Asyiknya Keliling Jakarta, Naik Commuterline

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Assalamualaikum. Siapa yang tidak mengenal jakarta, Ibukota negara indonesia yang kita cintai ini merupakan kota metropolitan dengan berbagai permasalahanya. Salah satu problem bagi kota ini adalah kemacetan di jalan raya. Mau ganti beberapa kepala daerah sampai kapanpun, prestasinya masih nihil dalam menghilangkan kemacetan. coba bayangkan seberapa banyak tempat yang dapat kita kunjungi di jakarta, ketika hari libur. Jawabanya kebanyakan hanya 1 tempat yang bisa di kunjungi, karena menghabiskan waktu seharian di jalan, belum lagi jika berangkat siang hari. Misalnya nih, dari bekasi ketemuan dengan temen di UI trus lanjut jalan ke gelora bungkarno lari pagi dan terakhir lanjut belanja di mangga dua setelah itu pulang. Nah lho bisa ga dalam sehari kita dapat 3 tempat. Melihat kondisi jalan raya yang semrawut dan macet?


Bersyukurnya kita di jakarta masih ada yang bisa dinikmati dari pada kemacetan di jalan raya. Adanya alternarif transportasi yang cepat dengan memotong jalur ribet bin macet yaitu commuterline. Commuterline adalah transportasi massal yang setidaknya sedikit memberikan alternatif bagi para pengendara jalan raya. Dari bekasi-UI-Gelora Bungkarno-ITC Mangga 2- PP bisa ditempuh dalam waktu sehari. Apa bisa diterapkan dengan menggunakan alat transportasi lainya misalnya mobil pribadi ? Transjakarta? Kopaja? Ojek? Taxy? :D.

5 tahun belakangan ini PT KAI dan commuterline jabodetabek berbenah dengan pencapaian yang bisa saya katakan very good. sedikit cerita pengalaman naik kereta jaman dulu. waktu itu naik kereta (dulunya belum kenal KRL karena saya masih di kampung Jawa Timur) bawaanya dongkol. Suka telat, kress dengan kereta sebaliknya. Di loket bayar, di atas kereta juga bayar. Belum lagi ga pernah dapat tempat duduk, bau pesing dan berak di toilet, kumuh, bebarengan dengan para penjual makanan yang suka nyenggol kepala orang. Masa kelam kereta di tambah dengan copet berkeliaran, sampai ada ungkapan 7 dari 5 orang itu copet, yang intinya semua copet aja dalam pikiran saya, kita kudu siap memasang wajah sangar, minimal sih buat copetnya mikir 2 kali kalau mau nyopet. Selain itu ada juga orang pasar yg bawa daganganya di tempatin di tengah jalan. bau amis, dekil pesing jadi satu. Namun semua itu berubah di 5 tahun terakhir ini. Saat ini kereta menjadi primadona alat transportasi. Hebat uy. Kembali ke laptop. :D

Melalui tulisan ini saya berterimakasih kepada kommuterline dan PT. KAI sebagai penyedia jasa alat transportasi yang baik. Sedikit rasa terimakasih ini, saya ingin mengulas mengenai alat transportasi yang menjadi primadona diantara kami Roker (rombongan kereta).


Rute kommuter line dapat dilihat pada gambar diatas. Dari timur rute paling ujung masih dipegang oleh stasiun bekasi, menurut pak kondekturnya :p, jalur bekasi akan di tambah relasinya hingga cikarang. Relasi paling terjauh masih dipegang oleh bogor hingga Jatinegara. Selain itu di arah barat rute hingga Tanggerang.  Sedangkan tanggerang selatan, rute terjauh hingga Maja (termasuk bogor)

bagi kawan yang punya tujuan wisata maupun tempat tertentu bisa ikut rombongan KRL, dengan turun di tujuan yg paling terdekat.

Gelora Bungkarno : Turun di Palmerah
Wisata Kota tua Jakarta Kota : Turun di Jakarta Kota
Car freeday Sudirman Thamrin : Turun di Stasiun Sudirman
ITC mangga dua : Turun di Kampung bandan
JI Expo : Turun di Stasiun Kemayoran
Pasar Tanah Abang : Turun di stasiun Tanah abang
Pasar Senen : Turun dibStasiun Pasar Senen
AEON mall BSD : Turun di stasiun RawaBuntu
Wisata Bogor(kebun raya): Turun di stasiun Bogor
Universitas Indonesia : Turun di Stasiun Universitas Indonesia
Kebun Raya Ragunan : Turun di Pondok Cina
Cilandak Town Square : Turun di stasiun Tanjung Barat
Summarecon Bekasi : Turun di Stasiun Bekasi
Summarecon Tanggerang : Turun di stasiun Rawa Buntu
Wisata Pelabuhan : Turun di stasiun Tanjung Priok
Wisata Ancol : Turun di Stasiun ancol

Sistem tiketing Krl sudah terintegrasi, jadi lebih teratur. Jadwal keberangkatanya dapat diakses secara online dan realtime dapat di cek disini maupun di web krl.co.id

Hmm apalagi yah. Nanti kalau ada dibtambahkan infonya. :)






11 comments:

  1. Seumur hidup saya baru naik kereta 1 kali,,,itu pun kereta ekonomi...

    ReplyDelete
  2. Aku mau pasang wajah sangar, tp gagal mas. wajahku ga onok sangar2e. hwhehe

    ayok ketemuan maneh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anaku lagi sakit om. Sediih. He he. Ayo ng bekasi :p

      Delete
    2. Anaku lagi sakit om. Sediih. He he. Ayo ng bekasi :p

      Delete
    3. Lhooo, dhek firaz sakit. get well soon dhek firaz. kapan2 main sama om. hehehe

      Delete
    4. Iya. Semacam kena cacar. Siap omm. Traveling nyok :D

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)