Tips dan Trik Ngurangin Ongkos KRL [It's Work] Anak Roker Wajib Baca

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

jakartakita.com
Saya adalah Roker (Rombongan kereta commuter line) di jakarta, saban hari PP lintas 3 propinsi lho.  Rumah di bekasi, kantor di BSD, dari provinsi Jawa Barat meluncur ke provinsi DKI dan lanjut ke privinsi banten. Di tiap hari pergi-pulang dengan kereta yg ketemu dengan berbagai macam orang, penuh sesak tapi tetep seru. :D. Nah disini kawan yang suka naik kereta, saya mau berbagi tips dan trik yang ampuh ngurangi pengeluaran kereta, nggak banyak sih tapi kalau buat saya yang saban hari P. Tips dan trik ini berlaku dengan syarat :

1. jika jarak tempuh melebihi harga Rp. 4000 ongkos KRL. Coba di hitung sendiri ongkosnya.
2. Melewati rute transit yaitu, salah satunya diantara jatinegara, manggarai, Tanah abang, duri, atau kampung bandan.
3. Harus menggunakan tiket terusan bukan harian.

Nah baiklah ini sedikit tipsnya.

1. Tips ngurangi ongkos KRL

Percobaan ini sudah saya lakukan dan berhasil hingga saat ini. Ongkos yang saya keluarkan dari stasiun bekasi hingga rawabuntu adalah Rp. 5000 dengan sedikit tips ini maka ongkosnya jadi berkurang tinggal Rp. 4000. Nilai Rp 4000 adalah minimum yang tidak bisa di kurangi lagi. Makanya tips ini bersyarat seperti yang saya jelaskan diatas. Jika kawan menempuh jarak jauh misal dari bogor ke bekasi bisa mencoba tips ini. nilai yang dihasilkan tiap relasi mungkin berbeda-beda, bisa di hitung sesuai jarak tempuhnya :D
Dari bekasi saya gate in dan di tanah abang saya gate out, selanjutnya gate in lagi dan gate out di rawa buntu. Antara bekasi - Tanah abang ongkosnya Rp. 2000 dan Tanah abang - Rawa Buntu Rp. 2000. Mudah kan. Tempat gate in dan gate out di tanah abang saat ini di jadikan satu di lantai 2, jadi tidak lagi perlu berputar seperti dulu. Lumayan hemat Rp. 1000 He he


2. Cuma butuh Rp. 2000 sudah bisa berkeliling seluruh stasiun KRL di jakarta

Tips ini sudah cukup sering di bahas, bahkan pihak krl pun memberikan keleluasaan untuk gate in dan gate out di stasiun yang sama. Aturan ini baru di berlakukan, sebelumnya jika gate in dan gate out di tempat yang sama kena suplisi (suatu penalti dan saldo akan di potong Rp 11000 jika menggunakan tiket terusan, jika menggunakan tiket harian tidak dapat di refund alias hangus.
Tips ini saya biasa pakai waktu nganterin pesanan orang, maupun barang sewaan. Seluruh stasiun saya bisa tempuh asal masih sekitaran tengah kota saja. Hehe.

3. Trik Pergi dan Pulang naik KRL cuna butuh Rp. 2000

Ga percaya? Haha. Untuk yang satu ini sedikit tricky dengan sistem KRL yang tersedia sekarang ini. Jadi harap di pikir masak2 dan Do it with your own risk. Berikut caranya.
Saya ambil contoh relasi bekasi-bsd rawa buntu. Siapkan kartu komuterline terusan berjumlah 2 keping, sebut saja kmt A dan KMT B. Selanjutnya masuklah gate in seperti biasa, dan inilah triknya. Masuklah dengan 2 kartu gate in yaitu kmt A dan kmt B, hati-hati terlihat oleh petugas. Selanjutnya di rawa buntu keluarlah dengan kmt A saja. Harga masih normal yah Rp. 5000. Sepulang kerja masuklah dengan kmt A dan sampai bekasi gunakan kmt B. Mulai dari sekarang akan berlaku Rp. 2000 saja. Besoknya lakukan hal yang sama yaitu masuk kmt B dan keluar dengan kmt A.
masih belum paham, gunakan alur rumus di bawah ini, (contoh pribadi relasi Bekasi-rawab buntu.
[Bekasi-Rawa Buntu]=>hari pertama pergi [kmt B-kmt A]||pulang [kmt A-kmt B]|| Hari ke 2 pergi [kmt A-kmt B]||pulang [kmt B-kmt A]||  begitu seterusnya berselang seling. Ingat yah do it with your own risk. :)

Sekian.

Artikel Terkait : 

3 comments:

  1. 3 porvinsi dilewati ckckc, saya berat ngebayangin hidup di Jakarta..sekali dua kali mampir saja terasa bagaimana susahnya hidup. Catet dulu yg ini siapa tau bolak-balik KRL lagi pas ke Jakarta

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)