Antara Traveling, Backpacking dan tracking

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Akhir-akhir ini istilah backpacking, traveling maupun tracking sudah sangat umum di telinga. bahkan mungkin telah menjadi sebuah impian untuk melakukanya. Memang ini tidak terlepas pengaruh media dan buku-buku yang massive tersebar di masyarakat. suatu kegiatan outdoor entah hanya untuk jalan-jalan kota, baik di dalam maupun di luar negeri, menikmati pemandangan alam pantai, atau sedikit lebih ekstrim dengan berpetualang di alam bebas, gunung, hutan, gua misalnya. maka penting untuk di ketahui, bahwa peralatan pendukung sebuah "impian" ini tidak lah murah. :D, jadi silahkan dipikir kembali untuk menyalurkan hobby seperti ini.

saya ambil contoh backpacker atau traveling, adalah sebuah kegiatan jalan-jalan yang kurang lebih sama maknanya akan tetapi berbeda dalam pengeluaranya. jika saya memberi makna bahwa backpacker adalah seorang gembel keren, maka traveller adalah seorang gembel keren kelas atas, yah minimal diatas backpacker lah. he he. Tidak memiliki sanak saudara di tempat tujuan. tujuan mereka hanya jalan-jalan, melihat dunia baru, yang mungkin belum pernah mereka lihat sebelumnya di lingkungan mereka. memang tingkat ke nekatan dan penasaran backpacker lebih gila dari pada traveller. Seorang Traveller biasanya menggunakan agency atau tour guide untuk sebuah perjalanan mereka, jadi kira-kira bisa kita tahu sebuah perjalanan yang destinasinya telah di tentukan dan harganya telah terukur. all in


Backpacker adalah orang yang lebih penasaran dengan ke nekatanya untuk pergi sendiri, atau bersama teman ke dunia yang belum pernah mereka tahu sebelumnya. hanya berbekal yakin. Mereka sebut tersesat adalah proses pencarian jati diri. bertemu hal baru mereka sebut kearifan lokal. Berburu tiket murah adalah sebuah tantangan. tidur di manapun adalah sebuah pengalaman. Teman seperjalanan adalah saudara seiman yang lebih dekat dari keluarga mereka. dengan berbekal uang saku yang cukup dan sedikit, tapi dapat ke berbagai lokasi. 
dari ke 2 contoh diatas, bahwa makna sebenarnya dari kegiatan Traveling, Backpacking adalah jalan-jalan, menembus sebuah batas paradigma atau kungkungan pikiran diri akan suatu hal. dengan melakukan perjalanan maka diharapkan akan muncul sebuah pandangan baru, baik bersifat ke dalam maupun keluar. mungkin itulah makna sebenarnya dari seorang yang menempuh perjalanan. dan sebuah pengalaman tidak dapat dinilai dengan uang.
sumber 

Sama halnya dengan sebuah perjalanan. Tracking atau mungkin ada yang menyebut hiking adalah sebuah perjalanan layaknya Traveling maupun backpacking, yang membedakan adalah destinasinya, yaitu alam bebas, gunung. jika di lihat dari tujuan masing-masing. Traveling adalah penikmat sebuah hal yang baru, Backpaking adalah penikmat sebuah pengalaman yang di balut penasaran, dan seorang pendaki gunung adalah penikmat arti diri dan sebuah kehidupan yang sesungguhnya. seorang pendaki gunung itu menanggung resiko hidupnya sendiri maupun sesama kawan pendaki lainya, berjalan di tengah berarti menyerahkan hidupnya pada Allah SWT, tersesat berarti berjuang untuk Survive dalam kondisi yang tidak menentu, badai merupakan ujian. peluh dan lelah adalah hasil dari sebuah perjuangan. dan puncak adalah sebuah kristal  pengorbanan di tiap tapak, tanjakan yang telah terlalui.

-sekian-

7 comments:

  1. Orang yang bisa berganti ganti tipe seperti yg disebut di atas, namanya apa ya ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penikmat kesempatan, kalo lagi ada kesempatan tracking, hayuk, traveling c'mon, backpacking ikut, :D

      Delete
  2. pengen sih kayak gitu, tapi pengen aja heheheh

    ReplyDelete
  3. yeaay.. "Where are you going to go?" |
    ‘Going home.’ | ‘You do not look like someone who will be going home.’ |

    _… because travelers never think that they are foreigners.

    life travelers, mari bertualang ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. quote dari mana nih? baru denger, tapi mantab ha ha

      Delete
    2. dari buku.. hahaha.. eh hutang ciremei ku udah di bayar,,, yeaaay... selamat mupeng :P haha

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)