Belajar Bahasa Arab Pasti "BISA"

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ



Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al Quran dengan berbahasa Arab, agar kamu memahaminya. (Yusuf:2)

Alhamdulillah setelah sekian lama tidak update blog. akhirnya bisa berkesempatan untuk mengisi blog ini. Spesial postingan ini adalah kami persembahkan kepada waktu berharga yang kami harus luangkan dalam menjalankan sebuah program bahasa arab. Semoga Allah SWT memberi ridho atas apa yang telah kami kerjakan. Terimakasih juga kami haturkan kepada guru sekaligus bos kami bapak Wendi Junedi yang telah mengajak saya untuk ikut berpartisipasi, hingga kami (sekeluarga) telah mengikuti program tersebut. dan al ustadz Rizky Running (sepupu) yang mengkoreksi tugas saya secara bolak balik. :D

Bahasa arab bagi saya pribadi adalah bahasa yang umum dan tidak asing, karena terdapat dalam Alquran yang sering kami baca. Namun berapakah orang yang mau dan berkeinginan kuat dalam mempelajarinya Alquran tersebut ? secara otomatis  harus pula menguasai bahasa arab. karena bahasa arab merupakan bahasa kunci untuk membuka ilmu dalam Al Quran. 

Kilas balik sebelumnya adalah, kami sekeluarga tidak pernah mondok pesantren, bersekolah umum, dan ngaji Quran hanya sebatas membaca. di sekolah negeri pun demikian miris, pelajaran Agama hanya 2 jam per pekan. Merasa kurang saya pernah mengikuti kajian bahasa arab di masjid dekat rumah waktu SD. tidak sampai 4 pertemuan (sebulan) kajian tersebut bubar karena minim peminat. SMA lanjut lagi sekolah diniah di sebuah pondok pesantren deket sekolah. hanya bertahan kurang lebih 2 bulan. Waktu bekerja di Surabaya, pernah juga ikut kajian bahasa arab di dekat kantor. sayangnya saya tidak melanjutkan karena metodenya cepat sekali, sekali tidak datang sudah tidak bisa mengikuti. 

Dalam renungan diri, saya berkesimpulan mengapa belajar bahasa Arab ini sulit. ada beberapa hal kelemahan saya :
- Saya tidak punya background bahasa arab hanya mengenal tulisan arab, selama ini ikut bahasa arab dengan pendekatan yang tidak cocok (pendekatan nyantri) sedangkan sedari kecil di sekolah umum sehingga susah mengikuti alur cara belajar. 
- Lokasi tempat yang saya harus datangi. Ini perlu perjuangan jihad betul untuk datang. Apalagi melawan rasa malas, karena bahasa arab hanya sebagai tambahan ilmu (saya rasa) dan tidak ada dalam kurikulum sekolah. sehingga menomor duakan.
- Waktu yang tidak bisa di luangkan. Sekali lagi butuh perjuangan untuk meluangkan waktu di tengah ke lenaa dunia. 

3 Faktor itu lah yang selama ini menghambat dalam belajar bahasa Arab. Alhamdulillah jawaban kegundahan hati ini terjawab dengan program BISA. Salah satu program bahasa arab jarak jauh hanya dengan Handphone kita bisa belajar bahasa arab. Progam ini telah sukses membuat saya melek bahasa arab, karena menjawab kelemahan saya pribadi dalam mempelajarinya. berikut ini program yang di tawarkan oleh BISA

- Penulis melakukan pendekatan sekolah umum dalam kurikulumnya. karena mudah di pahami dan saya penasaran siapakah yang merancang kurikulum ini. ternyata adalah Abu razin di panggil Encang yang memiliki background sekolah umum dari SD hingga SMA bahkan lulusan Teknik Material dan Metalurgi Universitas Indonseia. Nah sekolah umum saja BISA, berarti saya juga dong :D
- Tidak perlu datang ke lokasi karena semua kuliah di Program BISA menggunakan jarak Jauh, Cuma pake Wassap , simple dan saya banget, akan tetapi kalau mau datang ke kantornya terdapat cabang-cabang bernama BISA learning Center (BLC).
- Tidak Terikat Waktu, kita hanya butuh ikut kuliahnya di hari ahad pukul 16.00 dengan cara ngeliat wassap saja. semua materi sebelumnya telah di kirim ke kita hari jumat untuk di pelajari terlebih dahulu. 
- Materinya berupa Video, Buku (versi online dan cetak) yang ke semuanya bisa di akses secara GRATIS
- Semua Program BISA adalah GRATIS, semoga berkah kepada program Bisa ini. MasyAllah.

