Tips Transfer Beda Bank Jaman Now yang Bebas Biaya


Sumber : Pixabay ID. FirmBe

Saat ini transfer beda bank bagi sebagian orang menjadi hal yang biasa. misalnya seperti transfer biaya sekolah (kuliah), Transfer ke teman. Dahulu waktu kuliah saya sering transfer ke temen karena nitip potokopi buku, membayar iuran himpunan, UKM dan lainya. Walaupun jumlahnya kurang dari 100,000 tapi karena bank nya berbeda, ada tambahan biaya sebesar 5,000 (saat itu) [buat mahasiswa 5000 bisa beli nasi pecel lauk telor 😒]. 

Saat ini ketika sudah berkeluarga. Saya memiliki beberapa bank, sebut saja bank besar seperti Mandiri, BNI, BTNS, Muamalat, dan BSM. Mengapa sebanyak ini? Ceritanya, BNI ketika itu wajib bagi mahasiswa, saat sudah bekerja sayang kalau ditutup. Saya membuat baru karena permintaan kantor yaitu Mandiri. Selanjutnya ketika sudah menikah, BSM saya pilih karena untuk pegangan istri,  selain syariah juga dekat dengan kontrakan. dan terakhir BTNS dan Muamalat karena saya ingin tanpa biaya bulanan, dan BTNS dapat digunakan untuk Paypal. Dari semua ini saya membagi pos-pos keuangan berdasarkan kebutuhan. saat ini biaya transfer seharga 6500 men. dan sekali transfer saya harus menambah ongkos sebesar 26000 [lumayan bisa membeli pulsa simpati isi 25ribu kan]. Apalagi saya sering transfer karena lain hal misalnya pembayaran beli produk teman ke bank BCA dan lainya. Ah mengapa selalu terkena potongan ya. 

Di tahun 2016 lalu saya diperkenalkan dengan tips cara transfer beda bank bebas biaya oleh kakak saya. Karena waktu itu memulai berjualan otomatis gencar transfer berbeda bank. Waktu itu saya ga percaya 
APA ITU FLIP



Flip adalah sebuah aplikasi transfer bank dengan gratis. Di buat oleh seorang mahasiswa Universitas Indonesia bernama Rafi Putra Arriyan, bersama 2 rekanya di Agustus 2015. Menurut saya ide aplikasi ini jenius, karena mereka dapat menyelesaikan problem besar masyarakat dengan cara sederhana yang rata-rata terlewat oleh pengembang aplikasi lainya. Bayangkan saja Masyarakat di bantu menghemat pengeluaran sebesar 6500 per transaksi, kalau 1 orang, kalau satu juta orang ?. Rugi ga sih Banknya? nggak dong, tapi paling tidak kita bisa menghemat dengan cara yang cerdas. 

Di situsnya Flip.id Aplikasi ini telah membantu menghemat 300Milyar (saya daftar 4 bulan lalu, dan sekarang 1000 Milyar [sumber Web site Flip.id]) dana nasabah lewat transfer beda bank. Simple but great Impact.  

Melihat cerita sukses mereka, awalnya seorang mahasiswa yang ingin menghemat transfer beda bank, buatlah mereka sebuah sistem antar mereka sendiri dengan hanya bermodal google spreadsheet dan di isi secara manual. jadi mereka harus punya cadangan uang di rekening (misal Mandiri dan BCA) dan kemudian ketika ada teman yang ingin transfer beda bank BCA ke Mandiri, mereka cukup mengisi form google spreadsheet dan mentransfer sejumlah uang ke BCA Rafi dan oleh Rafi di transfer dengan bank Mandiri (milik Rafi) ke Bank Mandiri sesuai permintaan teman tadi. semakin banyak yang termanfaatkan oleh jasa ini, akhirnya banyak yang mendaftar, sistemnya sangat sederhana yaitu saling percaya. sampai akhirnya...

