Sebuah Pelajaran Berharga tentang boikot komedian Ernest dan Uus

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Bagi orang yang mengerti ilmu semiotika, akan paham pesan dari gambar diatas.
Akhir-akhir ini jagad media sosial ramai memperbincangkan aktor ernest dan u'us, dikarenakan komedian tersebut secara nyata memberikan pernyataan yang berdampak negatif bagi ulama dan masyarakat muslim. Saya tidak ingin membahas lebih jauh karena pembahasan tersebut telah di kupas tuntas oleh semua jagad media sosial, hingga kedua komedian tersebut menyatakan permintaan maaf, terlepas dari reaksi umat Islam sendiri. reaksi tidak sekedar berhenti dari umat islam, namun juga merembet dengan pemutusan kontrak atau di cekal dari daerah tertentu, Apakah permintaan maaf dari komedian tersebut dikarenakan unsur pemutusan kontrak atau karena boikot umat islam? bagaimana boikot menjadi cara paling efektif untuk menyalurkan reaksi penolakan. 

Secara pribadi sebagai umat muslim tentu geram dengan aksinya, namun apakah lantas tidak membuat kepala menjadi dingin. Tersebab itu pasti ada hikmah dari Maha Kuasa atas peristiwa ini.  Melihat cerita sahabat Rosul, Boikot pernah terjadi bahkan kepada sahabat rosul sendiri, Yaitu di kisah perang Tabuk berikut cuplikan kisahnya 

Tabuk adalah sebuah kota strategis yang berada di antara Damaskus dan Madinah. Kemungkinan bahwa Madinah akan diserang sangat besar, karena hasil perang Mu’tah yang masih menggantung. Apalagi, komandan Bizantium masih berada di tanah Syam. Oleh karena itu, Rasulullah memanggil para sahabatnya untuk pergi ke Tabuk dan memeriksa kondisi di sana.

Saat itu adalah bulan Rajab dan cuaca amat panas. Orang-orang sedang berada dalam kesulitan karena kekeringan yang parah. Sangat sedikit tanaman dan buah-buahan yang dapat dibudidayakan dan dipanen. Para sahabat tetap memenuhi panggilan jihad, meski dalam kondisi sulit.
Akan tetapi, ada beberapa orang munafik yang tidak memenuhi panggilan jihad tersebut. Rasulullah Shallallahu ‘alayhi wa sallammendengarkan alasan-alasan palsu mereka.Meski mengetahui dusta mereka, Rasulullah meminta pengampunan Allah bagi mereka dan membiarkan hati mereka dinilai langsung oleh Allah.
Salah satu orang beriman yang tidak mengikuti perjalanan adalah Ka’b bin Malik. Ka’b bin Malik berkata jujur mengenai situasinya.Sebagai pelajaran, Rasulullah memerintahkan para sahabat memboikot Ka’b bin Malik dan dua orang Muslim lainnya, yakni Murara bin Ar-Rabi Al-Amri dan Hilal bin Umaiya Al-Waqifi yang juga tidak berangkat ke Tabuk.
Rasulullah memboikot ketiga Muslim beriman ini untuk membedakan mereka dengan para munafik yang tidak berangkat lantas membuat-buat alasan palsu. Rasulullah memberi pelajaran bagi ketiga Muslim beriman ini agar mereka mengetahui kesalahan mereka dan dapat bertaubat atasnya. Boikot ini berlangsung selama lima puluh hari.

Boikot adalah sangsi sosial. lantas bokot terhadap sahabat Rosul adalah tidak diperbolehkanya sahabat bertegur sapa kepada sahabat kaab dan 2 teman lainya. ini adalah cara agar para sahabat tersebut mengetahui kesalahanya, metode tidak bertegur sapa ini digunakan sebab kala itu persahabatan muslim begitu kuat melebihi keluarga. Dalam konteks sekarang boikot adalah tidak memberi ruang bagi pelaku untuk berinteraksi secara sosial yang nantinya berdampak ekonomi dan popularitas. Misalnya dampak dari boikot komedian uus adalah tidak diperpanjang lagi kontrak di salah satu acara stasisun TV begitu juga ernest di tolak di suatu kota dalam shownya, dan tidak diperpanjang kontrak dengan salah satu brand ternama. Drama ini pun berakhir dengan permintaan maaf. 


Kekuatan Jamaah dalam Boikot. 

Perlu di catat boikot sebenarnya bukan untuk menghancurkan karakter, figure seseorang melainkan memberikan sangsi sosial bahwa apa yang dilakukan pelaku adalah salah dalam kaidah bermasyarakat seperti menistakan, menghina, terlebih jika yang di hinakan adalah agama. sangsi sosial yang bisa menjadi sangsi ekonomi membuat aktor teresbut berfikir kedua kali jika ingin melakukanya dan diharapkan penyesalan dan permintaan maaf serta tidak ada pengulangan bagi aktor lainya. 

Tidak hanya public figure namun juga seseorang yang bergelar titel tinggi [menganggap ide pemikiranya kekinian (JIL)] perlu jamaah boikot caranya : 

- jika melakukan seminar jangan didatangi
- jika membuat film jangan di tonton
- jika membuat buku jangan di beli
- jika melakukan studi dan kajian jangan ikuti

semoga cara boikot seperti ini membuat para pelakunya jera 

Pelajaran sebagai seorang public figure

Menjadi popular dan sebagai tontonan seharusnya memberikan dampak positif bagi penontonya. maka dengan begitu tercipta nuansa nyaman dan damai dalam masyarakat kita. sekian

Sumber  : 
- akun @spesialisbedah https://pbs.twimg.com/media/C6Z0roDU8AA8Rm3.jpg:large
- Hidayatullah http://www.hidayatullah.com/kajian/oase-iman/read/2014/06/25/23904/islam-membolehkan-aksi-boikot.html

9 comments:

  1. nah, itu Tabuk kalau udah kena salju, dalam al-quran udah tanda kiamat

    ReplyDelete
  2. Semoga tidak terjadi kembali.. amiin

    ReplyDelete
  3. ngaco tuh si ernest, gua aja ga segitunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. maksud gua sebaiknya kita toleran terhadap sesama, gua sering jalan sama temen2 muslim sampai sekarang jadi rekan bisnis juga kalem2 aja.

      Delete
  4. Iya ya sanksi sosial semacam ini perlu. Para pelakuk kajahatan asusila kayaknya juga perlu diboikot tuh, terutama yang paedofil. Diboikot selama beberapa tahu, gitu.

    Btw, jawaban dari pertanyaan di blog saya, Mas: seahu saya di Bekas ada. Bisa di searching di website-nya. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pernah mendengar ucapan seorang kyai dalam ceramahnya. masa ini adalah masa menuju kejahiliahan, start awalnya adalah pelegalanan LGBT, masa berikutnya adalah pelegalan pedofili, dan masa berikutnya adalah pelegalan menikah dengan selain manusia. muungkin saat ini tertawa melihat semua itu, seperti awal2 dulu LGBT mencuat. semua ada dalam sejarah dan terulang kembali. semoga kita terhindar dari fitnah dunia ini.aamiin

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)