4 Hal Mengapa structural engineer

In the name of of Allah the Merciful


Your job is not your Career..
Kutipan diatas meminjam istilah dari sebuah buku career coach Rene Suhardono, menurut saya it's behalf on your belonging to do some thing. kamu suka tidak melakukan pekerjaan tersebut. well bagaimana dengan judul diatas. Saya ingin mengulasnya.... Disclaimernya tulisan ini hanya muatan pribadi sehingga sudut pandang hanya pada penulis semata.

Berprofesi sebagai teknik struktur bangunan dan kebertepatan menjadi bagian team di bidang yang sama di pekerjaan, membuat saya merasa, how beautiful isn't it. Saya menggunakan ilmu yang saya peroleh pada saat perkuliahan dan langsung di aplikasikan di dunia kerja secara nyata. Memperhitungkan segala aspek dari bangunan struktur untuk di bangun dalam rangka pemanfaatan energi sebesar-besarnya bagi kemaslahatan unat manusia. Namun tidak semua pencapaian tersebut dapat saya raih seketika setelah lulus perkuliahan. Perlu lebih dari 2 tahun sebelum akhirnya berada di lingkungan yang mendukung, 2 tahun masa penantian saya sempat d tempatkan di bidang lainya, seperti peoject, desainer, naval, piping dan surveyor. Dari kesemua profesi itu akhirnya saya paham, apa sih sebenarnya minat saya selama ini. 

Berikut adalah beberapa hal yang saya nikmati menjadi seorang structural engineer :


- You create something reality -

Salah satu hal yang menjadi favorit pekerjaan saya adalah akhir dari semua yang saya lakukan yaitu apa yang kami desain, rancang dan perhitungkan di segala aspek di bangun menjadi kenyataan. mulai dari desain struktur offshore, pipeline, transportation, grillage dan seafastening, clamp. bahkan dari pekerjaan kecil saya seperti mendesain pad eye, handrail menjadi kenyataan. Tiap bentuk, detil gambar, bahkan ukuran tebal las semua dibangun  secara nyata. 

Salah satu proses peletakan Platform

- You become part of problem solving -

Kebutuhan infrastruktur dalam ekslporasi energi menjadi mutlak di perlukan. permasalahan menjadi rumit tatkala sumber-sumber eksplorasi bermula di darat bergeser ke laut, dan terus bergeser dari perairan dangkal sampai perairan dalam, sehingga di butuhkan kemampuan dalam membangun bangunan di tengah laut dengan kedalaman bervarisasi. Seorang structural engineer harus kreatif inovatif dengan mempertimbangan segala aspek, optimalisasi  desain, menekan biaya dan schedule yang ketat. karena ketika pekerjaan tidak tepat waktu, biaya konstruksinya membengkak dan besar. 
Contoh Persiapan peluncuran end-manifold di dasar laut

- You'll Facing Work that according to what you learned in college - 

ketika apa yang kami pelajari menjadi jalan kami bekerja, itulah cita-cita sebagian besar dari kami. Namun, tidak selamanya jalan tersebut mulus. Saya perlu waktu bekerja tidak sesuai minat. akhirnya setelah ada kesempatan untuk terjun kembali ke minat saya, seakan tidak ingin saya sia-siakan. bagiamana menurut kamu ?

Jacket and Topside Transportation on Barge


- You work Together with various department - 

Di setiap pekerjaan yang kompleks (seperti bangunan lepas pantai) memerlukan lebih banyak departement tidak hanya departemen struktur saja. kita sebagai structure engineer berkolaborasi dengan departemen lainya, pipeline, marine, plumbing, arsitek, mesin, instrument, proses, HSE, 3D modeling. Tidak akan mungkin pekerjaan seperti ini hanya bisa diselesaikan dengan satu bagian departemen saja. Kesemua departemen berpadu dengan tujuan yang sama yaitu kesuksesan proyek. kolaborasi ini meminimalkan kesalahan pada saat pembangunan kostruksi, biasanya terdapat team 3D modeling untuk memvisualisasikan semua equipment sebelum di bangun. department mesin akan mengetahui adanya gangguan struktur di sekitar pondasi mesinya, pihak struktur harus rela bagian strukturnya di lobangin oleh team piping. semua keseruan itu menjadi satu :). 

Sumber : Photo diambil dari Facebook Agus Suryanto

2 comments:

  1. Dari ulasan Anda, membuat saya lebih mengetahui tentang teknik kelautan (enginer struktural). Terima kasih. Salam dan sukses selalu

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)