Tips Traveling Singapore 3 Hari ga sampai 1,5 jt



Kalau Ga bisa Bahasa Inggris Gimana?

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Pada suatu kesemptan di penguhujung tahun 2018 sekitar bulan Nopember, saya diberi kesempatan menjadi delegasi Persatuan Engineer Seluruh Indonesia (PII) dalam rangka agenda tahunan ASEAN Federation Engineering Organization (AFEO) sekaligus pemberian penghargaan Asean Engineer Register (AER). Lokasi tahun 2018 lalu adalah di Singapore. Beruntung sekali menjadi delegasi di sebuah acara international bertema ke-teknikan. Senang beberapa saat timbul pertanyaan

Lantas biaya akomodasi selama waktu dan acara bagaimana? 

Itulah yang membuat saya melamun, :D alih-alih ke luar negeri, ke luar pulau saja udah bingung biayanya, apalagi perlu pake bahasa inggris. haha. Namun dengan tekad sekuat baja saya mulai hunting tiket. duit bulanan bakal habis nih fikir saya. Selepas berbicara kepada istri terenyata doi mendukung berat (sampai kalau perlu di buatin bendera kayak cheerleders. Okelah kalau begitu, kita mulai cari informasi mengenai Singapore.

Singapura meskipun negara yang kecil, namun singapura adalah sebuah negara yang rapi, bersih dan tertib. Salah satu hal yang membuat daya tarik di Singapura adalah kemudahan akses transportasi kemanapun lokasi bisa ditempuh dengan public transportasi maupun berjalan kaki. Di jaan raya disediakan area pedestrian, cycling dan public transport. Kata orang Singapura adalah langkah awal kita untuk traveling ke luar Negeri? mengapa demikian ya?

Satu hal yang membuat saya kaget adalah biaya akomodasi di Singapura ternyata bisa di tekan seminimal mungkin di luar perkiraan saya. awalnya bakalan habis minimal 3 juta sampai 5 juta. ternyata dengan pintar-pintar memilih, kita bisa mendapatkan ongkos perjalanan ditambah biaya penginapan kurang dari Rp. 1,500,000,00 (satu juta lima ratus ribu rupiah). Okelah kalau begitu bagaimana cara mendapatkanya ? ini sesuai pengalaman saya, jadi kalau kawan punya pengalaman yang berbeda, bisa lah kita bertukar pikiran di kolom komentar.

1. Persiapkan Paspor



Firstly, coba deh sebelum jalan ke Luar Negeri siapkan dulu Paspornya. Saat ini, begitu mudahnya membuat paspor bakal ga selama seperti jaman ortu kalian naik haji 10 tahun lalu.
Kenapa Paspor ?
Karena Paspor adalah semacam kartu identitas KTP yang bisa digunakan ke seluruh penjuru Dunia. harga paspor sekitar 300 ribu, ini bukan termasuk ulasan kita ya. sudah banyak kawan sesama blogger mengulasnya. so tunggu apa lagi. Perlu di ingat, sebelum kalian pergi jangan lupa update paspor kalian minimal 6 bulan. Contohnya jika kalian pergi ke Luar Negeri bulan Februari, paling tidak masa berlaku paspor kalian harus di bulan Agustus.

2. Pilih Penerbangan paling Murah
Makin murah Tiket penerbangan, makin bisa menekan biaya perjalanan kalian. Apalagi kalau dapat tiket Promo, malahan tiket PP Jakarta- Singapura lebih murah meriah dari pada tiket PP Jakarta Surabaya (ini di luar Idul Fitri ya). Saya kemarin pakai salah satu penyedia layanan tiket dan mencari yang termurah dan akhirnya dapat di harga kurang dari 400 ribu.

3. Jauhi Libur Weekend
Penerbangan memberikan harga termurah adalah saat workday, bukan weekend, so cuti lah barang 4 hari cukup. jangan lupa kasi oleh2 ke bos kalian biar dapat ijin cuti. 


4. Bagasi Kabin Tidak Lebih dari 7 Kilo Gram
Karena penerbangan paling murah biasanya membatasi kabin hanya sampai 7 kilo, tidak ada bagasi tambahan. Perlu skil khusus untuk merapikan barang-barang traveling kalian. supaya cukup di bawa di bagasi dan kurang dari 7 kilo. Bawa yang perlu aja, laporan Tugas akhir atau skripsi jangan di bawa. kita kan mau liburan. Kebayangkan kalau sampai ada bagasi tambahan bisa membayar lebih mahal. 

5. Gunakan Share Room Hostel atau Hotel kapsul
Lokasi Hotel

Oh iya di dalam pengisian Visa (atau apalah istilahnya) dan waktu ke imigrasi, kalian diharuskan sudah tau posisi kalian bakal nginap dimana. Karena teknik jitu saya kalau berpergian sendiri menginap di Masjid ga akan bisa dilakukan kalau di Singapore. Minimal sudah punya alamat penginapanya, baik hotel, hostel, rumah teme. Up to you.

