5 Hal yang Sering Terlupakan dalam Blog

Assalamualikum.

Mungkin diantara para blogger yang lain mengalami hal yang sama dengan yang saya alami, benar, ini merupakan pengungkapan dosa yang saya lakukan. yaitu menganaktirikan blog pribadi saya. seringnya tidak mengupdate artikel hingga pada akhirnya lupa pasword untuk masuk blog :D.

tapi mengapa sampai terjadi hal demikian ?.

mungkin ada beberapa hal yang menjadi sebab bagi para blogger sampai melupakan blog nya. berikut 5 hal yang sering saya lupakan terhadap blog saya pribadi.
  

1. konten
isi dalam blog saya terlihat campur aduk :D. kadang bahas latar belakang keilmuan saya, opini, hingga film. yup memang masih dalam tahap awal dalam tulis menulis sehingga konten dalam blog masih campur, nano-nano. seharusnya harus fokus pada satu bidang penulisan. Pernah dengar para penulis atau masterblog sekalipun mengatakan. dalam tahap awal menulis, jangan ragu untuk menulis apapun, ini merupakan sarana untuk melatih otak dalam mengimplementasikan ide atau imajinasi ke dalam sebuah tulisan. memang di rasa sulit di awal. semoga ke depanya saya dapat fokus pada satu bidang tulisan tertentu. :D

2. Kenali target pembaca
Ini lagi yang saya lupakan dalam blog saya.  Di awal membuat blog ini saya tidak punya tujuan tertentu selain hanya sekedar menulis, apapun dalam benak dan pikiran, saya coba tuangkan dalam tulisan. Seharusnya sebelum menulis saya harus paham dahulu siapa yang sekiranya akan membaca blog ini? seorang pakar, mahasiswa, umum, atau bahkan seorang yang baru mengenal internet. Dari target pembaca ini, nantinya di harapkan saya tahu pemilihan judul, isi tulisan dan gaya bahasa yang saya tulis dapat di terima dengan baik oleh pembaca. saya rasa dalam blog ini (pengakuan dosa. hehe) sering tidak mengindahkan hal tersebut, sekali lagi semoga kedepanya jauh lebih baik dalam menulis.

3. Pantau Karakter pembaca
Pantau karakter pembaca  maksudnya adalah melihat perkembangan pembaca blog. apa sih yang pembaca cari dari blog saya. dan dari hal itu, diharapkankedepanya saya dapat mengarahkan isi tulisan sesua minat dari pembaca itu. nah, ini yang belum saya lakukan hehe..seringnya saya menulis apa adanya yang ada di kepala saya. dan tidak pernah melihat feedback dari pembaca. apakah tepat atau tidak.

4. Konsisten
Salah satu yang sulit di lakukan adalah konsisten. haha. kalau dari ke 3 hal di atas, mungkin masih dapat dengan mudah oleh para blogger di lakukan tapi kalau konsisten, saya sendiri bilang susah. dari mesin pencari google, saya melihat hanya beberapa gelintir blogger saja yang bertahan bertahun - tahun dengan blog dengan konten yang sama, bahkan masterblog sekalipun. konsisten dengan isi, tema serta update info menurut saya adalah cara terbaik dan tersulit meskipun nge-blog merupakan sebuah hobi, dan ini belum saya lakukan

5. Jangan bosan
Menciptakan iklim yang kondusif, membuat betah untuk menulis merupakan cara bagi para blogger profesional untuk menghindarkan dari kebosanan. hal yang mungkin membuat bosan adalah konten, tema, yang selalu sama. hal ini yang sering saya rasakan. sehingga memunculkan banyak keinginan yang membuat tidak fokus dalam nge-blog. tema blog pun menjadi campur-aduk. hehe. ini juga cara agar blog saya jangan sampai terlupakan, :).

mungkin cukup dengan 5 hal di atas. sekali lagi, hanya sebuah opini yang saya rasakan dalam nge-blog ini.

Apakah anda juga mempunyai masalah yang sama?


*gambar di ambil dari google.com

6 comments:

  1. Udah gak usah dipikirin semuanya ituuuu.... Biarlah blogmu gado2.. Toh emang sesuai kan sama judul blognya.... SHARING OF LIFE.. Kamu men-share-kan kehidupanmu, yang pasti cangkupan gak hanya ke satu topik aja.... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe bener, trims saranya, masih nubi di dunia blog ini :D

      Delete
  2. Dari 2005 saya kenal blog sampai skrg, blog saya masih gado2 aja xixixixi.. Yg penting ngeblog sajalaaah :D

    Kunjungan balik nih. Berhubung via hp, jd blm liat tampilan pcnya. Pasti keren juga deh :)

    ReplyDelete
  3. wah, jadi tambah ilmu nih. makasih share nya

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)