Sharing Tips Real Atau Fake produk Osprey

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Assalamualaikum, diantara penggiat alam saat ini yang sedang ramai. Mungkin dari kita sering kali bingung dengan produk Outdoor yang beredar di Indonesia. apakah produk tersebut original ataupun KW. Banyak sebenarnya forum forum outdoor yang telah membahas tentang produk Osprey yang beredar di negara kita ini. salah satu yang saya ikuti sampai serakang adalah forum OANC dari Kaskus. Saya ingin berbagi tentang bagaimana sih cirikhas barang Ori dan bukan, supaya kita sama tahu jika ingin membelinya suatu saat nanti. karena dengan merogoh kocek yang tidak sedikit diharapkan pembeli merasa puas dengan bandrol harga yang benar dan status dari barang tersebut. Saya bukan termasuk brand Minded yang selalu hunting barang yang memiliki brand, karena memiliki dasar teknik, maka saya lebih memilih spek oriented, alias secara fungsi dan kebutuhan saja. barang KW kalau sesuai dengan yang saya inginkan saya pilih, ada beberapa  koleksi item outdoor saya. Jadi Posting ini Poinya adalah memberikan deskripsi sesuai barang bahwa barang memiliki predikat, entah itu KW, Original maupun lainya.

Sebagai contoh mana mau kita di suruh beli barang KW dengan harga Original. Kalau saya mah kagak mau. ha ha ha. Baiklah saya ingin sedikit share mengenai Tas Osprey yang beredar di Indonesia. Sebelumnya saya hanya pengamat dan penikmat saja, sumber informasi dari forum kami coba satukan dalam satu postingan agar lebih mudah bagi kawan-kawan yang ingin mencari tau lewat dunia maya, hunting dan lainya. Saya membagi dalam beberapa tipe tingkatan barang dari mulai KW hingga Original Kelas Wahid. Jika ada para sepuh dan suhu (istilah kaskus) yang lebih punya ilmu dari saya mohon di share pengalamaya, nanti postingan ini akan saya pantau dan terus update dan koreksi. Semoga menjadi bahan bagi kita bersama menjadi pembeli yang cerdas, dan mohon maaf kalau dalam pemaparan kurang mendetil. hidup Indonesia


Web Resmi dari Ousprey dapat dilihat di alamat berikut http://www.ospreypacks.com/

Tampilan Web Resmi


1. Original Resmi

Produk Original Resmi biasanya di Impor langsung oleh suatu perusahaan dengan adanya MOU dari pabrikan pembuatnya. Jadi kalau kawan beli di Original Resmi ini di jamin dah barangnya aman dan kita tidak perlu sorting dan meneliti barang tersebut, tidur pun nyaman :D . Karena barang tersebut telah di jual berdasarkan lisensi dari pabrikan pembuatnya. tidak perlu banyak pembahasan karena tentang kualitas produk di toko dengan label original resmi. Osprey memiliki Outlet Resmi lewat toko Outlive. bisa di cek di sana untuk produk osprey dan kelengkapanya. 



2. Original Made in Vietnam

Salah satu yang sering beredar di pasar Indonesia ini adalah Original Made in Vietnam, sebenarnya produk di tingkatan ini adalah sama real  dengan produk original resmi, hingga saya menulis artikel ini, tidak ada yang berbeda dengan produk original Resmi. biasanya di impor langsung di pabrik dari Vietnam  tanpa ada kerjasama dengan Osprey resminya. soal harga, osprey  level ini bandrolnya bawah original resmi. Mengapa Vietnam? karena sebenarnya Vietnam adalah negara yang memproduksi beberapa produk outdoor, salah satunya produk Osprey. Mengapa bisa Murah ? karena biasanya produk di level ini adalah barang reject Walaupun hanya sedikit salah dalam jahitan, atau beberapa bagian yang kita orang awam susah untuk membedakanya sehingga tidak lolos QC. Di pasar Vietnam terdapat peredaran barang ini, nah berikut Tips menurut saya dapat di jadikan acuan bahwa produk tersebut Original dan layak untuk kita miliki dengan harga miring tentunya.  

Tagging

Setiap tas Produk Osprey memiliki Tagging dengan penjelasan Garansi, Alamat kantor Osprey, Customer Care. 

