Cerita kami di Kelas Inspirasi Bekasi 4 SDN Duren Jaya XII 2017

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ



Teringat guru saya dahulu saat usia kami seperti mereka, maka tak henti-hentinya saya mengingatkan, selain belajar yang rajin, disiplin juga jangan lupa menjaga adab kepada guru, terutama orang tua. karena kalian bisa menjadi apa saja tak lain dan tak bukan adalah karena doa-doa bapak ibu guru. Alhamdulillah terbayar cita-cita yang belum tuntas, yaitu sedikit memberi ruang yang tak hanya urung angan namun juga turun tangan.

Indonesia mengajar, siapa tidak mengenalnya? saya mengenalnya semenjak masih kuliah di tahun 2010, terbersit keinginan untuk turun tangan ikut tergabung di Indonesia mengajar namun saya urungkan karena selain waktu yang cukup lama, relawan harus mengajar selama setahun penuh. Kabar baik bagi saya karena Indonesia mengajar menelurkan program terbaru, tidak perlu waktu selama setahun penuh, tidak perlu meninggalkan keluarga, hanya cukup ijin kantor (cuti) satu hari namun akan menginspirasi selama hidup, yaitu kelas inpsirasi 😀.


Gagal Daftar karena Terlambat

Tercatat sudah lebih dari 3 tahun ikutan kelas inspirasi namun gagal lantaran selalu telat dalam pendaftaran, alhamdulillah di tahun 2017 ini walaupun telat 1 jam dari jam yang ditentukan yaitu pukul 24.00 akhirrnya ada email yang saya tunggu tunggu yaitu ucapan selamat telah bergabung menjadi relawan Kelas Inspirasi bekasi. Tidak mudah untuk tersaring menjadi relawan kelas inpirasi, karena selain ketat persaingan juga terdapat syarat bagaimana profesimu bisa diterangkan ke anak-anak SD. Alhamdulillah email saya baca secara detail mulai persiapan, technical meeting, hingga acara di hari inspirasi. saya sudah menjadwalkan untuk turut hadir di semua pertemuan.


Technical Meeting yang Terlewat

Technical Meeting atau sebutan briefing pertama ini menurut saya penting sekali lantaran di kegiatan tersebut ada pembagian SD mana yang akan di kunjungin relawan serta. Namun Qodarullah di hari technical meeting pertama untuk pembagian kelas, tips dan trik mengajar terlewat. Hanya karena salah lihat jadwal, nasib.. 😓 , dan baru sadar setelah saya di masukan ke grup Wassap. Di wassap teman-teman baru nampaknya sudah ada beberapa kali yang ikut kelas inspirasi, sehingga mereka lebih berpengalaman, sedang saya masih meraba-raba apa yang perlu dipersiapkan.


Survey ke Sekolah

Acara persiapan selanjutnya adalah untuk survey lokasi, survey ini bagi saya cukup penting karena kita bisa tahu medan saat mengajar nanti (maklum pengalaman pertama ngajar anak SD) semua harus di persiapkan. dari mulai skema pengajaran kelas, lapangan sekolah untuk upacara, acara flashmob (senam pagi saya menyebutnya), penempatan stiker cita-cita, dan penempatan spanduk kelas inspirasi.

Gladi Bersih H-1

Saat Berlatih Flashmob
Gladi bersih ini kami mempersiapkan pemasangan spanduk, pemasangan name tag jelang hari inspirasi besok yang bertepatan dengan hari senin tanggal 20 Nopember 2017. kami juga berlatih gerakan-gerakan flashmob (senam) untuk membuat nuansa menjadi berbeda dan menyenangkan


Bismillah Persiapan Materi telah siap!!

Semua materi pembelajaran saya diskusikan dengan menteri pendidikan keluarga (istri) untuk diajarkan, bagaimana ketika first impression anak saat pertama melihat saya, membuat anak fokus melihat kita, bagaimana membuat mereka berdaya. Saya memperkenalkan profesi sebagai insinyur secara umum dengan 2 bahan simulasi yaitu membuat sebuah jembatan dan membuat gedung tinggi. karena khawatir kehabisan ide cerita di  30 menit ini, terlebih lagi ketika anak masih duduk di kelas 1 sampai 3, namun saya optimis dengan pengalaman menjadi badut di keluarga, InsyAllah bisa teratasi.


Upacara Bendera


Kami mulai upacara bendera tepat pukul 07.00, ada 2 inspirator yang telat hadir dan akhirnya menunggu di luar pagar. perkenalan kami lakukan satu persatu, kalau mau tau siapa saja mereka, simak di Kenalan yuk super team KI-Bekasi 4 SDN Duren Jaya XII. Setelah upacara bendera, seperti rutinitas kelas inpirasi adalah menari flashmob, flashmob ini dibuat untuk khusus untuk kelas inspirasi. keren


Inspirasi di kelas 5A

Pertama kali mengajar
Kelas 5A cukup rapi dan anak-anak terkesan sudah bisa diatur, alhamdulillah (terbayang ketika suasananya riuh dan saya tidak bisa mengkontrolnya). sikap sempurna dan mantab ketika saya menyapa dengan salam (assalamualaikum) langsung membuat nerveous saya menjadi hilang. dan materi yang saya sampaikan luar biasa membuat mata mereka berbinar. Kebetulan kelas 5A kebagian petugas upacara, sehingga saya share dikit pengalaman menjadi petugas upacara dari kelas 4-6, kelas 1-3 smp dan kelas 1-2 SMA (he he) lumayan, dan respon mereka antusias sekali. Alhamdulillah masuk di dunia anak-anak.Saya menyiapkan 3 simulasi tentang ke insinyur-an namun karena kehebohan dan keaktifan mereka, cukup 2 saja. itupun saya harus minta ijin mengambil 5 menit dari jam olahraga bereang mereka untuk acara closing. yang paling berkesan ketika menempelkan stiker cita-cita, mereka punya cita-cita seorang guru (pendidik), berandai-andai, kalau suatu saat nanti mereka bisa menjadi seorang guru, Insyallah Indonesia semakin baik ke depanya. Hal yang lucu yang saya dapatkan adalah, "nanti bapak ikut berenang kan", "besok datang lagi kan?". he he


