Keindahan Curug Sukabumi yang tersembunyi

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Pernah tidak terpikir tempat yang bisa buat kita sejenak untuk escape dari rutinitas tiap hari. dan lokasinya tidak selalu di bandung-Bogor-puncak dan sekitarnya, hmm entar dulu... he he

Ada lho tempat buat kita santai merefresh fikiran dan pastinya dapat menjadi alternatif anti mainstream. Stiap kali ada ajakan ngetrip bareng ntah itu dari keluarga, teman ke bandung dan puncak sekitaran bogor, hmm apa tidak ada destinasi lainya yah. Destinasi yang mudah tidak jauh dan hanya perlu refresh sejenak tanpa lelah karena perjalananya. Akhirnya beberapa kali kunjungan blog saya menemukan Jawabanya adalah Sukabumi dengan keindahan air terjunnya, Curug ini menjadi bucking list saya, atau daftar keinginan yang harus saya capai sebelum saya mati :D.  curug kalau bahasa sundanya, coban kalau bahasa jawanya :D, belum pada tahu kan. Melihat kota yang tenang tanpa hiruk pikuk nya kota besar, Sukabumi menjadi salah satu wisata favorit khususnya bagi yang sudah tahu dan bosan dengan bandung-bogor-puncak dan sekitarnya. Jarak tempuh 120 km dari jakarta dan 100 km dari bandung, saat ini moda transportasi kereta relasi bogor - sukabumi sudah di buka. Lalu apa saja yang membuat curug Sukabumi ini berbeda.

Curug Cikaso

Sumber. IniSukabumi.com
Bucking list pertama di sukabumi adalah Curug ini mulanya bernama Curug Luhur, namun masyarakat lebih mengenal dengan nama Curug Cikaso dimana sumber air terjun berasal dari sungai Cikaso. Disarankan menggunakan jasa guide (pemandu wisata), karena rute menuju curug ini tidak memberikan keterangan, petunjuk sama sekali belum begitu di eksplore pemerintah setempat, kalau mau sengaja nyasar itu lebih asyik. harga sebuah guide Rp. 100 ribu tidak perlu capek dan melihat keindahanya worthy banget. 

Rute untuk menempuh lokasi ini menantang dan cukup sulit, selain lokasinya tersembunyi juga medanya susah untuk di lalui, tidak ada kendaraan bermotor yang dapat melaluinya. Satu-satunya pilihan adalah berjalan kaki, disarankan untuk susur sungai supaya dapat segera sampai lokasi. 


Banyak wisatawan cenderung lebih memilih mengambil jalur di sungai karena pemandangananya yang asri dengan gemricik air sungai yang membuat tenang. Mungkin ada beberapa pertanyaan yang melintas di dalam pikiran kita tentang pemandanganya, sekilas mirip GrandCanyon  versi Baratnya, kalau versi Indonesianya mirip tebing di  Green Canyon 

Lokasi Curug ini bertempat di Kampung Cinti, Kelurahan Cibitung, Kecamatan Cibitung. hanya sekitar 70km dari pantai Pelabuhan Ratu

 

Curug Cimaranjung

Sumber. IniSukabumi.com
Bucking list kedua yang tidak kalah bagusnya adalah curug cimaranjung. berlokasi di desa ciwaru sukabumi jawa barat dan memiliki ketingian 45 meter yang bersumber dari sungai cimarinjung. Ada dua alternatif yang dapat kawan pilih untuk menuju lokasi ini. Pertama, dengan berjalan kaki dari puncak gunung Darma selama 45 menit dan kedua, menggunakan mobil selama 10 menit.

jika berjalan kaki, kita akan melintasii jembatan terbuat dari besi dengan tracking menurun, setelah menurun terdapat warung yang menjajakan minmum sehingga tidak perlu khawatir kehausan, serta terdapat tempat istirahat sejenak. Penelusuran jalur setapak ini kita akan dimanjakan dengan hawa yang adem adem sejuk dan pepohonan di samping kanan dan kiri.

Curug ini telah diperkenalkan oleh Badan usaha dunia unesco. Geo Park Cileteuh, Tidak heran lokasi ini menjadi terkenal di sukabumi dan banyak di minati pengunjung. saran saya bagi kalian yang ingin kesana bawalah jaket dan sepatu untuk menghadapi tracking jalan yang berliku dan sedikit berbatu. 

 

Curug Cigangsa

Sumber. IniSukabumi.com


Bucking list ketiga adalah Curug Cigangsa, berlokasi di desa Batusuhunan Pasiripis Kecamatan Surende Sukabumi dan berada di sebelah selatan Jawa Barat, sekitar 22 km sebelum Ujung Genteng. Masyarakat Sukabumi lebih mengenalnya dengann sebutan Curug Luhur. Curug ini memiliki tiga undakan dimana telah di prediksi pembentukanya berasal dari gempa bumi yang kuat. 

Curug ini memiliki volume air yang lebih kecil, berasal dari bagian hulunya yang di bendung untuk keperluan irigasi. ciri khas curug ini adalah dindingnya berwarna hitam. Tidak jauh dari lokasi ini terdapat sebuah batu yang mirip seperti kubah masjid disebut warga batu masigit. keunikan lainya yang di tawarkan adalah pengunjung dapat menikmati pesona curug dua arah yang mengarah ke atas dan ke bawah. 

Warga setempat mengatakan curug ini di berikan oleh seorang perempuan renta karena keterlibatanya dalam berjuang membela agama islam dan mengusir penjajah. Lokasi yang sulit di jangkau menjadi alasan kuat seringnya perjuangan kemerdekaan membuat tempat persembunyian. 

Sejarah mengatakan aliran dari curug ini merupakan tempat dihanyutkanya Nyi Putri Suradewi Putri Rd. A. A Jaga baya Bupati Galuh Imbanagara tahun 1732-1751, ia merupakan adik dari Eyang Wirasantri Dalem Cigangsa seorang pendiri Surade dalam menyebarkan agama Islam dan juga pejuang kemerdekaan dalam mengusir Belanda.

Nah dari 3 Bucking list ini, mana yang kalian pilih. mari jalan-jalan sejenak dari rutinitas. oh iya bagi kalian yang mau liburan di sukabumi, jika dari Luar kota sukabumi. Ada banyak hotel di Sukabumi, selengkapnya bisa anda lihat di situs Traveloka  .

Selamat berlibur bagi yang #kurangpiknik dan jangan lupa #bahagia :D

10 comments:

  1. Cantik-cantik ya... bikin adem pikiran

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, kalau kesana bisa bikin fresh pikiran :smile:

      Delete
  2. Curug di Sukabumi memang sangat indah ya. Foto nya bagus buat wallpaper

    ReplyDelete
  3. Menakjubkan, keren banget curugnya. Sukabumi? Jauh juga dari tempatku di Magelang. hmm, tapi bisa dijadikan list tujuan kalo mau wisata kesana nih suatu saat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan jauh juga, ntar kalau pas ke sukabumi bisa mampir mas :D

      Delete
  4. wow keren ya! pengin kesana juga deh... hmm Indonesia memang penuh dengan keanekaragaman, cek disini Beautiful Indonesia untuk lihat keanekaragaman Indonesia lainnya ya

    ReplyDelete
  5. Saya tidak di ajak? Mas ichang, yang mas lakuin ke aku itu: jahat. Hahaha

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)