Menulislah, Karena Kamu Seorang Muslim


menulislah wahai saudaraku, karena dengan menulis maka engkau ada, dengan meninggalkan jejak dalam tulisan. Setinggi apapun pendidikanmu, tanpa menulis sulit untuk diketahui setelah ajal menjelang. Tidakah kamu tahu, bahwa benda yang pertama kali di ciptakan oleh Allah SWT adalah Pena.

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Menulislah wahai saudaraku, karena dengan menulis maka engkau ada, dengan meninggalkan jejak dalam tulisan. Setinggi apapun pendidikanmu, tanpa menulis sulit untuk diketahui setelah ajal menjelang. Tidakah kamu tahu, bahwa benda yang pertama kali di ciptakan oleh Allah SWT adalah Pena, dalam sebuah hadist, Rosul bersabda :


“Yang pertama kali Allah ciptakan adalah al-Qalam (pena), lalu Allah berfirman kepadanya: ‘Tulislah!’ Ia menjawab: ‘Wahai Rabb-ku apa yang harus aku tulis?’ Allah berfirman: ‘Tulislah taqdir segala sesuatu sampai terjadinya hari Kiamat.’”
(HR. Abu Dawud [no. 4700], Shahih Abi Dawud [no. 3933], at-Tirmidzi [no. 2155, 3319], Ibnu Abi ‘Ashim dalam as-Sunnah [no. 102], al-Ajurry dalam asy-Syari’ah [no.180], Ahmad [V/317], Abu Dawud ath-Thayalisi [no. 577], dari Sahabat ‘Ubadah bin ash-Shamit Radhiyallahu ‘anhu, hadits ini shahih). (Silahkan lihat buku Syarah ‘Aqidah Ahlus Sunnah wal Jama’ah, tulisan Ustadz Yazid bin Abdul Qadir Jawas halaman 377).

Kaitanya adalah, pena merupakan pintu gerbang ilmu. Menulis adalah berpikir tentang susunan yang koheren dan sistematis, agar pesan dalam tulisan tersampai bagi para pembaca. Menulislah para penggerak kebaikan. Karena dengan menulis dapat merubah pikir masyarakat. Kita sedang di busuki oleh pemikir-pemikir kaum orientalis, mereka membusuki dengan cara menulis. gaya mereka begitu indah dan lincah dalam bahasa. dengan selipan bahasa yang tidak baku dan umum bagi masyarakat membuat beda bahwa mereka adalah kaum modernis. Sedang kami di pandang sebagai gagap literasi. Karena kalah dalam jumlah tulisan. 

Ketika para orientalis ini telah mengusai dunia tulis-menulis, mereka dengan mudah membuat premis, analogi serta simpulan sesuai kehendak mereka. Maka di butuhkan gerakan menulis untuk mencerahkan dengan berbagai sudut pandang. Budaya menulis telah ada sejak jaman salafusholih, maka mengapa kita lalai. Yuk ah jangan kasih kendorr 😃

Menulis bisa di mana saja, bahkan di jaman media semacam ini kita bisa dengan leluasa menulis, Bikin. 


NGEBLOG juga Menulis

Bagi saya, awal mula suka ngeblog adalah karena ingin berbagi apa saja, termasuk di blog ini tidak satu bahasan saja. Sampai saya membaca tentang pentingnya menulis bagi seorang muslim.  Salim A. Fillah dan merasa bahwa menulis adalah dakwah di media. Bukan maksud menggurui namun ingin berbagi sedikit yang saya tahu, Jika ada kawan yang tau, ayo kita berbagi demi kebaikan Indonesia. 

Sumber Gambar. 
Pixabay dengan ID : Pexels

22 comments:

  1. Tetap semangat nulis ya mas... Semoga di 2018 ngeblognya pun semakin semangat...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahay, bismillah semoga diberikan keluangan waktu. aamiin

      Delete
  2. Makin semangat menulis walaupun belum bisa disebut penulis yang baik, masih belajar :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak semoga bisa konsisten dengan konten yang positiv untuk memberikan wawasan ke masyarakat.

      Delete
  3. Semangat bos sampai tulisanmu terbit dan jadi best seller.

    ReplyDelete
  4. Waaahhh jadi makin semangat nulis deh :')

    ReplyDelete
  5. Dengan ngeblog, tulisan kita akan dengan mudah tersebar ke khalayak ya Mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, dan juga menjadi penggerak masyarakat secara tidak langsung

      Delete
  6. Setuju!
    Kadang kita gak tahu, kapan tulisan yang dianggap remeh, bisa jadi isnpirasi untuk orang lain. Yosh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, sekarang ini indonesia sedang di cekoki banyak micin, jadi blogger2 lah dapat menjadi rujukan informasi.

      Delete
  7. setuju. semoga kita tetap istiqomah berkarya ya mas. Menghasilkan karya-karya dengan konten positif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, konten positiv dan selalu mencerahkan

      Delete
  8. Menulis blog, diary, skripsi, thesis, juga termasuk menulis.. semoga kita ga berhenti menulis sepanjang hidup

    ReplyDelete
  9. Salah satu alesan saya buat ngeblog juga sebenernya karena ingin meninggalkan sedikit "jejak" di dunia maya. Dulu dikompor-kompori sama temen, kalau bisa nulis yangg bermanfaat, biar bisa jadi ladang amal / ibadah buat kita.

    Tapi kadang setelah nulish dan publish tulisan di blog, terus dibaca-baca lagi, suka merasa kalau tulisanku belum terlalu bermanfaat buat orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum tentu bermanfaat buat kita tapi belum tentu buat orang lain kan. ha ha saya juga sama sih, tapi biasanya saya buka-buka lagi dan saya revisi, buku yang cetak aja ada revisi, masa sekedar coretan blog ga ada. he he

      Delete
  10. waaa abis baca ini, merasa beruntung sekali ami punya blog hehehe

    ReplyDelete
  11. Karena menulis adalah jalan menuju keabadian.. #tsah :)

    ReplyDelete
  12. Menulis, jadi hobi saya sejak bisa nulis😊😊
    Sepemikiran sama mas afrizal, menulis itu penting, udah gitu asyik dan nyenengin

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)