[Review] Cara Baru Sewa Kamar atau Rumah di Serumah.com

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ


Saat ini ketika perkembangan teknologi khususnya internet semakin pesat dan terjangkau. Mudahnya, segala sesuatu bisa di "Online" kan. Seperti mau pesan atau sewa mobil, ojek, makanan, sewa kantor dan rumah sekarang dapat dilakukan secar online. Ide yang menarik ketika Serumah.com ini menawarkan kemudahan dalam sewa menyewa rumah atau apartemen bahkan space atau kamar dalam rumah kita dapat juga di sewakan. Walhasil saya langsung memberikan referensi serumah.com kepada ibu mertua dan ibu saya di kota Malang dan Mojokerto untuk mengiklankan kamar dan rumah ortu saya. 

Awalnya saya menduga ide ini mirip dengan aplikasi online yang telah mendunia yaitu AirBnB. dugaan saya terjawab ketika sedikit me reivew nya yaitu mirip namun pastinya serumah membuatnya dengan lokal konten. Appreciate sekali dengan ide yang bagus ini karena selama ini saat ini ketika saya traveling bersama keluarga selalu mengutamakan kenyamanan dalam jalan-jalan. 

Mengapa saya tertarik dengan ide serumah.com, alasanya mungkin bisa mewakili kawan-kawan pembaca semua. :

1. Media Sosial Peran Utama dalam Penggerak Opini Masyarakat 

Mengapa media sosial saya sebut sebagai pemeran utama. yup karena dengan teknologi semakin terjangkau dan banjirnya informasi membuat tidak ada jeda waktu antara kejadian di berbagai tempat, semua saling terkoneksikan. Ketika kawan kita di suatu daerah tertentu mengunggah sebuah photo yang unik dan instagramable maka seluruh pertemananya pun ikut melihat dan menggiring opini berdasarkan apa yang kawanya uplod. Saling bertautlah dengan saling share informasi. Dengan cara inilah media sosial menggerakan opini Masyarakat 

2. Kecenderungan orang untuk Traveling terus meningkat.
"Lebih baik habiskan uangmu untuk jalan-jalan daripada sekedar hanya membeli barang dan nganggur di rumah" 
Ada yang pernah membaca adagium seperti diatas. Tidak perlu panjang lebar menjelaskanya. 

2. Perlunya Penginapan yang Terjangkau Namun tidak jauh dari destinasi wisata. 

anggapan bahwa ketika bertraveling ria atau tamasya, maka di benak kita adalah penginapan atau hotel. Benar sekali untuk beberapa tahun lalu, namun saat ini peran media sosial yang demikian kuat telah membuat pergeseran makna. Dari sewa hotel menjadi rumah, dari penginapan menjadi sewa kamar, tentunya semua kembali pada segmen masing-masing. Nah ide untuk memanfaat kan kebutuhan yang banyak serta mengambil segmen low cost menghadirkan alternatif usaha baru yaitu sewa kamar, sewa rumah dan cari teman untuk sharing cost. 

Mungkin itu adalah gambaran awal mengapa serumah.com hadir, ini hanya opini pribadi saja. Baiklah bagaimana jika kita coba mereview sedikit Apa ya menyebutnya - aplikasi jasa sewa rumah, kos dan share cost- 

1. Tampilan utama Web Serumah.com


kesanya simple seperti mesin pencari google atau mesin pencari lainya. dengan gambar utama 3 perempuan yang ngobrol renyah mengesankan nyaman dan homy banget. namun sayang gambar nya beresolusi rendah sehingga telihat pecah padahal belum di Zoom. ada catatan lagi bahwa web ini tidak atau jarang update, ketika pertama kali saya di minta pendapat terkait web ini sampai sekarang tidak ada perubahan berarti, perubahan hanya terdapat pada tambahan tulisan dan blog yang mengomentari seperti laman yang saya tulis ini. sebaiknya dari developer mulai menambahkan beberapa kolom semisal info terkait kota jogja sebagai destinasi wisata serta akses dan lain sebagainya. oh iya jika kata-kata cari room mate untuk mengesankan 3 perempuan diatas lebih baik di perjelas kembali gradasi warnanya. 

2. Logo Serumah.com 


Logo bagi sebuah perusahaan adalah wajib karena dapat memberikan jatidiri perusahaan begitu juga serumah.com, Kesan bentuk hurufnya oke namun pada pewarnaan yang biru muda seperti kalah dengan gambar 3 perempuan sedang mengobrol. dan kata "temukan teman sekamarmu" seakan hilang kesanya karena lebih tipis dan tidak terbaca. sebaiknya menjadi pertimbangan dalam warna dan hurufnya. 

3. 3 Layanan utama Serumah.com

Di layanan serumah.com ini terdapat 3 jenis yaitu 

Iklan Gratis

Sementara saya belum bisa memberikan review. saya akan update jika sudah mendaftar serumah.com

Cari Kamar Sewa
Untuk iklan gratis besar harapan saya mempunyai banyak sekali referensi, namun sayangnya ketika saya memilih kota misalnya malang, hanya terdapat 2 saja. Sangat disarankan untuk terus berpromosi selain kepada pembaca dan blogger seperti saya, juga kepada penyedia kamar dan berikan manfaatnya agar koleksi kamar semakin banyak dan beragam. selain itu jika ada team IT dan desain supaya dapat me remark photo agar terlihat lebih jelas dengan ukuran pixel tertentu dan tidak gelap dengan exposure dan brigtnessnya. 


Cari Room mate

Contoh laman yang saya blur kan
Cari room mate ini maksudnya adalah terdapat banyak list orang yang sedang mencari kamar atau rumah untuk berbagi tempat. Menurut saya coba untuk di buat lebih private lagi, apalagi mudah memberikan nomor telephon, menampilkan nama dan photo, karena saat ini banyak sekali cyber crime dan menrut saya lebih baik untuk amanya supaya di lebih secure agar sesama pengguna nyaman dan aman. Bagaimanakah dengan web ini jika ada orang iseng lantaran foto, nama dan nomor telepon yang dengan mudah di tampilkan di webnya. 

menurut saya sebaiknya nomor telepon hanya bisa di akses ketika sudah deal melalui perantara serumah.com sebelum deal walaupun sudah bisa log in pun tidak tepat jika memberikan informasi keruang publik. Pengalaman saya sendiri banyak sekali telp masuk dengan modus penipuan. 

Alhamdulilah sepertinya sedikit review ini saja yang bisa saya berikan terkait web serumah.com, Mohon di catat segala sesuatu kritik dan saran adalah untuk kemajuan web serumah.com saja, karena saya suka dengan kreatifitas dan saya sebatas membantu untuk kemajuan web serumah.com terus maju dalam kreatifitas. 😊

3 comments:

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)