Salah satu Materi yang di Share

Sedikit mengenal beberapa program di BISA adalah sebagai berikut. 

1. BISA = Belajar Ilmu Shorof 

Pembelajaran ini menitik beratkan pada ilmu shorof (Ilmu kunci selain ilmu nahwu) yaitu mempelajari tentang perubahan perubahan pada kata dalam bahasa arab. untuk lebih jelasnya ikut aja programnya. 

2. BINA = Belajar Ilmu Nahwu

Setelah belajar shorof selanjutnya ada ilmu nahwu yang mempelajari tentang penyusunan serta aturan yang terkait bahasa arab, seperti harokat, tata letak, bentuk kata (shorof) yang tepat. Mohon doanya akhir tahun melanjutkan ke jenjang nahwu 

3. NIKAH = Nahwu dan Ilmu Aqidah 
Saya cuplik dari web langsung, karena saya juga belum sampai level ini . 
Program NIKAH (Nahwu dengan Ilmu Akidah) adalah program membaca kitab berbahasa Arab di bidang aqidah dimana peserta akan belajar cara menjelaskan tashrif dan i’rab dari kitab-kitab aqidah populer. Program NIKAH diselenggarakan untuk menguji pemahaman ilmu nahwu dan sharaf dari  mahasantri Yayasan BISA yang sebelumnya telah mempelajari ilmu nahwu dan ilmu sharaf pada Program BISA (belajar ilmu sharaf) dan Program BINA (Belajar Ilmu nahwu).
Setiap angkatan program ini insya Allah akan menghasilkan sebuah karya berupa buku aqidah yang sudah diberi penjelasan dari sisi nahwu (i’rab) dan sharaf (tashrif). Ini merupakan pendekatan baru dalam belajar ilmu aqidah. Harapannya, para peserta bisa memahai keyakinan pokok ahlussunnah wal jama’ah sembari mengasah kemampuan nahwu sharafnya.
3. JODOH = Just One Day One Hadith
Saya cuplik dari web langsung karena saya belum sampai level ini . 
Sebagai upaya untuk membantu kesulitan-kesulitan dalam menghafal dan memahami hadits-hadits Nabi, perlu adanya sarana yang memfasilitasi agar tercipta lingkungan yang dapat memberikan motivasi dan semangat menghafal bersama yang tepat.
Untuk itulah kami meluncurkan sebuah program berjenjang yang kami beri nama JODOH (Just One Day One Hadith), dimana peserta diminta untuk menghafal 1 hadits sangat pendek setiap harinya selama kurang lebih 2 bulan saja.
Program ini menggunakan kitab hadits yang sebenarnya ditulis untuk hafalan hadits anak-anak SD sehingga sangat mudah untuk dihafal orang dewasa. Terbukti,  ratusan orang telah teruji mampu menghafal puluhan bahkan ratusan hadits.
Hadits yang dihafal pada program ini bersumber dari kitab ”Shahih al-Jami’ Ash-Shogir” buah karya ulama pakar hadits abad ini “Syaikh al-Albani rahimahullah” yang tidak di ragukan lagi akan kepiawaiannya mentakhrij hadits dan memilah antara yang shohih dan dhoif.

5. HIWARI = Percakapan Bahasa Arab

Program BISA bicara bahasa arab dengan mudah :)

6. PESAN = PESANTREN KOSAN
Saya belum sampai tahap ini akan tetapi pesantren kosan memiliki program tahsin, tahfidz, hafalan hadist, BINA, BISA, dan juga belajar islam.  

Cukup sekian Testimoni salah satu alumni BISA ini. Mohon doanya bagi kami sekeluarga untuk istiqomah dan melanjutkan level program BISA hingga Mumtaz. Aamiin Yaa Robbal Aalamiin

Sampai Istri ikutan dan nilainya lebih tinggi dari saya :D
Testimoni para Thullab


Alumni BISA 23-16

No comments

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)