Kemah Asyik Bareng Komunitas di Kemah Keluarga Indonesia

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Pagi ini tidak seperti biasanya, terlihat jam tangan tepat pukul 4 pagi kami siap berangkat, kami ber 7 orang akan menuju ke cibodas golf bumi perkemahan. Ini adalah acara pertama ngecamp ceria bareng 2 keluarga. Sebelumnya perkenalkan terlebih dahulu komunitas camping keluarga K31 (Komunitas Kemah keluarga Indonesia). Penjelasan rincinya bisa di lihat di fanpage FB aja ya kawan. Intinya keinginan pendirinya adalah ingin menghidupkan kembali hoby berkemah namun tanpa meninggalkan keluarga tercinta.   Singkatnya petama kali saya mengetahui ada komunitas ini saat berkunjung di stand pameran peralatan outdoor setahun lalu, sepertinya cocok nih buat keluarga sekaligus menyalurkan hobi yang sudah lama matisuri.. he he
Lantas saya mengajak  kakak ipar dan beliau pun setuju untuk gabung dan ikut. Acara besarnya adalah tanggal 10- 12 Desember 2016 di bukit golf perkemahan cibodas. Lokasinya cukup terjangkau bagi yang tinggal di sekitaran Jabodetabek. yaitu di arah pintu masuk menuju pendakian Cibodas. lokasi kemah berada di kaki gunung gede pangrango. Jika kawan ingin ke bukit perkemahan ini, kawan bisa menempuh perjalanan menuju arah puncak bogor dan selanjutnya ke arah cibodas. dari Cibodas ini akan ada 2 arah yaitu penanjakan dan bukit perkemahan. lokasi tepatnya berada di paling ujung mentok. :)

Barang Bawaan
Karena ini pertama kalinya, maka barang yang saya ingin bawa dalam kemah nanti tidak terlalu banyak (kebiasaan naik gunung), kami berangkat pukul 03.00 pagi  dari bekasi menuju Cibodas, sehari sebelumnya anak-anak sudah tidak sabar untuk ikut kemah. Karena bagi mereka ini pengalaman pasti seru. Sebagai orang tua memang harus menanamkan kecintaan lingkungan serta dekat dengan alam (pikir saya) tapi bagi anak kami mungkin berpikir, saatnya untuk main perosotan, lumpur, kotor dan masih banyak keseruan lainya.
oh iya perlengkapan yang kami banyak muat berdesakan di belakang jok belakang mobil, dan penumpang 7 orang, namun ternyata waktu di perkemahan perlengkapan kami tergolong kurang (ikuti terus ulasanya berikut).

Lokasi Kemah kami (lingkaran merah)

Perjalanan yang cukup lancar dari bekasi hingga puncak pass Bogor. Karena sebelumnya mendapatkan kabar berangkat pukul 10 malam hingga pukul 02 pagi macet di tol. kami maklum karena bertepatan dengan hari libur di hari senin (maulid nabi). ternyata berangkat di pukul 03.00 tidak mendapatkan kemacetan yang berarti. Kami sampai di bumi perkemahan sekitar pukul 06.00 karena kami menyempatkan istirahat sejenak dan sholat subuh di masjik Attawun.  Setelah tiba kami sempat bingung menaruh kendaraan untuk parkir, karena hampir semua penuh dari parkiran bawah untuk peserta K31. karena menurut pendaftaran dan konfirmasi dari panitia, tak kurang sekitar 500 keluarga ikut dalam kemah ini. jika 1 kepala keluarga yang terdaftar di kemah ini membawa 3 orang keluarga, bisa jadi dua ribu orang berkumpul di  perkemahan ini.
Yuk liat penampakan tenda kami :)
Berkemah Bareng Keluarga
Setelah selesai berputar mencari lahan parkir, kami turun dan segera memasang tenda, Dalam mendirikan tenda dengan membawa keluarga, maka saran saya adalah, :
1. Carilah tempat mendirikan tenda yang dekat dengan toilet, tidak mungkin berhajat selain di toilet kalau bawa istri. walaupun di gunung memang harus selalu sedia sekop kecil buat gali lubang :D
2. carilah tempat mendirikan tenda yang dekat dengan air, karena dengan banyak anggota keluarga, maka tugas para ayah mencari air untuk cuci dan mandiin si bocah.
3. carilah tempat mendirikan tenda yang dekat dengan warung nasi. karena khawatir ngeliwetnya gagal dan menunggu lama sedang bocah udah pada marah (laper ) maka jurus ampuh adalah warung sebelah tenda. he he.
lokasi kami pun berdekatan dengan prasyarat diatas. Intinya untuk kemah pertama ini, kenyamanan keluarga adalah nomero uno. kalau mereka ga  nyaman, ada even serupa mereka tidak mau ikutan, dan saya juga ga bisa nyenyak tidur kalau berangkat sendirian. ha ha. Oh iya lihat tiang flysheet ? itu terbuat dari pipa paralon, di lain postingan saya coba membahasnya. lumayan murah dan yang pasti Do it Your Self.
Di tempat perkemahnan, kami sadar ternyata barang yang banyak di belakang jok tergolong sedikit, bahkan banyak dari keluarga yang membawa meja dan kursi lipat

