Tips Terhindar dari Penipu via telp dengan Modus Kawan Lama

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Udah 2 kali kejadian penipuan dengan modus yang sama via telepon yaitu kawan lama, konco lawas, bolo plek.  Jadi ceritanya sang penipu ini akan mengaku sebagai nama (kemungkinan mereka random milihnya) dengan berbagai dalih "masa lupa temen lama", "save ya bos, nomor gua ganti", "bolo lawas iki cak" 

Percepatan teknologi yang massive membuat beberapa orang tidak menggunakan dengan bijak, kesulitan ekonomi menjadi alasan yang bagi saya sepertinya hanya sebuah klise. Perilaku ini tidaklah dibenarkan dan susah susah untuk di hapus dalam masyarakat, bagaimana tidak, alih-alih nomor hape sudah di laporkan namun mereka bisa dengan mudah membeli nomor dengan harga lima ribu rupiah saja. Maka dari itu perlunya mempersenjatai diri dan kawan semua untuk menghindari kejadian seperti yang saya alami. jika kita paham arah pembicaranya, sangat mudah untuk mematahkan argumenya, membelokan maksud dan sebab serta membiaskan tujuan. 

Jadi kejadian ini hanyalah murni opini dan pengalaman saya, caranya bisa berubah bagi siapa saja namun ada benang merah 

Modus : 


1. Pelaku akan menyebut nama dengan percaya diri banget, kalau mereka kenal kita dan mengaku kawan lama, yang sekarang menjadi anggota polisi, TNI, orang kesusahan. 

2. Pelaku akan terus bicara layaknya marketing kartu kredit tentang kabar, lokasi, tempat tinggal, Lokasi kerja dan tidak memberi ruang bagi kita untuk bertanya lebih jauh terhadap pelaku. 

3. Ketika sudah mulai merasa cukup, pelaku akan meminta bantuan biasanya berupa uang, menawari barang (barang mewah biasanya) atau terakhir telp saya, pelaku mengaku menemukan perhiasan. 

Sepertinya cukup mudah ya bagi kita untuk menghindari modus seperti ini, namun perlu hati-hati karena pelaku sangat percaya diri dalam aksinya, bahkan saya sendiri merasa terpojok dan ada rasa untuk membantu niat pelaku. hati - hati.

Poin Penting : 

1. Ciri khas pelaku ini tidak pernah menyebut nama kita, hanya menyebut nama mereka sebelumnya dengan dalih teman lama. 

2. Gaya bahasa yang berbeda dengan orang yang pernah kita kenal

Cara Menolak bala : 


1. Ucapkan Doa dan salam

2. Tanyakan nama kita kepada mereka, jika dirasa kurang sopan maka gunakan cara berikutnya.

3. Gunakan fakta yang salah, ketika pelaku mengaku si anu, maka gunakan fakta yang salah misalnya :
 a. kita punya teman bernama cahya dan kita ingat betul di tinggal di surabaya, nah pelaku mengaku namanya cahya maka gunakan fakta yang salah misalnya "loe tinggal di merauke kan, aksen loe kayak orang batak". dia akan kelimpungan menggunakan gaya bahasa merauke. 

b. selain itu jangan pernah memberi tahu lokasi, rumah, dan pekerjaan, 

4. Gunakan Logika jongkok, ketika pelaku bilang loe kerja apa, jawab dengan logika jongkok misalnya " gua gini2 aja bos dirumah, jualan cimol di toko sebelah eh sorry ada superman mau beli dagangan gua tungguin ya.  nah biasanya bakal di tutup tuh telepon. 

5. Alihkan arah pembicaraan, biasanya pelaku setelah tanya kita macam-macam, kemudian mereka minta tolong, nah waktu sebelum minta tolong tanyakan kabarnya dengan misalnya : " eh loe udh nikah belom, anak berapa, tinggal dimana?" biasanya telp di tutup

6. langkah terakhir gunakan alamat  link berikut untuk meng check asal muasal nomor hape si pelaku, biasanya keder tuh pelaku karena di kira kita anggota BIN. haha


Semoga kita terhindar dari penipuan modal beli pulsa gocap ini :D

2 comments:

  1. Iya nih mas, sekarang banyak banget ya.
    tapi kalau ane seringnya sms :D cuma ane cuekin aja, pernah tak bales tapi dianya nggak bales..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas. kalau SMS biasanya pakai mesin mereka, jadi ga bakalan balas

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)