Tagging

Label Ukuran Torso
Ukuran Torso di dapatkan di bagian belakang di jahitan sebelah kiri maupun kanan. Ukuran Torso memiliki 2 bagian yaitu Inch dan Cm. letaknya saling berkebalikan, ukuran tersebut bisa menjadi 2 macam bergantung dari produk, bisa ukuran Fix torso maupun Adjust torso. 

Contoh Ukuran Torso pada Kestrel 48


Label Made In Vietnam
Terdapatnya Label Made in Vietnam, dan bagian baliknya adalah Farique de Vietnam. letaknya di bagian dalam tas sudut sebelah kiri atau kanan, saya tidak ingat pastinya. 



Label PO

Terdapat label PO, Label ini adalah semacam ID number tas yang telah di produksi, sangat unik antara satu tas dengan lainya tidak sama. letaknya balik lipatan "made in vietnam dengan nomor PO 

PO Number


Signature

Original Signature ini yang paling tidak bisa di tiru. Original signature hanya di keluarkan oleh produk aslinya. berikut adalah  original signature  sebagai Contoh berikut :

Signature pada pengikat 

sebenarnya terdapat original signature lainya yaitu jahitan, kerapatan jahitan, Gambar simbol osprey, akan tetapi perlu pengamatan yang mendalam dan pro untuk mengamatinya, bagi kita yang awam keterangan diatas cukup untuk mendapatkan sebuah tas osprey original made in vietnam dengan harga yang lebih murah pastinya. 

3. Cemtian (CMT) 
Produk Cemtian ini merupakan produk kopian yang identik, saya belum pernah menemukan osprey yang Cemtian, seringnya JWS, TNF yang beredar di Indonesia. Cemtian biasanya memiliki bahan yang sama akan tetapi tidak di kerjakan di pabrik yang sama,  bisa home industri. untuk barang Cemtian ini yang paling susah di tiru adalah Label ukuran Torso, signature, Label Po. 


4. KW
Produk Kw sudah tidak perlu untuk banyak di bincangkan karena dari segi jahitan kasar, bahan berbeda, dan tiruan yang asal-asalan, sehingga sangat murah, karena tidak memiliki desain orisinil, hasil kopian. 


Untuk Produk tas, saya lebih cenderung memilih grade 1 maupun 2, walaupun grade 3 yang di terangkan diatas memiliki cukup keunggulan terutama soal harga. saya hanya melirik di di grade 1 dan 2 karena dalam proses desain dan riset perlu bertahun-tahun dan tidak murah. itulah mengapa produk tas ini memiliki harga yang cukup mahal :D. Selamat hunting dan menjadi Smart Buyer. Semoga menjadi referensi yang bermanfaat dan silahkan tambahkan atau koreksi jika terdapat kesalahan. 

sumber :
 http://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000006046497/real-or-fake-gear-outdoor-product-the-review/235# 
https://www.facebook.com/437128689723265/photos/a.439500179486116.1073741837.437128689723265/499265006842966/type=1&hc_location=ufi
 Doc Pri
 Osprey.com

21 comments:

  1. Replies
    1. Bang toko outdoor di jakarta yg jual osprey apa nama nya yah ?

      Delete
  2. Saya ada ariel 65 torso nya W/M New Tag , PO, Torso , Polybag Lengkap cuman ga ada manual book nya , memang harganya lebh murah dari yg di Outlive , trus pas saya liat ada 1 cekrrekan atau pengait d atasnya signaturenya tulisan karimor , apa itu ori tp reject d ganti sgnature nya 1 atau itu emang kw ya mas ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau melihat speknya kemungkinan besar itu barang riject gan tidak lolos QC, tapi semua bahan dan kekuatanya sekualitas original kok, hanya signaturenya saja. semoga membantu

      Delete
  3. Saya ada rencana mau beli carrier osprey atmost ag 65 di outlive jakarta, mohon pencerahannya gan, apa kah outlet outlive itu terbukti keoriginalan barang nya 100%?

    ReplyDelete
  4. Saya ada rencana mau beli carrier osprey atmost ag 65 di outlive jakarta, mohon pencerahannya gan, apa kah outlet outlive itu terbukti keoriginalan barang nya 100%?

    ReplyDelete
    Replies
    1. outlive adalah outlet resmi osprey untuk pasar indonesia. di jamin agan bisa tidur tenang karena originalitasnya.

      Delete
  5. Ane beli osprey atmos di lazada,entah asli atw bukan tp dr segi penglihatan kyakx asli deh,tp gue tanyakin tman2 katanye yg buatan vetnan mang kw2..

