Tips dan Trik Hunting Tiket Kereta Api Lebaran (Mudik-Balik)

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Saat mudik lebaran adalah saat dimana kita bertemu keluarga kerabat serta sahabat. Banyak hal yang tak tergantikan saat momen lebaran ini. Mulai dari mengenang jaman sekolah, masa kecil dan pertemanan serta masa cinta monyet di sekolah hayo pada ngaku :). Pertemuan ini bagi kebanyakan orang sudah menjadi tradisi seakan ada sebuah magnet untuk selalu rindu kampung halaman. Berbeda dengan kami, seorang rantau yang jarak dengan kampung halaman bisa mencapai ribuan kilometer. Masih beruntung sekitaran pulau jawa. Hehe


Salah satu moda transportasi yang menjadi primadona saat ini adalah kereta api. Alih-alih mendapatkan tiket go show (hari H) tidak bakalan dapat kecuali harus memesan minimal seminggu sebelumnya, apalagi musim lebaran, harus di pesan 3 bulan sebelumnya bahkan jangan kaget kalau 10 menit membuka website KAI saat pemesanan bakalan habis terjual. #tuing-tuing.

Sudah tahukan pengorbananya anak rantau, itulah kenapa anak rantau doanya selalu mustajabah. Haha. Selain jarak yang jauh, juga harga tiket subhanallah mahal banget. Dan selalu habis terjual. Ditambah lagi ujianya adalah ketika mau pesan tiket 3 bulan ke depan malam ini lembur siap2 pukul 23.59 untuk klik website KAI tiba2 hang hong kagak bisa masuk, over load dan lebih dari 10 menit kemudian langsung webnya sold out. misteri nya bisa di buka di ulasan berikut.

10 menit langsung sold out

Misteri habis terjualnya ini saya bahas di alamat Misteri Habisnya Tiket KAI Lebaran. Baiklah berikut tips dan trik bagi kaean saat hunting tiket kereta api, saya bagi menjadi 2 tips dan trik.

Tips hunting tiket Lebaran (mudik-balik)

Persiapkan mental baja dengan berdoa

Semoga persaingan hunting tiket di menangkan oleh kita (lebay). Intinya berdoa dulu ya boar berkah. menurut saya ini modal penting karena faktor x lebih banyak berperan, misalkan saja semua perlengkapan sudah tersedia namun terjadi hal-hal yang tidak terduga. 
Berdoa. sumber

Persiapkan semua data diri untuk di daftarkan

Ini sangat penting, karena saya sendiri terkadang masih sering lupa untuk mempersiapkan. persiapkanlah minimal nomor kartu identitas (bisa berupa ktp, sim, paspor) jangan sampai nama dan nomor tidak sama yah. Karena saat boarding nanti akan di cek oleh petugas. IMHO petugas pengecekan boarding tiket kereta lebih detil dari pada petugas pengecek di bandara. 

Berdoasumber


"lalu bagaimana jika saya ingin mendaftarkan anak saya yang masih di bawah 3 tahun?"

jika hanya mendaftarkan anak yang masih baby, maka bisa mempergunakan infant, dan tidak kena harga (charge). Namun jika ingin mendaftarkan anak untuk mendapatkan tempat duduk, maka tentukan peserta menjadi dewasa (no infant) selanjutnya di kolom isian no ktp bisa mempergunakan tanggal lahir si anak (misal 01012015). Nanti saat boarding tiket, tunjukan kartu keluarga anda dengan si anak sudah ikut dalam KK tersebut.

Persiapkan informasi kereta, jadwal keberangkatan dan lokasi

Informasi adalah senjata utama sebuah pertarungan jika kita menganggapnya demikian. Maka untuk memenangkan persaingan hunting tiket ini di butuhkan informasi yg tepat, misalkan saja cari informasi stasiun keberangkatan dan tujuan. Karena jika salah pilih maka tidak akan terlihat di website. misalnya saja saya ingin mencari kereta eksekutif dengan relasi jakarta-surabaya, jika saya membuat kolom isian stasiun awal adalah pasar senen dan stasiun tujuan adalah surabaya pasar turi. maka tidak akan kita temukan kereta tersebut. seharusnya stasiun awal adalah gambir karena semua kereta eksekutif semua keberangkatan dari gambir.
kolom isian kereta

