Apa saja Yang Dipelajari di Teknik Kelautan

Laut Indonesia mempunyai luas 2/3 bagian dari total seluruh wilayah indonesia. sedang daratan mempunyai porsi 1/3 bagian dari total seluruh wilayah indonesia.

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Beberapa pertanyaan dari artikel sebelumnya tentang prospek alumni teknik kelautan tentang apa saja yang dipelajari di teknik kelautan membuat saya ingin menuliskan artikel untuk menjawabnya. kala itu waktu pertama kali menulis artikel saya tidak menyangka begitu banyak respon dan pertanyaan. Mohon maaf karena baru kali ini dapat menuliskanya. Saat ini sudah cukup banyak yang menulis tentang teknik kelautan, bisa di lihat di mesin pencari google dengan kata kunci teknik kelautan. Kawan bisa menambah referensi mengenai jurusan  departemen ini. Tidak perlu khawatir akan departemen ini, setelah lulusan 2010 banyak lulusan yang menempuh masa studi hanya 3.5 tahun dengan nilai yang kumulatif diatas 3.00. Salah satunya karena teknologi informasi yang mempermudah mendapatkan referensi-refrensi tugas maupun ilmu teknik kelautan lainya. Di jaman saya kuliah, menurut saya cukup sulit menemukanya. Alhamdulillah saya ikut senang adik adik lulusan Teknik Kelautan semakin baik. 😁

Sambil mengingat-ingat waktu perkuliahan dahulu. begini ceritanya masa kuliah dahulu. 


Tahun ke 1 yaitu Semester 1 dan semester 2
Awal perkuliahan di isi dengan materi-materi penyegaran, yaitu tentang 3 matakuliah umum yang seluruh mahasiswa ITS mengalamaninya, Fisika Dasar, Kalkulus, Kimia Dasar. Bagi saya masa-masa ini adalah masa galau, karena selalu timbul pertanyaan, kenapa kok mempelajari yang bukan materi teknik kelautan. Tapi akhirnya kami tahu, materi dasar ini adalah bekal dalam perhitungan- perhitungan tingkat lanjut yang ada di materi utama di teknik kelautan. Selain itu terdapat mekanika teknik, Teori Bangunan Apung dan teknik mekanika dan bahan. 


Tahun ke 2 yaitu Semester 3 dan semester 4
Saya mengamati kalau di tahun ke 2 ini mulai menikmati di departemen teknik kelautan, selain materi dasar kalkulus masih ada dirubah menjadi matematika rekayasa, Mekanika teknik II, Teori Bangunan Apung II, Rencana Garis, Menggambar Teknik, Mekanika Fluida, Perencanaan Bangunan Lepas Pantai, Hydrodinamika 1, oseanografi, proses hidrokarbon, mekanika tanak dan sistem pondasi, serta riset optimasi. 

Cerita seru di tahun ke 2 ini adalah adanya tugas rancang besar yang lingkupnya 1 semester yaitu Rencana garis atau Lines Plan, Banyak cerita seru tentang ini mulai dari pengerjaanya, asistensinya, sampai ke ujian akhirnya. Kalau kawan belum mengetahui, lines plan adalah rencana garis (design awal) sebuah kapal berupa garis-garis streamline membentuk bagian-bagian utama dengan tujuan menjadi arahan penentu dalam mendesain kapal. Mungkin Rencana garis ini hanya ada di Teknik Kelautan ITS karena Teknik kelautan ITS terlahir dari induk Teknik Perkapalan. Sedikit berbeda dengan Teknik Kelautan ITB, karena induknya adalah Teknik Sipil. 


Beberapa dosen meminta menggambar lines plan secara manual dengan perbandingan ukuran bermacam-macam, alhasil kawan2 saya dahulu menggambar penuh 1 meja dan lebar gambar kertas A1 dan panjangnya bisa 3 meter. Alhamdulillah saya mendapatkan dosen pembimbing yang tidak perlu menggambar dengan kalkir, namun ujian sesungguhnya waktu tes akhir kami diwajibkan tahu pengertian-pengertian menggambar kapal. Sampai sekarang saya masih ingat detail bentuk ujianya tiap kata, titik dan koma. Terimakasih kepada  Ir  Jusuf Soetomo.Msc (alm). 