Contoh Peserta tendanya sekeluarga

Tenda kami dapat di isi hingga 4 orang, dan kemah keluarga ini banyak lho yang bawa tenda dengan ukuran 6 lebih. Seru banget liat keluarga kemah indonesia yang bersemangat untuk mengikuti rangkaian acara K31.

Bersama Aher, dan founder K31
Tepat di hari Sabtu tanggal 10 terdapat pembukaan acara, kami hadir di aula besar di tengah bumi perkemahan. Acara Big Event ini terselenggara bebarengan dengan program pemerintah BKKBN, dan di buka oleh bapak gubernur Jawa barat. Ahmad Heryawan.

Keponakan juga ikut seru :D
Setelah acara pembukaan terdapat banyak sekali game yang diselenggarakan panita, walaupun kami tidak ikutan, karena tujuan kami ingin mengenalkan dulu berkemah (tidur beralaskan tanah dan beratap langit berpayung tenda ) saja. lain kali kami akan ikuti full acara :).  Mengenalkan kegiatan alam salahsatunya kemah ini bagi keluarga saya menurut pribadi penting dengan alasan sebagai berikut :
01. Mempererat hubungan (bonding) utamanya terhadap anak dan ayah karena kurang nya interaksi di hari bekerja (weekday)
02. Mengenalkan hidup itu perlu di syukuri melalui tidur di atas tanah dan suhu udara yang dingin, karena sebagian dari masyarakat Indonesia tidur di luar rumah.
03. Asas kebersamaan dan saling tolong menolong menjadi pelajaran penting. kita bisa saling tukar makanan, ngobrol dengan tetangga kemah dan juga keluarga
04. Mengenalkan bahwa di luar rumah terdapat aktifitas yang lebih asyik yaitu berkemah.

Belajar Bersosialisasi :)
Di perkemahan ini terdapat sungai yang cukup asyik buat mandi lho, kami sekeluarga mandi di sungai ini, airnya dingin banget, lokasinya berada di atas bukit golf, kita naik keatas lagi. menyenangkan melihat keluarga ikut senang. alhamdulillah

Beberapa games terselenggara yang saya rekam adalah lomba mewarnai, tarik tambang, cerita ayah,  klompen dengan peserta putra putri.
Senyum Ceria di wajah Anak - anak

Di hari Ahad, acara berlangsung dengan senam pagi di pagi hari berlanjut permainan. di hari ahad siang kami pamit undur diri, berat rasanya untuk pulang duluan, namun alamdulillah kesan bagi istri , anak dan keluarga sangat baik, dan siap untuk acara even selanjutnya.

beberapa acara yang terlewat bagi kami telah di share foto-fotonya di grup fanpage K3I. yaitu Bakar kambing guling di malam hari serta api unggun.

Malam Puncak di K3I
Alhamdulillah ucapan terimakasih untuk penyelenggara, panitia dan teman-teman om-tante di Kemah keluarga Indonesia. Total peserta yang ikut di even besar ini adalah 500 (yang terdaftar). Jika saja sedikitnya 500 kepala keluarga membawa 4 anggota keluarga, bisa di bayangkan ramainya acara tersebut.

Sedikit dari Jumlah peserta yang terlihat, lainya ngumpet di tenda
Sedikit Jepretan dari kegiatan ini menjadi inspiras saya ketika bekerja :)

1. Judulnya minjem peralatan power ranger punya kakak Faiq dan action di depan Tenda

2. Ada turis di tenda kami :)

3. Mejeng di depan tenda

4. Ada yang bawa Panel Surya juga untuk keperluan listrik. saya siap mempraktekanya nih. Terimakasih om hendra.

Sumber foto : Dok pri dan grup fanpage K3I

6 comments:

1. cerita yg menarik om,ceritanya mewakili isi hati saya juga,ijin share dan copas ya.
    oiya mohon tips membuat tiang flysheet paralon yg kokoh.terima kasih.

ReplyDelete
  2. Cuman sekali kemah, itupun di area sekolah. Kelihatannya sangat menyenangkan ya :D

3. Iya benar, kegiatan seperti ini bagus untuk memperkuat bonding antara anak dengan ayahnya. Keren ....

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)