10 Tanda Kegagalan Puasa di Bulan Ramadhan

Assalamualikum.

Masjid Yapita Komplek ITS Sukolilo
Marhaban ya Ramadhan, Terlambat mengucapkanya akan tetapi keberkahan bulan ini jangan sampai di sia-siakan. 

alhamdulillah mendapat siraman segar usai shalat dhuhur berjamaah, sedikit mengingatkan saya, agar tidak mudah hilang ingatan, alangkah baiknya ditulis dan di sebarluaskan.

di Bulan yang penuh rahmat dan ampunan ini, begitu banyak kemurahan Allah SWT terhadap umatnya. jangan sampai kita sebagai umat Islam kehilangan waktu-waktu yang berharga. Belum tentu, di tahun berikutnya kita menjumpai bulan yang penuh ampunan, pintu Maghfirah. 

berikut adalah 10 tanda kegagalan puasa di Bulan Ramadhan. 

apakah kita termasuk tanda-tandanya :)

1. Kurang Persiapan


Selama menjalani awal puasa Romadhon, kebanyakan dari kita merasa berat, karena tidak melatih diri dulu sebelum datangnya bulan Romadhon,oleh karenanya Nabi Muhammad SAW mensunnahkan bagi kita untuk berpuasa di 2 bulan sebelum datangnya bulan Romadhon, yaitu Rajab dan Syaban, sehingga kita lebih siap dalam menjalankan Ibadah yang penuh dengan barokah ini.

2. Sedikit Membaca Al Qur'an
Alquran merupakan pegangan bagi umat Islam, dalam ALquran sendiri terdapat banyak hikmah dan kebaikan, setiap kita membaca satu huruf saja dalam alquran terdapat 10 kebaikan, bagaimana dengan satu Alquran dalam bulan romadhon?

3. Lisan Tidak Terjaga
Sering Kita tidak menyadari kebiasaan buruk sebelum datangnya bulan romadhon, yaitu berkata kotor, mengatai orang. Di bulan suci ini saatnya kita mengubah cara kita dalam berbicara, dari pada berkata kotor, akan lebih baik diam. 

4. Mata & telinga Masih Berbuat Maksiat
Kita sering melihat hal yang tidak semestinya dan mendengar hal yang tidak seharusnya. karena mata merupakan akar dari hati dan telinga merupakan gerbang dari fikiran. Saatnya di bulan suci ini mengurangi hal tersebut.

5. Malam Ramadhan sama dengan Malam Bulan Lainya
Kata orang " Puasa kan bulan nya saja". slogan ini mungkin sering kita dengar. sehingga bisa di artikan puasa lancar dan maksiat jalan terus. Bulan Romadhon merupakan bulan pendidikan dimana bulan tersebut kita belajar untuk lebih baik secara sikap dan perilaku, dengan tujuan menghadapi bulan - bulan selain Romadhon. oleh karenanya slogan tersebut tidak tepat untuk menggambarkan bulan romadhon. mari kita isi bulan ini dengan merubah sikap kita menjadi lebih baik

6. Buka Puasa Berlebihan
Kebanyakan dari kita setelah buka puasa langsung menyantap hidangan yang ada di meja makan. kalau bisa semuanya. padahal Nabi Muhammad mensunnahkan dalam berbuka puasa dengan memakan 3 biji buah kurma setelah itu melaksanakan ibadah sholat magrib. ini dapat diartikan dalam berbuka puasa memakan yang manis untuk memenuhi energi kita yang hilang selama 13 jam berpuasa. tidak perlu menghabiskan semua hidangan. akibatnya melaksanakan ibadah lainya tidak maksimal karena kenyang.

7. Sedikit Berinfak
Islam mengajarkan kita untuk membina hubungan baik antar semua manusia. terwujud dalam Alquran selalu menyebutkan perintah sholat sejajar dengan perintah zakat atau berinfak, ini merupakan bukti ke imanan seseorang. jika pada sholat adalah hubungan secara vertikal dan pada infak atau zakat adalah hubungan secara horizontal. banyak beramal banyak kebaikan.

8. Kehilangan Semangat di 10 Hari Terakhir
Malam lailatur Qodar terjadi pada 10 hari terakhir. akan tetapi banyak dari kita kehilangan semangat untuk beribadah di 10 hari terakhir ini. malam Lailatur qodar merupakan malam yang penuh rahmat bahkan nilanya lebih baik dari seribu bulan, karena merupakan momen turunya alquran. dengan berdiam diri di masjid untuk merenungi apa yang telah kita kerjakan selama ini dapat membuat hati kita menjadi tentram. apa kita ingin kehilangan momen yang hanya terjadi sekali setahun ini?

9. Usai Lebaran kembali Bermaksiat
Apakah puasa telah selesai, dan kebiasaan - kebiasaan kita sebelum datangnya bulan romadhon kembali seperti semula.? karena bulan Romadhon merupakan bulan penggemblengan kita dari sikap dan perilaku yang tidak baik. untuk menjadi nomor satu itu mudah, akan tetapi mempertahankan nya jauh lebih sulit.. mari kita tetapkan hati dan sikap kita pada bulan lain selayaknya di bulan romadhon

10. Kebaikan Selama Ramadhan Tidak di Teruskan

Kebaikan kita dalam bulan Romadhon harus selalu kita tingkatkan. jika hari ini sama dengan kemarin maka kita termasuk orang yang merugi. dari sholat yang bolong-bolong meningkat sholat di awal waktu, tidak hanya menkaji akan tetapi memahami Alquran, selalu mengutamakan orang lain. memperlihatkan sikap dan tutur kata yang baik. maka hati kita akan selalu tentram dan menentramkan

semoga bermanfaat.
wassalam


4 comments:

  1. Artikel yang sangat bermanfaat, semoga saya dijauhkan dari kesepuluh hal di atas., Jazakillah :)

    ReplyDelete
  2. Nomor 3 Bu Ibu pasti susah banget itu Mas, hahaha.

    Semoga saya di jauhi dari poin 9, hiks..

    ReplyDelete
  3. Sedikit baca Al Qur'an, gw bangat ini.. tiga juz aja belum kelar more sekarang 🤣🤣

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)