Cobaan itu datang ketika jumlahnya nasabah semakin banyak dan Rafi di undang oleh Otoritas Jasa Keuangan untuk presentasi. Pihak OJK terbelalak melihat deretan transaksi yang lewat ke rekening begitu fantastis (kurang jelas berapa jumlahnya) berakhir pihak OJK meminta menutup jasa ini sampai mereka memiliki ijin dari BI. sempat frustasi dan ingin menutup jasa ini. Alhamdulillah Allah SWT membuka jalan dengan di beri pendamping perijinan tersebut. Banyak sistem yang di rubah, mulai dari sistem aplikasi yang awalnya google spreadsheet menjadi aplikasi profesional, mengurus ijin usaha, sampai otentifikasi data ktp dan photo calon nasabah yang mendaftar. Akhirnya mereka punya ijin BI. yang membuat saya salut adalah hanya aplikasi mereka yang lolos ijin BI. 
CARA KERJA FLIP



Cara kerjanya adalah misalnya kita ingin transfer Dari BNI ke BCA. maka kita perlu transfer terlebih dahulu ke BNI punya FLIP, setelah itu FLIP akan melanjutkan transfer dari BCA flip ke BCA tujuan kita. Simple kan. Untuk saat ini Bank yang bekerjasama dengan FLIP adalah lihat gambar di bawah ini. 



Siapa yang Diuntungkan


Hemat ya

Kalau melihat siapa yang diuntungkan, semuanya untung. 

Nasabah (Kita) : kita diuntungkan dengan bebas biaya transfer dengan maksimum plafon  5 juta perhari

FLIP.ID : Flip mengambil untung dengan memberikan beban layanan sebesar Rp 2,500 ketika transfer kita melebihi limit 5 juta per hari (tetep masih lebih murah dari bank ya). Maksimal saat ini yang bisa di transfer oleh flip dalam sehari adalah 25 juta rupiah. 

Bank : Bank udah untung dari banyak hal, jadi ga perlu di bahas 😏
Cara Daftar

kita cukup ikuti petunjuknya saja, bisa di buka di FLIP.ID atau download aplikasinya di Google play dan IOS (udah ada belum ya). 

Hal yang sedikit butuh kesabaran adalah melakukan otentifikasi, kita perlu ke indomaret bertanda khusus untuk mengirimkan nomor konfirmasi dan mengirimkan photo. Ini memang salah satu persyaratan BI, alasanya menghindari pihak-pihak tertentu dalam pencucian uang dan tindak kejahatan lainya. 
Saran Buat FLIP.id

Beberapa saran buat FLIP dan semoga di baca adalah sebagai berikut 

1. Tambahin rekening BTN  dan BTNSyariah 

saran buat flip di buatkan rekening diatas, karena cicilan rumah sederhana sekali biasanya dari BTN dan BTN Syariah .karena  banyak orang termasuk saya yang masih nyicil rumah. 😝

2. Kembangkan terus karena banyak kompetitor akan masuk di ranah ini 

Pengembangan kudu terus di lakukan (entah kalian udah balik modal belum ya). Sementaara ini yang saya lihat adalah mulai adanya jasa isi pulsa. kalau bisa di tambah lunasin rumah pake flip (flip jadi dana talangan) dan tiap bulan saya transfer ke flip untuk cicilanya. (skema buat Murni syariah). (ini termasuk usaha buat lunasi rumah) haha. 


3. Perbaiki jeda transfer

Saat ini masih ada jeda transfer bergantung dari antrian transaksi yaitu maksimal 1 jam, biasanya 15-20 menit sudah tertransfer. Buat sistem yang bisa real time dalam mentransfer. 

Itu dulu saran dari saya semoga flip terus maju ya 

Ini bukan Post Promote yaa.

Alasan saya menulis ini adalah, ingin menyebarkan flip ke siapapun yang baca ini. karena Flip telah menghemat uang saya. ha ha. ndak juga ya tapi saya senang dengan ide ini. semoga flip terus memberi manfaat. 

salam.