Inspirasi di Kelas 2A


Jeng..Jeng.. kelas selanjutnya adalah kelas 2A, kelas 2 merupakan kelas transisi antara kelas 1 (banyak mainya) ke kelas 3 (udah mulai serius sekolah), walhasil saya di perlihatkan intensitas kelucuan yang ekstreem dari kelas 2. Awal saya mengucap salam, di jawab dengan walaikumsalam yang cukup keras tiiiing, bunyi telinga saya berdenging,, he he. Materi pertama yaitu membangun jembatan, mereka langsung kedepan semua sampai hampir sulit saya mengontrolnya. Sadar bukan karena materi yang membuat bersemangat, namun saya membawa model mobil-mobilan anak. . Simulasi ke 2 membangun gedung, anak-anak didepan yang meja saya pinjam mulai cemberut dan berkata "mejanya doang di pinjam, aku ga pernah ditunjuk". 😂. sang dokumentator datang dan beri kesan, kelas lu rame terus ya.. ha ha.. Dari semua itu, saya bersyukur karena tidak ada anak-anak yang bertengkar wabil khusus anak yang e'ek di celana. alhamdulillah.. alhamdulillah..


Inspirasi di kelas 3C

Keseruan di Kelas 3C

Setelah istirahat siang, kami melanjutkan materi, sekarang adalah kelas 3C, tak kalah seru dengan kelas lainya, kelas 3C ini kelas yang menurut saya keren banget, semua materi sebelum saya terangkan mereka bisa menjawab dengan lancar, cara membangun jembatan, membangun gedung dari gelas mereka bisa tanpa di beritahu. salut buat kelas 3C.


Ibu Guru Yang Penuh Inspirasi

 
Pahlawan Sejati
Waktu materi selesai, sedih harus segera berpisah, namun apalah saya yang hanya mengajar sehari saja, berbeda dengan bapak ibu pengajar di SDN ini, mereka setiap hari memberikan nilai-nilai, mendidik agar kelak semua menjadi insan yang mulia, berakhlakul kharimah dan selalu tawadhu  dalam menghadapi hidup. amiin amiin. Teringat guru saya dahulu saat usia kami seperti mereka, maka tak henti-hentinya saya mengingatkan, selain belajar yang rajin, disiplin juga jangan lupa menjaga adab kepada guru, terutama orang tua. karena kalian bisa menjadi apa saja tak lain dan tak bukan adalah karena doa-doa bapak ibu guru. Alhamdulillah terbayar cita-cita yang belum tuntas, yaitu sedikit memberi ruang yang tak hanya urung angan namun juga turun tangan. Insyallah kesempatan berikutnya akan saya sempatkan untuk ikut kembali. Terimakasih buat semuanya. 


Super Teams

Inilah wajah wajah super teams Kelas Inpirasi Bekasi 4, terimakasih buat mereka yang rela menempuh perjalanan jauh dari bogor, dari cikarang, dari jakarta. Dimanapun kalian berada, sukses buat kalian dan terus menginspirasi kepada siapapun. 


 
Super Teams
Dari Kiri ke Kanan, Ibu Sedhu Palupi, Ibu Iis, Ibu Ella, Ibu Puput, Ibu Rara, Ibu Woro, Bapak Radith, Bapak Sodiek, Bapak Salman, Bapak Omind, Saya, Bapak Kun, Bapak Dewa

Nah mengenai profil mereka, saya akan ulas di post berbeda, luar biasa menarik dan alhamdulillah saya dipertemukan dengan orang-orang hebat seperti mereka. Salam Semangat. Tepuk Becak 😉


* Spesial thanks buat Pak Radith dan Bu Sedhu sebagai Dokumentator selama kegiatan, semoga amal ibadah di terima di kedua belah pihak, amiin 

11 comments:

  1. Keren Mas,

    Tiap kota beda ya jadwalnya.

    jadipingin ikut. hehaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yud, kebetulan sukabumi mau ada tuh, yuk ikutan bareng, he he

      Delete
  2. Wah seru banget ya kak Ichank...luar biasa....keren pak guru satu ini, multi tasking banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, ini mah kurang kerjaan banget mas omind, tapi karena berkesan banget, jadi kudu di tulis. he he

      Delete
  3. Ajarin nulis dong 👍👍
    Keren.. kayaknya masih utang nulis profil masing masing hehehe 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. nulis mah, tinggal nulis aja mbak, he he, kalau mau bikin blog, bisa aku ajarin :D

      eh iya jadi ingettt. wkwk

      Delete
  4. Mantap Bapak Afrizal ini, KI Bekasi 4 Ngena banget ya... Semoga bisa ikut berpartisipasi lagi di KI Kota lain...

    ReplyDelete
  5. Pak Afrizal, mantap. Jadi terharu nih bacanya... semangat terus, sampai ketemu di kelas inspirasi selanjutnya. Anak Indonesia, BISA!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap pak kun, semoga kita bisa berkontribusi kembali. amiin

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)