Tahun ke 3 yaitu Semester 5 dan semester 6
Tahun ini adalah tahun pertengahan kalau dimisalkan waktu sekolah adalah kelas 2 SMA, Tahun puncak kemahasiswaan, Mahasiswa-mahasiswa yang ingin berkiprah di luar kampus kesempatan terbuka lebar di tahun ini. Tahun ini juga saya di beri amanah menjadi Koordinator Orientasi mahasiswa. 
Untuk urusan perkuliahan, tahun ini di semester 5 
- Proses Pantai
- Statistika Rekayasa, Keandalan dan Resiko
- Struktur Pelindung pantai
- Perencangan Bangunan LP II
- Perancangan Struktur Pantai (TRB I)
- Metode element Hingga

Semester 6
-perancangan struktur LP Statis (TRB II), 
-Dinamika Struktur 1, 
-Sistem dan Operasi Kelautan, 
-Metode Penelitian, 
-Perencanaan bangunan Lepas Pantai III, 
-Pengantar Technopreneurship

Lanjutan dari Lines Plan (Tugar Rancang Besar I) adalah TRB II dan TRB II. Disini mulai dikenalkan bangunan lepas pantai Fix Offshore Structure. bagaimana memepersiapkan dan mendesain tahapan offshore ini.


Tahun ke 4 yaitu Semester 7 dan semester 8
Di tahun ke 4 ini saya mulai menginginkan suatu saat nanti ilmu apa yang ingin saya sumbangkan, Cakupan mata kuliah di Semester 7 adalah
- Dinamika Struktur II
- Teknologi Produksi dan Reparasi BLP
- Perancangan Struktur LP Dinamis (TRBIII)
- Ekonomi Teknik
- Hidrodinamika II
- Teknologi Las

sedangkan semester 8 adalah
- Keleahan dan mekanika kepecahan
- Matkul Pilihan
- Kerja Praktek
- Tugas Akhir

di Semester akhir ini saya merasakan perkuliahan sesungguhnya, karena berhubungan dengan tugas akhir saya mengenai hidro-struktur, yaitu dari analisa olah gerak kapal sampai struktur dengan menggunakan Finite Element Method. membuat saya mengetahui bidang yang ingin saya kembangkan. Terimkasih kepada Ir. Mas Murtejo, Msc dalam perkuliahan ini. 

Bagaimana kawan, mengasyikan bukan?., mungkin lain waktu akan saya jelaskan lebih rinci tiap-tiap matakuliah. karena bagi saya ilmu ini sangat bermanfaat kedepanya. Waktu masuk dunia kerja, saya selalu di tanya, apakah pekerjaanmu ini sesuai dengan yang kuliah dulu.? jawab saya lugas yup dan saya menikmatinya.

Salam,


Sumber : Sylabus Teknik Kelautan sebelum 2014

25 comments:

  1. Materi kuliahnya banyak juga ya ...
    Ada Fisika pula.
    Kalau aku nyerah soal ilmu fisika 😊

    ReplyDelete
  2. Wah banyak juga, ya! Salah satu temen perempuanku kuliah di jurusan ini, pantesan dia puyeng banyak tugas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... kasian amat sih temennya kakak itu 😃

      Biar ngga puyeng ... sesekali nyebrang pakai kapal,kak.

      Delete
    2. kalau tugas memang banyak sih, tapi selesai juga :D

      Delete
  3. Wheww.

    Susah susah banget kayaknya

    ReplyDelete
  4. Meskipun saya jaman SMA dulu anak IPA, tapi karena IPA abal-abal ya jadi nggak minat buat masuk ke jurusan macam ini. Udah puyeng kalau denger kata mekanika, kalkulus, dan beragam jenis hitung-hitungan berumus lainnya ^^

    Technopreunership itu jadi matkul kewirausahaan, tapi pakai basic teknik gitu mas? Dulu di kampusku juga ada matkul entrepreuner, tapi cuma wirausaha secara umum sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul teknopreneur macam membuat sesuatu yang menghasilkan namun ada unsur ke teknikan, semacam web developer juga termasuk lho

      Delete
  5. Dan dari awal sampai akhir, saya ndak ngerti itu mata kuliah apa aja, kyk gmna hahahaha
    #maafkan

    But sedkit banyak dapet pencerahan. Soalnya dulu ada temen yang milih masuk teknik kelautan. Sebuah jurusan kuliah yang saya bener2 gak tahu kyk gmna kuliahnya dan bagamana prospek lulusannya hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha, mungkin salah satunya perlu di bikin tulisan beginian

      Delete
  6. denger fisika2an sama kimia, langsung mulesss meski dulu anak ipa hahaha

    ReplyDelete
  7. Nggak sembarangan nih kalau saya sendiri, perlu waktu untuk memperlajadi mata kuliah seperti ini, Mas..hehe

    ReplyDelete
  8. mas, kamu waktu masuk kerja prosesnya gmna? apakah lnjut s2 atau lngsng krj? krjnya di rekrut atau berusaha sendiri ? mksh sblumnya

    ReplyDelete
  9. Pengen, tapi postur tak sesuai.

    ReplyDelete
  10. katanya kerja di laut ga enak ya? :D

    ReplyDelete
  11. Kuliah teknik kelautan harus bisa renang kak? Kalau kerja di offshore, dapat bagian apa kerjanya?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)