Dimana dan kapan


A. Kelebihan Oksigen

Dari pengalaman yang saya pelajari, berikut adalah beberapa yang akan saya bagi tentang resiko penggunaan oksigen Berlebih dalam industri.

1. Oksigen Adalah Pensuport Pembakaran

Oksigen merupakan support pembakaran, dengan kelebihan oksigen, maka daya pembakar menjadi lebih besar, itulah mengapa angin pembawa oksigen menjadi pembunuh nomor satu belakangan ini di kota besar. Angin pembawa oksigen tersebut lantas membuat nyala api semakin besar. Pada Konrentrasi 23 % dalam udara, situasi menjadi berbahaya terkait dengan meningkatnya bahaya kebakaran.
Kebakaran esar terjadi akibat oksigen berlebih

2.  Oksigen  Never Warning

Sifat dasar Gas Oksigen ini tidak berwarna, tidak berbau, dan tidak berasa.  Sehingga sulit bagi kita untuk mendeteksi kelebihan oksigen tanpa peralatan pendeteksh. Sehingga ketika kita tidak was-was dalam mematik api, maka kejadian akan sangat fatal.

Dalam Kondisi tertentu terdapat resiko timbulnya api, yang sering kita sebut sebagai segitiga api.
Segitiga api adalah 3 unsur yang jika di gabung menjadi satu akan dapat menimbulkan nyala api.

  1. Bahan yang mudah terbakar, bisa berupa fuel, Kertas, Cairan Kimi`, Kayu dsb,
  2. Panas yaitu temperatur yang tinggi dan
  3. Oksigen
Jika ketiga unsur tersebut di pisahkan, maka tidak akan terjadi nyala api.
Segitiga api


Biasanya dalam Industri seperti perminyakan, manufacture, dan lainya, selalu mengutamakan keselamatan dan menghindari kebocoran gas ini di pabriknya. Kebocoran koncektor, Flange, fitting, dapat menyebabkan peningkatan konsentrasi udara di sekelilingnya. Selain kesalahan dari bocornya pipa, pabrik juga kurang dalam hal ventilasi yang bertujuan penggantian udara.

Dalam Proses pengepakan, oksigen jarang di packing dalam bentuk gas, biasanya di kompres hingga berbentuk liquid, karena sifat gas yang mudah berubah bentuk. Dan dalam liquid perbandinganya 1000 kali lebih banyak dari gas, pada bejana yang sama, bergantung tingkat puritas dan berat jenis gas tersebut.


Truk silinder pengangkut oksigen
Kalau di pack seperti pada LPG yang berbeda hanya pada tulisan di bagian mobil, mendeskripsikan gas berbahaya, dan jenis muatan gas nya. seperti terlihat pada gambar diatas

Jika truk yang mengangkut cairan tersebut tumpah, maka

  1. tumpahan cairan dapat menyebabkan kabut dan meningkatkan kandungan oksigen di udara
  2. Dalam radius 500 meter dari tumpahan sangat berbahaya, termasuk personil, cairan tersebut dapat mengenai dan menimbulkan nyala api di sekitar tumpahanya
Kebocoran Oksigen akibat truk terguling


Material untuk mengangkut dan memproduksi oksigen pun khusus dengan label oksigen servis, karena kebanyakan material metal akan terbakar dalam oksigen murni atau kandungan oksigen di udara berlebih, meskipun secara normal, material tersebut tidak mudah terbakar.

B. Kekurangan Oksigen

Kekurangan Oksigen di dalam ruangan pun berbahaya.  Karena sifat oksigen yang tidak berwarna dan tidak berbau kekurangan oksigen tidak dapat di rasakan.

Pada kondisi normal, kita menghirup oksigen dan menghembuskan CO2 . Akan tetapi dengan kandungan oksigen 0% tarikan nafas yang kedua mengakibatkan kehilangan kesadaran tanpa adanya peringatan. Secara cepat dapat mengakibatkan kematian

Pada kasus kekurangan oksigen secara bertahap
Kandungan O2 <18% akan menyebabkan

  1. Vertigo
  2. Pusing
  3. Sulit bicara
  4. Kesdaran berkurang dan hilang
  5. Daya pikir menjadi tumpul
  6. Halusinasi
  7. Kehilangan kontrol terhadap otot

Potensi  terdapatnya oksigen berlebih atau berkurang biasanya terdapat dalam ruang yang kurang ventilasi (ruang tertutup)  seperti:

  1. Parit, 
  2. Trowongan
  3. Ruang bawah tanah
  4. Selokan
  5. Tempat pengisian Silinder
  6. Void Tank
  7. Sekitar tempat pengisian tangki

Segala hal jika berlebih atau kekurangan tidak baik untuk kesehatan semoga bermanfaat :)

8 comments:

  1. bagaimana dengan kelebihan oksigen ?

    apa akibat yang akan di dapatkan kalau kita kelebihan oksigen

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah di bahas di atas jika kelebihan oksigen. :D

      Delete
    2. Mungkin maksud yang ditanyakan oleh ibu ririn adalah apa akibat yang akan di dapatkan kalau KITA kelebihan oksigen. Disini saya simpulkan kata KITA berarti merujuk pada makhluk hidup/manusia.
      Pada artikel pembahasan diatas tidak ditemukan akibat kelebihan oksigen pada makhluk hidup/manusia.
      Semoga bisa diberikan pembahasan yang benar terhadap pertanyaan dari ibu ririn.
      Terima kasih

      Delete
    3. maaf saya tidak paham kalau berkaitan dengan makhluk hidup, mungkin bisa ditanyakan ke ahli kedokteran

      Delete
  2. Vertigo, pusing, sulit bicara, halusinasi ciri ciri kurang oksigem yg sama seperti orang mabuk, berarti apakah orang mabuk itu sama juga dengan kekurangan oksigen?

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by a blog administrator.

      Delete
    2. menjawab sedikit jika kita kekurangan oksigen maka asupan oksigen ke otak akan berkurang itulah mengapa otak tidak bisa menggerakan syaraf motorik kita. sedangkan mabuk bisa dibaca di kajian dokter
      berikut ini.

      Delete
  3. Vertigo, pusing, sulit bicara, halusinasi ciri ciri kurang oksigem yg sama seperti orang mabuk, berarti apakah orang mabuk itu sama juga dengan kekurangan oksigen?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)