Verifikasi Model dalam Finite Element Analysis

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Assalamualaikum, Salam engineer. Sedikit sharing terkait Finite Element Analysis. Pada kesempatan yang lalu, terdapat pertanyaan yang belum dapat saya jawab. yaitu bagiamana kita yakin jika sebuah model matematis yang kita buat telah sesuai dan benar sesuai kriteria, kriteria siapa? bergantung dari masing-masing, yang terpikir adalah dari dimensi model. jika model itu dinyatakan benar, maka dimensi harus sesuai dengan sebenarnya atau minimal mendekati sebenarnya. ternyata tidak hanya itu saja. karena proses untuk analisa ini cukup panjang, selain keberhasilan mesh, analisa juga kebenaran dalam aplikasi beban yang berimbas pada model yang telah di buat...nah...

berikut sedikit uraian, tentang apakah model berbasis finite element yang telah di buat sesuai dengan kriteria.., berikut hal- hal apa saja yang perlu untuk di cek. 

1. Definisi Material 

2. Ketebalan Element, Cross Section Properties

3. Bentuk Element


to be continued

No comments

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)