Solidworks, Mengenal program CAD yang user friendly

Bismillah.. Assalamualikum.

Dalam era sekarang, CAD (Computer Aided Design)  pangsa pasarnya masih dipegang oleh Auto Desk dengan beberapa varian di mulai dari paling mendasar yaitu Auto Cad, sampai varian khususnya untuk teknik sipil, arsitektur hingga desain 3d animasi. salah satu aplikasi yang lain sebagai alternatif adalah Solidworks, Solidworks ini keluaran dari perusahaan Dassault System. sebagai pesaing dari auto desk, solidworks memberikan sebuah konsep berbeda dalam mendesain dan menggambar. Solidworks mengedepankan sketch dalam memulai gambar, tanpa harus tegak lurus dan sesuai ukuran di awal sketch, dan selanjutnya di berikan parameter-parameter tertentu. pembuatanya yang user friendly dan tampilan 3d yang mengesankan membuat beberapa perusahaan yang mengedepankan produk untuk konsumen, seringkali beralih ke aplikasi ini. 

Plant with Solidworks

Perkenalan saya dengan program ini adalah ketika tidak sengaja berselancar di dunia maya dan forum teknik. pertama kali lihat tampilanya, saya cukup terkesan. baru mulai mencari versi trial di internet untuk saya pasang di pc. ternyata setelah mencoba beberapa kali. saya terkesan karena, program Ansys yang di komputer pribadi menjadi add in di solidworks untuk modeling. sehingga tanpa harus meng eksport model, dapat langsung berpindah model ke Ansys. melihat cara memodelkan di Ansys yang ribet dan tampilan yang kurang baik serta sedikit sekali video tutorial di internet, saya mencoba beralih ke modeling solidworks yang mudah. sebelumnya saya menggunakan Cad dalam export model ke Design Modeller ANsys, akan tetapi ketika saya perbadingkan hasilnya yaitu model yang di export dari CAD dan SOlidworks dengan kerumitan tertentu, hasil mesh ansys dari model di solidworks lebih rapi terlihat dari antar sambungan setiap partnya. 

Tampilan Lembar Kerja SOlidworks

Di tampilan lembar kerjanya pun tersedia tutorial-tutorial yang mudah di pahami, sehingga apapun bisa di buat model di solidworks ini. jika kawan pernah menggunakan aplikasi dari siemens Solid Edge. maka tahapan pengerjaanya pun hampir sama, dengan 3 plane awal yiatu  front Plane, Top Plane, dan Right Plane. membuat pengerjaan modeling menjadi lebih real. salah satunya yang saya ambil dari internet.

Click gambar untuk sumber
Selama pengerjaan yang coba saya lakukan. kiranya semua model dapat di buat di aplikasi ini, misalnya sebuah kapal ataupun floating structure. karena saya membutuhkan bentuk bangunan di bawah air, maka bangunan atas tidak perlu saya modelkan secara lebih detil. sehingga sesuai kebutuhan. hasilnya juga memuaskan. karena sebelumnya hanya menggunakan cad, ataupun software kapal MAxsurf

Floating Structure / Ship modelling in Solidworks
Disamping itu juga ternyata dapat memodelkan sebuah Fix Structure dalam solidworks. 
Fix Structure Modelling in Solidworks
Di dalam Solidworks juga terdapat simulation. yaitu untuk menganalisa model yang telah di buat tadi. cukup lengkap. selain itu ada juga kegunaan untuk piping, electrical maupun pressure vessel. lain waktu akan kita cobattp untuk membahasnya.

untuk melihat produknya sepertinya dapat di donlod di sini 
aplikasi manapun pasti memiliki kelebihan dan kekurangan,

Kelebihan dari aplikasi solidworks ini antara lain :
  • User friendly sangat mudah di gunakan
  • Mudah mencari refrensi maupun tutorial di internet
  • Penggambaran 3d sangat baik dan rendernya realistis, diatas autodesk
  • Satu package cukup lengkap modulnya selain simulation, juga terdapat piping, electrical, plastics, moulding, 
  • Sangat aplikatif dan mudah untuk di gabung dengan software analisa yang lain, semisal ANSYS
  • Penggambaran detail drawing 2D, annotation, section, thickness, 3D View. cukup mudah dan secara otomatis dapat dilakukan tanpa membuat satu demi satu.
Sedang Kekurangan dari solidworks ini adalah :
  • Cukup membutuhkan spek komputer yang besar sekitar 6GB, belum termasuk ketika simulasi dan render
  • Membutuhkan graphic card minimum sekelas spek gamers , akan tetapi yang di rekomendasikan adalah lebih tinggi dari sekedar gamers, sekelas NVIDIA QUadro, atau ATI Firepro
  • minimum 4 gb ram
  • dalam hal simulasi, masih disarankan kepada ANsys atau Catia yang high end, karena level dari solidworks ini cukup mid  end
  • maximum panjang lebar garis adalah 1000 m
Aplikasi hanyalah sebuah tools untuk mempermudah user dalam membantu pekerjaanya. selain itu merupakan G-I-G-O (Garbage In Garbage Out) sehingga di butuhkan engineering judgement  tiap pengerjaanya. :D. bagus tidaknya aplikasi ini bergantung dari kebutuhan si pemakai. mungkin lebih cepat pengerjaan dengan CAD yang lain. 

Saran saya jika ingin menggunakan sebuah aplikasi semacam ini, dapat memanggil selles untuk mendemokan sebuah pekerjaan yang biasa kawan lakukan, misalnya dalam menggambar sebuah mesin hingga sampai detil drawing membutuhkan waktu 5 jam, mungkin tenaga ahli sellernya dapat menyelesaikan berapa lama. mungkin itu pertimbangan untuk membeli sebuah aplikasi. 

ini penjelasanya kayak sales aja. hehe. sementara ini dulu , kalo ada para sesepuh dan master di bidang ini, mohon koreksinya dan tambahanya. sekian

4 comments:

  1. Ijinkan Saya Berbagi peluang usaha.
    Silahkan Mampir ya...

    ReplyDelete
  2. klo spek laptop pake nvidia geforce? bakalan gimana peforma solidwork 2013 ini gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. solid work memiliki spek VGA card tersendiri, dan jika memenuhi spek mereka, tampilan bisa menjadi real

      Delete
  3. Erasing a mistake using CAD software can be done in one click, instead of rubbing out or redrawing the whole plan by hand.cheap SolidWorks 2013

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)