Saran terbaik dari saya, pilih hotel dan penerbangan dalam satu paket. karena biasanya ada diskon, saya mendapatkan diskon  sekitar 17 %. Lumayan banget kan. saya menggunakan hotel kapsul yang mana dalam satu ruangan luas terdapat kapsul2 yang cukup buat bed tempat tidur. 


6. Bawa Makanan Sendiri

Saran lainya adalah bawa makanan sendiri, entah itu cracker, nasi, fast food atau apapun karena disana makanan mahal dan belum tentu halal. Sebenarnya di malaysia tidak susah menemukan makanan padang, nasi lemak yang khas orang kita, harganya pun bervariasi tergantung dari lokasi, saat itu saya di dekat lokasi Kallang melihat harganya untuk nasi padang sekitar 90000. Kalau tidak membawa makanan tapi pingin makan disana cobain di daerah Singapore Cruise Center. Lokasi pendaratan Kapal Ferry dari Pulau Batam. disana ada makanan yang enak (nasi goreng) yang harganya hanya Rp. 30 ribu. Kenapa enak,? mungkin setelah 1 hari makan cracker terus. he he


7. Gunakan Mass Transportation atau miliki kartu MRT
Coba gunakan MRT untuk mempermudah keliling dan jalan-jalan di Singapura. Di MRT menyediakan Tiket Multi Trip dan single trip. Saya menggunakan Multi Trip yang harganya SGD 12, dan kita akan mendapatkan saldo sebesar SGD 7. Jika saldo habis, tenang saja, karena kalian bisa mengisi saldo dengan meinimal top up sebesar SGD10.

Keunggulan Multitrip adalah kita bisa menggunakan banyak perjalanan dan saldo lebih murah, walaupun kita perlu membeli kartunya. tapi okelah buat kenang-kenangan. MRT di Singapura seperti apa? Persis Plek speerti MRT di Indonesia atau KRL. hanya tapi mohon di catat. yang menumpang tidak terlalu penuh dan bakalan ga speerti kisah sedih jalur maut di Manggarai-sudirman yang membuat kalian tergencet penuh sesak. 


8. Gunakan Wifi free atau membeli SIM Card dengan masa Aktif 7 hari
Tips murah selanjutnya adalah gunakan wifi selama berada di Singapura. karena WIFI adalah cara terbaik kita mencari jalan (GPS) kalau kita kesasar. Oh iya sebaiknya selain WIF kita bisa membeli SIM card dengan masa aktif 7 hari, persiapkan photo kalian untuk di muat di Instagram. 

 Okeh kita coba hitung-hitung itenary selama di Singapore ya




Total Biaya Tiket Pesawat + Hotel 3hari 2 malam = Rp. 1,464,296,00
Biaya Makan Bawa Sendiri = tidak di hitung
Biaya Pembelian Sim Card = Rp. 120,000,00

Kalau nggak bisa Bahasa Inggris Gimana? 
Tenang saja, disana banyak orang melayu atau orang indonesia, tinggal liat wajah saja kalau mau tanya, dan bahkan orang india singapore juga sudah fasih bahasa indonesia. atau kalau bingung, saya siap jadi tur guide kamu. heu heu

11 comments:

  1. Beli SIM Card luar negeri? Saya sih nggak perlu. Kalau pakai Indosat, bisa beli paket internet di Singapura yang cuma 35 ribu per hari. Pas di bandara, ya pakai wifi bandara aja, di hotel pakai wifi hotel. (Tapi beneran, saya ke negara manapun gak pernah beli SIM Card. Kalau paket internet Indosat mahal, saya sewa WiFi router. Tetap lebih murah dan lebih mudah dihubungi orang kalau ada apa-apa di rumah.)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah hebat nih indosat, saya belum tau kalau telkomsel bisa tidaknya. Terimakasih saranya.

      Delete
  2. Mas kalo bawa makanan sendiri bukannya bagasi jadi nambah ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kami bawa makanan kering yang nantinya diseduh, kerasa mas ga nyamanya kalau makan seperti itu, biasanya pake nasi. he he.

      Delete
    2. waktu itu Bubur Instan, enakan mie instan, wkwk

      Delete
  3. Pengalaman menarik sekali, ya. Belum pernah sampai Singapure nih...

    ReplyDelete
  4. Wah ternyata hanya dengan 1,5 juta sudah bisa keliling ke luar negeri ya. Bermanfaat banget nih tipsnya. Terima kasih kak :D

    ReplyDelete
  5. Hihi tips diatas bisa ditiru y kak buat newbie kaya ssy.. mungkkn kalau ssma keluarga enaknya hotel gmn y kk?

    ReplyDelete
  6. Wah informasi nya bermanfaat, sekali. Bisalah jadi referensi buat kita kita yang mau ke singapura

    ReplyDelete
  7. untuk online yang tidak dijangkau free wifi sekarang ada jasa sewa sim card atau modem, tinggal pilih sendirian bisa sim card untuk rame-rame bisa modem biar lebih ekonomis.

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)