Tips Libur Singkat Weekend 2 Hari di Balikpapan




Balikpapan adalah salah satu kota besar di Kalimantan. Disebut sebagai kota Minyak membuat kota balikpapan maju dari segi infrastruktur dan juga kesadaran masyarakat akan pentingnya ekosistem alam. Para wisatawan luar negeri dan domsetik pun tertarik untuk datang ke kota ini. Bagi para pelancong yang memiliki waktu sedikit yaitu weekend (sabtu-ahad) seperti saya tidak banyak meng eksplore keindahan Balikpapan. Namun demikian, dengan adanya media sosial kita dapat mencari tahu, tempat mana saja yang perlu kita datangi dengan hanya 2 hari saja. Menjadi PJKA (Pergi Jumat kembali Ahad)


Berikut ini destinasi alternatif yang bisa di kunjungi saat weekend saja. 
1. Pantai Manggar


Tempat Wisata pantai Manggar di Balikpapan ini termasuk unggulan di balikpapan. Pantai ini tidak pernah sepi pengunjung. Kalau Hari libur tiba, sekitar balikpapan akan datang beramai-ramai kesini. Nuansa pantai yang ramah keluarga ini membuat nyaman siapa saja yang membawa putra-putrinya. Di pinggir pantai terdapat banyak warung makan yang menyajikan aneka kuliner laut yang fresh. Segar dan manis. Untuk dapat memasukinya, Harga tiket juga murah. Jadi kalau kawan mau berlibur bersama keluarga yang ramah anak. Pantai Manggar bisa menjadi alternatif liburanmu. Di tempat ini kawan bisa menghabiskan hari 1 hari. Lokasinya sekitar 20 km dari pusat kota Balik papan. Kawan bisa menempuhnya dengan menggunakan mobil Sewa. Kabar baiknya saat saya datang Balikpapan, Telah tersedia Taksi online, Sehingga semakin memudahkan bagi wisatawan yang datang.
2. Menikmati Hutan Mangrove di Balik papan


Tempat wisata hutan Mangrove di Balik papan ada 2, yaitu Hutan bakau margomulyo dan Hutan Bakau Graha Indah. Saat kami berkunjung Hutan bakau Margomulyo ini tutup sehingga kami mengunjungi hutan bakau graha indah. Di graha indah kami amaze melihat nuansa alam dan rerimbun hutanya. Disini kami bisa melihat bekantan di pinggir sungai sedang mencari makan. Ternyata di kalimantan yang terkenal dengan kota minyak menyimpan ragam fauna yang langka. Bekantan ini memiliki habitat asli hanya di Borneo yaitu Kalimantan, Malaysia, Brunei. Tulisan ini pernah saya ulas di Menikmati Hutan Mangrove dan bekantan di Balikpapan. Di hutan ini start dari pick point sampai selesai perjalanan membutuhkan waktu 4 jam normal. Namun jika ingin mencari bekantan, membutuhkan waktu lebih lama lagi. Puas sekali seharian menikmati rindangnya hutan mangrove ini. 

Di Kalimantan sebenarnya cukup banyak lokasi yang bisa di jangkau, namun kami perlu perhitungan dengan jadwal sehingga cukup 2 destinasi ini. Suatu saat jika berkunjung kesana, saya ingin explore lebih banyak kembali. Selain destinasi wisata tersebut juga terdapat tempat seru lainya. 
3 . Ocean Resto




Ocean Resto ini berlokasi cukup dekat dengan Lokasi mangrove diatas. Kami datang sebelum maghrib tiba, Lokasi di bibir pantai membuat nuansa makan menjadi romantis. Cocok banget ini kalau mau melamar seseorang. haha. selain itu makanya juga enak. Saran untuk pelayanan yang memuaskan, sebaiknya datang menghindari waktu makan tiba. Karena banyaknya pengunjung membuat pelayananya overload. 


Tips Libur Singkat dan Hemat Weekend 2 hari Selama Di Balikpapan

Cukup singkat padat namun berkesan ketika liburan di Balikpapan ini. Saya ingin berbagi tips kalau kawan ingin berkunjung ke suatu daerah, manfaatkan juga untuk berkunjung ke suatu yang unik dan menarik. Berikut ini Tips nya. 

