Structural Analysis Computer System (SACS). Anak Teknik Kelautan Wajib Tahu

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ 


Kali ini saya ingin membahas tentang software yang menjadi wajib di pakai oleh anak Teknik kelautan, namun tidak menutup kemungkinan kawan-kawan di jurusan teknik sipil, teknik arsitek dan teknik perkalapan juga mempergunakanya. Karena tidak terlalu banyak yang membahas tentang software ini, tidak seperti STAAD PRO maupun SAP2000 yang banyak di bahas di dunia maya, oleh karena itu saya mencoba membuat tulisan tentang software yang powerfull untuk analisa fixed offshore structure. 
Penulis mengharapkan postingan ini bermanfaat bagi siapa saja dan bersyukur jika ada para senior engineer yang ingin menambahkan tentang apa saja berkaitan dengan software ini, baik informasi, tutorial maupun lainya. semoga post ini bermanfaat.

Secara sepintas memiliki keserupaan tipe dari software STAAD PRO dikembangkan oleh Bentley dan SAP2000 dikembangkan oleh CSI (karena ke 2 software tersebut sudah terkenal di kalangan anak teknik). Software ini menggunakan elemen truss atau elemen frame yaitu titik (joint) di gabungkan oleh garis (line). 
Terdapat grup yang membahas ini bisa di lihat di forum kasakusuk 
Tampilan SACS 5.2
User Interface
Sejak pertama kali mengenal  program ini yaitu SACS 5.2, sewaktu kuliah di kampus besar di Surabaya sekitar tahun 2007. waktu itu pengembangnya adalah Engineering Dynamic (EDI). user interface yang menurut saya kalah dengan beberapa software sejenis (STAAD dan SAP). Sehingga bentley harus mengeluarkan pesaingnya yaitu STAAD Offshore. Namun karena SACS software ini seakan telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari offshore engineer kala itu membuat Bentley mengubah strateginya yaitu mengakusisi SACS software. (software besar yang diakusisi selain SACS Maxsurf dan MOSES)

Terjadi perubahan yang signifikan terhadap user interfacenya. lebih terlihat user friendly dan ga bikin sakit mata.


Tampilan dalamnya seperti menggunakan type ribbon di office dan autodesk CAD.


Explore design alternatives for safe, cost effective offshore wind farm structures with SACS Wind Turbine. Save time with comprehensive, automated tools to determine environmental and mechanical loading response. Reduce risks with integrated analysis for predicting fatigue and extreme loads for substructures and non-linear foundations. Reduce runtime for the large number of time history simulations required for fatigue and strength analyses through distribution across multiple processor cores.
Read More +
Analyze offshore structures

  • Analyze offshore structures
Capabilities
    • ​Predict behavior of a platform or topside structure with comprehensive analyses, including full non-linear, dynamic, and impact effects. Use integrated modules to model pile-soil interaction and apply wind, wave, seismic, ship impact, dropped object, and blast loads.​​
- See more at: https://www.bentley.com/en/products/product-line/offshore-structural-analysis-software/sacs-wind-turbine#sthash.LKw7LZIR.dpuf
Software ini dapat Memprediksi karakteristik struktur lepas pantai (fixed structure) dan Topside Structure akibat dari gelombang lingkungan dengan analisa yang lengkap dan komprehensif. 

Kawan-kawan yang bekerja sebagai konsultan, kontraktor dan klien di bidang Oil and Gas familiar dengan software ini. karena memang sofware ini di khususkan untuk fixed offshore structure, walaupun tidak menutup kemungkinan pada penggunaan onshore. penambahan model seperti wishbone, marine growth, beban arus, beban gelombang, dropped object, ship impact, blast loads, seismic dan lainya.

Kalau mau belajar bagaimana ? 
Untuk belajar bisa gabung di grup di || kasakkusuk|| dan Insyallah sedikit demi sedikit nanti saya akan update tulisan mengenai software ini di blog saya. Saya pernah meng upload cara memodelkan hingga pembebanan bisa di lihat || tutorial ini ||

Untuk saat ini terdapat agen khusus untuk penjualan yaitu oleh PT. ZEE Engineering. silahkan jika ada yang ingin membelinya. 

Baiklah sementara hanya ulasan sedikit ini saja. Nanti akan di post mengenai cara mengoperasikan software ini. Terima kasih 😊

Sebagai Pembelajaran silahkan jika ingin  download di web berikut || ini || atau || disini ||

8 comments:

  1. Semoga postingan ini bermanfaat bagi dunia Teknik Kelautan. Saya senang lho melihat postingan2 seperti ini, yang membagikan hal dari sisi profesional ke blog. Meski saya tidak mengerti tapi saya sangat mengapresiasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mbak, Tujuannya ilmu yang saya dapatkan bisa saya share dan laman ini sebagai pengingat jika suatu saat terlupa. tujuan lainya ingin menggabungkan dunia blog yang menyenangkan dengan dunia engineering yang terkesan sistematis dan kaku, saat ini pun masih berupaya mempermudah dalam penyampaian agar bisa di terima semua kalangan. trims kunjunganya :D

      Delete
  2. semester depan ini saya sedang menmepuh tugas akhir mas, mohon di jelaskan step by step permodelanya. I'm totally new in this software. thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga bermanfaat, segera saya posting tiap pekan, semoga istiqomah, amiin

      Delete
  3. semoga banyak yang terbantu bang dengan postingan ini terutama mahasiswa kelautan

    ReplyDelete
  4. Terimakasih bnyk mas, kalau ada contoh2penggunaan software sacs mohon emailkan ya : jsp_sip@yahoo.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insyallah akan ada contoh-contoh pengerjaan dan akan di share di blog ini mas, mas bisa mendaftarkan emailnya jika berkenan

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)