39 comments:

  1. Wah nice info nih, baru tahu ada flip yang bisa jadi perantara tf beda bank tanpa potongan!

    Itu potongan-potongan bank kalo dikumpulin lumayan sih, dan saya pernah mengalami sebagai mahasiswa itu aduh uang 5000 aja bisa buat ganjel perut, lumayan banget.

    Coba dulu ada flip ya, hihi

    Ta saya coba mas flip nya! Makasih lho ...

    ReplyDelete
  2. Makasih referensinya yah keren banget nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, semoga bermanfaat, jangan lupa like share. :)

      Delete
  3. oooh... saya baru tau. hebat nih anak bangsa bisa menciptakan hal yg sprti ini. jadi meringankan saya jika harus transfer beda bank yg selama ini kena charge. makasih infonya :)

    ReplyDelete
  4. Flatform yang Indonesia Banget ini...
    Lumayan bisa memperkecil pengeluaran...

    ReplyDelete
  5. Keren! Oh iya mas itu btns buat Paypal gimana caranya? Pake kartu kredit kah? Atau bagaimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi ceritanya, Paypal sekarang bisa konek ke debit. Trus waktu mau aktifasi di minta transfer yg sejumlah tertentu, dari sekian banyak bank yg saya punya, hanya BRAND yg berhasil.

      Delete
  6. Wah, masyaAllah yah.

    Kemaren2 kalo transfer atau nerima uang gitu selalu minta tolong teman (yang bank nya sama), soalnya kalo gak terpotong 50rb (lumayan banget kan).

    Semoga kakak2 yang bikin aplikasi ini dihitung amal ibadah oleh Allah huehehe. Saya sebarkan supaya semua dapat manfaat!

    Thanks a lot for this useful article pak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya terpotong 5rb ya. Lumayan..

      Iya aplikasi seperti ini termasuk simpel tapi impact-nya besar

      Delete
  7. Wuah keren nih
    Beberapa agency ada yg pake flip. Benar tanpa potongan. Alhamdulillah dipermudah

    ReplyDelete
  8. Betul mbak. Untuk menyasar keuntungan flip mengarah ke pengusaha2

    ReplyDelete
  9. Nah ini nih. Dulu sempet mikir si Flip ini terus untungnya dari mana. Ternyata kalo lebih dari 5 juta per hari yaa. Baru tahuu. Huehueuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mas, salah satu programnya adalah Big Flip bagi para pengusaha

      Delete
  10. saya sering sekali transfer duit via ATM.. thanks for share y bang.. bisa di aplikasikan nih..

    ReplyDelete
  11. Tanpa potongannya itu bikin menarik :)

    ReplyDelete
  12. Pernah dengar tentang flip jg, tapi blm make karena rekening jg cuma 2 dan jarang transaksi,, paling transfer buat ortu doang

    ReplyDelete
  13. Terimakasih infonya baru tahu saya ada aplikasi transfer bank bebas biaya administrasi, saya soalnya termasuk yang serin transfer beda bank

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mbak. semoga bermanfaat mbak. maju terus karya anak bangsa

      Delete
  14. Saya dong pake digibank by DBS, gratis transfer dan tarik tunai kemana-mana, wkwkwkwk

    ReplyDelete
  15. keren nih inovasinya, bener-bener cemerlang, salut sama yang buat nih aplikasi. Memang benar mas, sekarang tranfer antar bank lagi rame banget. Dan kebetulan baca artikel ini, saya langsung nyoba daftar ke flip, kalau saya boleh katakan, nice deh.

    ReplyDelete
  16. Perlu juga nih saya juga sering menggunakan sms banking untuk transfer-transfer

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah bermanfaat sekali infonya, jazakallah khoir yaa...

    ReplyDelete
  18. Wah lumayan transfer antar bank bisa bebas biaya adm walaupun 2.500 tetap saja mending pilih yang bebas biaya seperti aplikasi Flip ini, jadi pengen nyoba

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)