1. Atur Jadwal dan Beli Tiket Jauh Hari 😋

Mengatur jadwal ini penting saat kita akan melakukan kunjungan kesuatu tempat tertentu, baik karena pekerjaan, urusan keluarga, ataupun lainya. Nah sebaiknya jika tidak mendadak lebih baik untuk mengatur jadwal kapan waktu beli tiket, saran saya belilah tiket jauh-jauh hari dan refundable dan flexible dan bisa lebih murah . sehingga jika mendadak tidak bisa berangkat, kita bisa refund atau diganti hari lainya.

2. Cari Lokasi Wisata yang Sesuai jadwal 😉

Kalian bisa mulai mencari lokasi wisata yang dapat disesuaikan dengan jadwal, mulai dari jaraknya, jam buka, harga tiket dan lain sebagainya, intinya tidak mengganggu jadwal pergi dan pulang atau jadwal kalian yang telah disepakati.


2. jadilah PJKA (Pergi Jumat kembali Ahad) 😏

Untuk menghindari cuti kantor, saya biasanya berangkat hari jumat dengan penerbangan setelah jam kantor atau jika menggunakan kereta juga di malam atau sore hari. dan kembali hari ahad. sehingga cuti tidak terpotong, dan jalan-jalan tetap bisa dinikmati. 

3. Menghemat Biaya Penginapan 

Jika perjalanan pribadi yang juga perlu rogoh kocek untuk menginap, sebaiknya kalian mencari teman seperjalanan untuk bisa share-cost biaya penginapan. Atau kalian punya kenalan, saudara di tempat yang kalian akan tuju, ijin silaturahmi dan menginap semalam. Di komunitas backpacker, blogger dan lainya, cukup banyak teman-teman yang menggunakan cara ini. Selain bisa silaturahmi juga menghemat biaya penginapan kita. Kalian kalau berkunjung ke Jakarta dan sekitarnya bisa kontak menghubungi saya. 


45 comments:

  1. Josh, pilih yang nomor dua, Seru banget menikmati hutan mangrove...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mass, aku mau kesana lagi kalau ada kesempatan

      Delete
  2. Asyik ya kalau hutanMangrove bisa dijadikan wisata begitu. Bagian pinggiran Sidoarjo yang dekat laut juga mangrove, karena dulunya daratan Sidoarjo berupa delta. Tapii cuma dijadikan jalur transport untuk nelayan saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener mbak, di sidoarjo juga banyak, dulu lumayan sering di sidoarjo, karena asli saya mojokerto, dan kuliah di surabaya. Di surabaya juga ada di mangrove wonorejo. bagus juga disana. ah kangen kota kenangan ha ha

      Delete
  3. boleh tu Ocean Resto, buat tempat ngopi dan cari inspirasi.

    ReplyDelete
  4. Pengen banget itu ke pantai yang punya pasir putih lagi. Secara pantai di daerah Purworejo, pasirnya warna hitam semua. Hehe.
    4 jam di atas perahu mas? Lah, apa ngga bosen itu?
    Tapi asyik, bisa lihat bekantan secara langsung.

    Oke, dapet singkatan baru. PJKA.
    *Catet*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai kalau buat di photo emang terlihat bagus, iyup 4 jam, itu dengan banyak drama, liat bekantan-berhenti, liat sampah berhenti buat diangkut, macam-macam jadi ga bosen

      Delete
  5. Ocean restonya keren skali. Bolehlah kapan2 ke sana kalo ke Balikpapan

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya keren karena di pinggir laut dan nuansa ombak

      Delete
  6. suka kalau melewati mangrove, rasanya dingin, tenang, dan hijau. udaranya segar.

    ReplyDelete
  7. kapan saya dapat undangan mampir mas? hehehe

    ReplyDelete
  8. ocean resto vintage banget ya, ami sukaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak, biasa buat candle night dinner kalau malam

      Delete
  9. Mengatur jadwal aku rasa memang penting, terlebih tempat penginepan. Tapi kalau ada Mas Afrizal, sepertinya aman kan soal nginepnya..wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran nih..hehe
      Udah aku follback juga ya, Mas..
      Oh, ya ajarin dong kasih background warna di postingan gini. Siapa tahu dilain waktu mau ngikutin..he

      Delete
    2. oke mas trimakasih. oh aku cari di google dengan kata kunci cara merubah background blogspot.

