Tutorial / Buku Panduan Dasar Mendaki Gunung (Free)

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Assalamualaikum,  Semakin banyaknya kegiatan pendakian akhir-akhir ini dapat dilihat fenomena broadcast di hape android saya untuk mengajak share cost, open trip maupun backpacker dalam rangka naik gunung. Teringat beberapa tahun lalu ketika memutuskan untuk naik gunung, di hari libur, hanya terdapat 2 rombongan dan maksimal 5 rombongan saja. Alhamdulillah semoga niat awal dalam mendaki adalah untuk mentadabur alam dan melatih fisik serta mental kita menjadi pejuang-pejuang tangguh. Banyak sekali kemanfaatan dari pendakian, menurut saya yang paling mengena adalah kesetiakawanan serta peka terhadap lingkungan. 


Fenomena makin banyaknya pendakian gunung tidak dapat di hindari oleh siapapun, karena cepat atau lambat, harta terindah Indonesia berupa gunung, pantai, gua, sungai serta keindahan alam lainya akan tersibak. Maka dari itu, sebuah ilmu menjadi perlu bagi kawan-kawan pendaki khususon pemula dalam pendakian. Mendaki itu menyenangkan apalagi jika kita mengetahui ilmunya serta dapat diamalkan ketika kita atau kawan kita membutuhkan pertolongan. 
Cover Depan

Seorang penggiat senior bernama Taufik Susilo membuat sebuah buku berupa e-book dengan mudah saya pahami ketika pertama saya membacanya. panduan tersebut praktis untuk di pelajari, dan minimal kita mengetahui dasar-dasar dalam pendakian, sedikit bercerita tentang isi dari bukunya. 

Terdapat 4 kemampuan dasar yang perlu dipertimbangkan sebelum melakukan pendakian yaitu : 
1. Kemampuan teknis
2. Kemampuan Fisik
3. Kemampuan kemanusiawiann
4. kemampuan pemahaman lingkungan 
Salah Satu halaman

Selain itu di bahas juga mengenai alur pikir bagaiaman kita bisa mendaki dari awal, mulai dari perencanaan, penyiapan perbekalan, transportasi, cost,  hingga penanganan korban ketika pendakian,. cukup lengkap dan mendasar untuk kita pahami. Buku ini di dukung oleh SARNAS, WANADRI, MAPALIGI, EIGER dan CONSINA. dalam sebuah catatan hak cipta penulis, bahwa buku ini boleh di sebarluaskan tanpa komersil. so bagi kawan semua, silahkan untuk membaca dan menyebarkan. :D

Silahkan Unduh di sini


Sumber : 
boughil.blogspot.com/

No comments

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)