    ReplyDelete
  6. Ane beli osprey atmos di lazada,entah asli atw bukan tp dr segi penglihatan kyakx asli deh,tp gue tanyakin tman2 katanye yg buatan vetnan mang kw2..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Temen ente ngaco tuh gan biar agan jual murah hihi

      Delete
  7. Saya baru beli Osprey Ariel 55 AG (2017) di Bodypack Indonesia dan Made In Vietnam juga. Asli gak ya?

    ReplyDelete
  8. Saya kemarin beli stratos seri2017 online, semuanya sangat mirip, signature simpul tali, no Po, size torso bahkan bahan. Tapi yang bikin saya ragu hanging tag label harga & garansi beda banget dengan hang tagnya atmos yg saya beli di outlive. Harganya lebih murah dikit dibanding dgn outlet resmi, jadi barang apakah itu? Mohon pencerahannya gan.
    Soalnya sekarang barangnya rusak di seret sama babi di sindoro, saya tanya penjual dia gabisa klaim garansi untuk kerusakan. Dan apakah kalo beli dari outlet resmi bisa klaim garansi untuk kerusakan karena hal seperti itu?
    Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin bisa di tanyakan ke Outlive untuk garansinya seperti apa, apakah dengan sobek bisa di ganti? karena saya belum pernah mencobanya

      Delete
  9. mau tanya dong gan, ane mau angkut kestrel 68
    itu ada disebelah mana ya label POnya?

    ReplyDelete
  10. Mau tanya dong bang, serial number untuk osprey atmos ag 50 2018 di sebelah mana ya? Gua mau registrasi..

    ReplyDelete
  11. Jelas itu fake....
    harga resmi di websitenya 270 dolar US di konversi ke rupiah (14.580/dolar , 28 november 2018) = Rp 3,936,600, itu kalau normal hitung2an ngambil dari luar negeri...belum biaya pajak, packing dan kirim....HITUNG sendiri
    dan di website resmi juga ada penyesuaian harga untuk dijual di Indonesia karena ada distributor tunggal Indonesia yang bekerjasama dengan osprey untuk pemasaran di Indonesia yaitu Outlive/Eiger. Makanya kalau kita buka website Osprey dan milih negara Indonesia nanti harga Osprey Atmosnya dari 270 Dolar US di konversi jadi Rp 3,200,000....ituh harga resmi Osprey yang dijual di Indonesia per november 2018...Beberapa toko yang mau jual Osprey juga ke Eiger dulu untuk bekerjasama dan harga mengikuti ketentuan bersama dari Osprey pusat... (sumber dari orang dalam)

    masalahnya di Indonesia banyak yg jual Osprey dengan harga yang sangat murah dan ga wajar...contoh Osprey Atmos 65 Ag jadi 2,500,000 ...jelas itu aneh padahal kalau ambil langsung dari luar negeri bisa sampai Rp 3,936,600 dan harga resmi di Indonesia Rp 3,200,000...katakanlah dapat diskon promosi 10% dan diskon customer fleet 20% harga tetap ga masuk...belum keuntunganya yang biasanya 10-30% dari harga jual ke pelanggan...

    ditambah ternyata dilihat detailnya memang ada perbedaan fisik Osprey mahal n murah...logikanya ga mungkin 1 Brand keluarin produk untuk tipe yg sama tapi ada beberapa perbedaan di produknya


    Jadi sudahlah tobat aja wat pedagang yg masih ngaku jual Osprey Ori BNWT tanpa garansi made vietnam...kasihan pembelinya...jujurlah... oke misal sama2 ngambil dari vietnam....yg Eiger ngambil dari toko/pabrik resmi Osprey di vietnam dan satunya ngambil dari toko tanah abang versi Vietnam....kan tetap sama2 barang dari vietnam cuma beda toko
    BUat pembeli cerdaslah jangan tergiur harga murah, buat penjual nakal tobatlah jangan bodohi pembeli
    Semoga mencerahkan

    ttd
    Pengguna Osprey yang pernah tertipu :v

    ReplyDelete
  12. Permisi ane mau nanya outlet selain di eiger yang jual osprey original + garansi resminya dimana lagi ya gan? Mohon untuk para suhu pencerahannya, soalnya ane mau beli osprey atmos AG gan, terima kasih

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)