Negri 5 Menara (Sebuah negeri diatas Kabut ) The Movie

Assalamualikum,

Negeri 5 Menara Movie
Akhirnya setelah harap-harap cemas. Film Negeri 5 Menara akhirnya telah beredar. tepat pada tanggal 1 Maret 2012. Di ambil dari sebuah novel best seller, Negeri 5 Menara adalah sebuah novel karya Ahmad Fuadi. mengisahkan tentang perjalanan hidup penulis menjadi santri dan mondok di Pondok Islam Modern Gontor. di dalam novel di istilahkan PM (Pondok Madani).  Cerita dimulai dari seorang Alif (Gaza Zubizareta) yang pintar tidak pernah terfikirkan untuk bersekolah di sebuah pondok. jauh dari tempat kelahiranya minang. Menempuh perjalanan darat ke pinggir jawa timur, Ponorogo.





Keinginanya untuk menjadi seorang insinyur seperti idolanya bapak BJ Habiebie tidak diperbolehkan oleh kedua orang tuanya. lantaran keinginan orang tua alif adalah mendalami ilmu agama Islam, menjadi bekal untuk kemaslahatan umat seperti bapak Buya Hamka. seorang  pemuka agama Islam terkemuka waktu itu. Pemahaman sekolah di pondok dikenal sebagai sekolah anak-anak berkebutuhan khusus (orang tua yang menyerah mendidik anak hingga pada keputusan akhir di pondokan).  Alif tidak dapat melanjutkan ke SMA favorit di kota minang. Randai teman masa kecil Alif sekaligus menjadi rivalnya dapat melanjutkan sekolah SMA dan kuliah di ITB.

Trailer Negeri 5 Menara


Perjalanan di Pondok dimulai dengan yang membintanginya adalah : 
  1. Ernestsan G Samudera sebagai Said seorang penggila olahraga dengan tubuh yang paling besar diantara teman-temanya. 
  2. Billy Sandi sebagai Baso sebagai yang terajin di antara kawan-kawanya dalam menghafal Al Qu'an
  3. Rizki Ramdani sebagai Atang
  4. Baris Adnanda Putra sebagai dulmajid
  5. Jiofani Andre Lubis sebagai Raja paling pintar diantara teman-temanya. Seluk beluk Pondok, aturan , dan jam-jam tertentu di pondok. Raja seperti telah mengenal Pondok Madani.  Duet Raja dan Baso telah berkarya dengan menyumbangkan kamus istilah bahasa Arab-Indonesia sehari-hari bagi murid baru ketika menjadi murid kelas 5

Pemeran Negeri 5 Menara Movie


Dengan peran Tambahan dalam cerita :
  1. Eriska Rein sebagai Sarah Tokoh yang dikenal sebagai Angel di pondok, karena seorang perempuan putri dari salah satu ustad di pondok. 
  2. Meirayni Fauziah sebagai Nissa
Begitu Banyak sekali pesan - pesan moral di selipkan dalam film ini. Salah satunya adalah
"Man Jadda Wa Jadda"
Siapa yang Bersungguh-sungguh, pasti akan ada jalan. di awal ketika pimpinan Pondok. Kiai Rais mengutarakan kepada murid-muridnya untuk senantiasa bersungguh-sungguh dalam belajar. meraih mimpi. di pondok ini mewajibkan seluruh santri untuk memakai bahasa Arab dan Inggris, dan melarang memakai bahasa Indonesia setelah 4 bulan di Pondok Madani.

Kelima kawan memiliki tempat berkumpul favorit di samping masjid, di bawah menara. untuk berdiskusi, belajar, serta bermimpi tentang masa depan. dari awan yang berarak, tempat yang harus di kunjungi versi mereka. Alif melihat Amerika sebagai negara yang ingin di kunjungi. membayangkan Colombus datang ke Benua baru, Benua Amerika yang sekarang menjadi Negara Superpower, Raja melihat jejak langkah Ibnu Batutah, Thariq Bin Ziyad serta Ibnu Rusyd di Spanyol. Big ben yang besar dan trafalgar Square yang cantik di Inggris. sedangkan Atang dan Baso lebih memilih peradaban Mesir dan Timur Tengah, sebagai awal mula kejayaan peradaban Islam. Salahuddin_Ayyubi Laut Merah, Kairo, Piramid serta kampus Al-Azhar. Iran, Iraq, Babylonia.  Terakhir Said dan Dulmajid cenderung memilih kampung halaman Indonesia dengan membuka madrasah setelah lulus dari pondok madani

Pengalaman demi pengalaman di rasakan oleh ke lima kawan ini. dimulai dengan menjadi jasus di awal semester menjadi pengurus disiplin, wartawan pondok, hingga kepanitiaan perpisahan, dengan menyelenggarakan pentas seni. suatu acara prestisius dengan menampilkan karya para santri, dengan tamu kehormatan orang tua santri serta pejabat daerah kota. 

akhir cerita. Atang, Raja dan Alif bertemu di sebuah tempat seperti yang pernah mereka cita-citakan. Trafalgar Square. London. dan menginap di apartemen raja di dekat stadion Wembley. menceritakan mimpi mereka yang menjadi kenyataan. Said dan Dulmajid mendirikan sebuah Pondok di Surabaya. Baso mendapatkan beasiswa di Arab Saudi. Atang mendapat beasiswa program doktoral di Kairo. Raja sedang menyelesaiakn studi hukum Islam dan mendapat undangan komunitas Muslim Indonesia di Inggris. 

demikian ikhtisar cerita tentang Negeri 5 Menara. saya merekomendasikan temen-temen yang belum menontonya. banyak hikmah dan inspiratif untuk di jadikan pelajaran bagi kita. Indonesia membutuhkan siaran yang mendidik seperti kisah Negeri 5 Menara. Selamat Menonton :)


*Berbagai Sumber


No comments

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)