      - aku lupa ada yang di ubah ga di template blognya,

      - coba waktu mau post buka kode htmlnya, semoga langsung bisa
      pastekan kode berikut.

      <#iv style="background: rgb(250, 245, 103); padding: 10px; text-align: justify;">
      "tambahkan kata kata mas "

      rubah "tambahkan kata kata mas"

      untuk warna background bisa di paste link ini di browsernya
      https://www.google.co.id/search?q=rgb(250%2C+245%2C+103)&oq=rgb(250%2C+245%2C+103)&aqs=chrome..69i57.638j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

      semoga berhasil ya

      Delete
    3. #iv digantin div

      sp#n diganti span,

      karena buat kode html di kolom komentar tidak bisa di baca. semmoga berhasil :)

      Delete
    4. duh ada yang kurang, susah juga kalau di kolom komentar, saya summarykan ya



      <#iv style="background: rgb(250, 245, 103); padding: 10px; text-align: justify;">
      "tambahkan kata kata disini"

      rubah "tambahkan kata kata mas"

      untuk warna background bisa di paste link ini di browsernya
      https://www.google.co.id/search?q=rgb(250%2C+245%2C+103)&oq=rgb(250%2C+245%2C+103)&aqs=chrome..69i57.638j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

      rubah "tambahkan kata kata mas"

      untuk warna background bisa di paste link ini di browsernya
      https://www.google.co.id/search?q=rgb(250%2C+245%2C+103)&oq=rgb(250%2C+245%2C+103)&aqs=chrome..69i57.638j0j7&sourceid=chrome&ie=UTF-8

      semoga berhasil ya

      Delete
    5. Oke terima kasih, Mas..
      Next time kalau lagi pengen rubah, aku praktekin caranya..
      Terima kasih lho, Mas..

      Delete
  10. Saya lebih suka wisata pegunungan atau hutan, yang banyak pepohonan lah pokoknya. Hehehe. Hutan Mangrove-nya seru kayaknya ya buat refreshing sekaligus bertualang.
    Makasih juga tips-tipsnya, Mas :)

    ReplyDelete
  11. belom pernah ke Balik papan.. semoga ada kesempatan main ke hutan mangrove-nya hihi, amiin

    ReplyDelete
  12. Wkwkwkwk...
    Klo lagi ngebolang sama temen-temen kantor, seringnya gitu tuh, jadi PJKA.

    ReplyDelete
  13. Ocean resto nyaaaaaa kereeen! Wedding propose kek nya mantap tuh. Nongki-nongki tampan, sambil hunting sunset, #mupeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, maksudnya buat nembak cewek mas? pasti langsung...

      Delete
    2. Buat say will you marry me hahaha

      Pasti langsung ...

      Delete
  14. Tipsnya boleh banget neh. Duuh jadi pengen balik ke Balikpapan lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya banyak lokasinya, berhubung cuman weekend, jadi segitu saja, semoga kalau kesana lagi bisa nambah tulisan lagi.

      Delete
  15. Balikpapan ... suh jadi kangen saya, dulu pernah tinggal di sana 6 tahun. Itu wisata hutan mangrove aja kayanya blm ada waktu itu hehe

    ReplyDelete
  16. Pergi jumat kembali ahad,, sering bngt, malah ahadnya mlm jd smpe jkt pagi dan lngsung kerja

    ReplyDelete
  17. Duh jadi kangen kaltim, tempat dimana aku besar. Liat sungai jadi ingat uaya muara di kutai timur yang banyak menguasai perairan nya mas behe

    Salam kenal mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya katanya saudara ku, pas susur rawa ini di bilangin hati-hati karena ada buaya muaranya.

      salam kenal mas, blognya kece badai, terancam terfollow sayah. ha ha

      Delete
  18. Kalau mau cari bekantan, ya cocoklah main ke hutan bakau ini.
    Yang saya penasaran itu kondisi taksi online di Balikpapan. Apakah di Pantai Manggar juga banyak mangkal taksi online?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lokasi yang kami tuju hutan bakau ini adalah di graha indah, dan letaknya masih di kota balikpapan, Taksi online banyak kak. :)

      Delete
    2. di pantai manggar walau tidak banyak, tapi ada saja taksi mangkal disana.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)