Laptop/komputer atau hape Android/Iphone

Bagi kawan yang ingin pesan tiket secara mandiri, jangan lupa persiapkan sebuah personal computer atau laptop dan sejenisnya atau hape dengan kualitas data transfer yang bagus. Saat ini sudah tidak jaman yah untuk pergi ke loket seperti tahun-tahun sebelumnya. Udah antri panjang dan pastinya tiket ludes habis terjual di awal. Penting sekali perangkat komputer ini untuk membantu kita hunting tiket. 
Persiapkan Laptop Sumber

Koneksi cepat dengan LAN maupun nirkabel/4G

Suatu website KAI di waktu yang sama akan di masukin ratusan ribu atau bahkan jutaan orang untuk memesan tiket. Jadi perkuatlah amunisi berebut kuota bandwidth dengan para pesaing kita. Selain koneksi cepat juga harus stabil agar di tengah jalan tidak putus atau time out. carilah paket data dari provider telepon yang memungkinkan koneksi cepat dan stabil ini

Menurut saya tips diatas cukup berguna dalam memenangkan sebuah tiket perjalanan kereta api lebaran, masih adalagi nih triknya, agar kemungkinan mendapatkan tiket lebih besar.  Nah kali ini saya ingin berbagi mengenai trik yang jitu dalam persaingan ini.

Kecepatan dalam input data

Pernah ga saat ngisi data mulai dari nomor ktp, nama, alamat dan sebagainya tiba-tiba saat mau klik konfirmasi. Teeeeet "kursi anda telah terjual". Lah kok.. ini bisa dimungkinkan karena kita lama dalam mengetik dengan 10 jari. Triknya adalah siapkan catatan di notepad atau di ms word untuk segala macam isian, selanjutnya kita tinggal di copy paste. Mudah dan cepat. :)



Pilih web pemesanan yang tidak diketahui banyak orang sebagai alternatif

Web tiket https://tiket.kereta-api.co.id/ pasti semua orang sudah tahu, karena web ini selalu nangkring di puncak klasmen search engine, triknya adalah coba cari alternatif misalkan aplikasi padi-train, Kai Access. Karena pihak kereta api sudah bekerja sama dengan mereka.
Contoh Aplikasi. sumber

Beli di agent travel yang tepat

Gunakan agen travel yang tepat dan memang bekerja sama dengan pihak kereta api, karena mereka biasanya memiliki jalur bebas hambatan (server mandiri). Disaat lainya antri masuk website KAI, kita lewat jalan toll di alamat web lainya. Triknya tanyakan dulu, mbak punya jalur akses mandiri ga ke kai nya. Kalau bilang nggak punya ya iu mah sama aja.

Agen travel. Sumber

Sekian untuk tips kali ini :D


Artikel Terkait : 



15 comments:

  1. Belum pernah naik kereta untuk jarak jauh. Pengalaman baru sekitaran Surabaya sampai lewati lumpur Lapindo (lupa nama kampungnya yang jelas kampung santri) dan satunya lagi sewaktu libur di Jakarta tahun 2011 dan 2012.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagi kami kaum urban. Ini penting banget, karena momen lebaran :)

      Delete
  2. mas nya orang surabaya?saya dapat tuh tiket kertajaya tanggal 4 juli,di website loh!dan ternyata,kosong melompong di gerbong 14,tapi,gerbong 1s.d.12 sudah penuh,aneh bukan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa sih, saya aja perlu waktu ber sampe subuh buat dapetin tiket hufht

      Delete
  3. wahh tips dan triknya bermanfaat sekali, terimakasih..

    ReplyDelete
  4. Successful hunting is largely dependent on being able to intercept the animal at the proper location, getting yourself in position there. Read this post here

    ReplyDelete
  5. Remember that when you stand upright with the backpack on, those heaviest items should fit the space between your shoulder blades and squarely on your back, You can try these out

    ReplyDelete
  6. bagi triknya agar dapatkan harga tiket dengan subclass yang lebih murah. sbb pengalaman saat lebaran pesen tiket 3 bln sebelumnya pas pukul 00.01 dah tinggal tiket dengan subclass yang mahal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah terlewat dan habis semua, tunggu sampai ada yang cancel, biasanya sekitar pukul 04.00 sampai pukul 05.00 pagi.

      Delete
  7. Sangat bermanfaat. Terima kaaih infonya.

    ReplyDelete
  8. 3 malam mencoba belum dapet nih mas, semoga malem ini dapet tiketnya.. bismillah.. suwun mas infonya

    ReplyDelete
  9. bisa minta tolong ke mas ngga? hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)