6 Alasan Mengapa Naik Kereta Api Saat Lebaran

Budaya lebaran memang unik, beberapa negara yang berpenduduk muslim baik sebagai mayoritas maupun minortas punya cara tersendiri tentang lebaran. Di Indonesia salah satu momen lebaran adalah mudik ke kampung halaman, mungkin tidak hanya di Indonesia saja, namun juga terjadi di luar negeri. Acara mudik sebenarnya pulang kampung dan bersilturahmi keluarga, berkumpul bersama saling melepas kangen selama di perantauan. 




بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Ketika momen lebaran hampir tiba, dapat dipastikan harga tiket semua transportasi darat, laut dan udara meningkat tajam. Tiap-tiap transportasi memiliki keunggulanya masing-masing. Ingin transportasi paling cepat, bisa menggunakan jalur udara dengan pesawat. Salah satu yang ingin saya bahas disini adalah transportasi menggunakan Kereta Api. Kereta api bagiku adalah moda transportasi favorit. Kenapa sih lebih milih Kereta api? 



1. Naik kereta Api Lebih Nyaman
Bagi kamu yang menyukai perjalananya dari pada tujuan itu sendiri. pilihan terbaik adalah Kereta Api. Kereta Api ini tidak secepat Pesawat namun kamu bisa menikmati fasilitas layanan kereta selama lebih dari 8 jam (tergantung destinasimu). Tau sendirikan kalau harga tiket mudik dan balik itu meningkat drastis. Bagiku yang utama adalah convenince (kenyamanan) bukan kecepatanya. sehinga pilihan naik kereta adalah yang paling tepat. 

Apa ga mending naik pesawat kalau pun sama bedanya ga terlalu jauh?

Tergantung tujuan mu, misalkan kalau sedang business trip, keperluan yang urgent kamu bisa pakai moda transportasi lebih cepat misalkan pesawat.

Kenyamanan yang kita dapat dari Kereta api adalah
  1. Stasiun menggunakan Sistem Boarding Pass, lebih nyaman 
  2. Di dalam kereta terdapat colokan untuk Handphone, laptop dan tablet memudahkan untuk bekerja remote
  3. Tempat kursi yang nyaman baik ekonomi (premium) sampai eksekutif
  4. Terdapat lampu baca yang nyaman ketika membaca buku saat kereta berjalan (hanya ada di eksekutif
  5. Dalam 1 gerbong terdapat 2 tipe closet, baik closet duduk maupun closet jongkok (Type gerbong terbaru)
  6. Terdapat coloka USB (hanya di kereta Bandara)
  7. Terdapat kelas priority dan sleeper di beberapa gerbong dan relasi tertentu (saya belum mencoba, semoga bisa mencobanya lain waktu)
2. Melihat Pemandangan Desa
Di dalam kereta kita bisa jalan-jalan dari satu gerbong ke gerbong lainya, dan melihat-lihat nuansa alam ketika kereta melintasinya, di jamin bikin refresh pikiran setelah lama bekerja. Kalau melewati daerah setelah karawang hingga jawa tengah. Di jamin akan melihat pemandangan persawahan yang selalu menimbulkan tanya dalam hati. "enak yo urip ayem tentrem" (enak ya hidup tenang dan tentram). melihat orang yang membajak sawah, menikmatinya dengan duduk di pematang dibawah pohon dengan segelas kopi. Enaknya.. 

Salah satu Stasiun di Jawa Tengah

3. Mendapat Pengalaman dan Kawan Seperjalanan
Aku menyukai aktifitas tiap penumpang yang ketika mudik entah bagaimana wajah mereka itu cerah dan menyenangkan. Kalau beruntung kamu bisa dapat teman seperjalanan yang bisa share pengalaman hidup. Penglamanku pernah seperjalanan dengan orang penting di salah satu perusahaan perkeretapian, (beliau sering tampil di televisi). Beliau bercerita tentang masa muda nya hingga jadi sperti sekarang. Membuka pkiran ku tentang Industri Perkereta apian Indonesia dari waktu ke waktu.  Pernah juga mendapat kawan baru yang pekerjaanya di Amerika sebagai sales di perusahaan pelumas, sempat mau diajakin join dan kerja di Amerika, tapi sayangnya belum jodoh waktu itu. Jadi kalau dapat kawan baru disebelah yang kamu belum kenal, ajak kenalan dong, kali aja jadi jalan rejeki kamu atau jodoh kamu. heu heu

Salah satu contoh Jodoh (bukan kenalan di kereta) 

4. Naik Kereta Api Bebas Macet
Keunggulan yang tidak bisa dinikmati moda transportasi kendaraaan darat lainya ketika berlebaran adalah bebas macet. Walaupun sudah ada toll dari Cilegon banten sampai Malang Jawa Timur, tetap saja kalau lebaran dipastikan macet. Ketika lancar pun, waktu tempuh kendaraan pribadi masih jauh lebih lama perkiraan jakarta - surabaya 15 Jam (ini belum macet lho yaa). Sedangkan Naik kereta paling ekonomis saja, cukup 10 jam.

Selain Bebas macet, pastinya kamu ga akan capek, karena kamu bisa jalan-jalan di dalam kereta, berbeda halnya dengan kendaraan pribadi, duduk statis membuat badan cepat lelah, apalagi kalau sekalian jadi supir. 

4. Naik Kereta Lebih Aman
Entah Mengapa Naik Kereta lebih aman dari segi kecelakaan, walaupun masih ada berita tentang kecelakaan kereta, namun kejadian kecelakaan tersebut tetap lebih sedikit dari pada kecelakaan mobil pribadi. Mungkin salah satunya karena kereta punya jalur rel sendiri. sehingga sesama kereta tidak saling mendahului.
Banyak beredar kecelakaan oleh pengedara mobil maupun motor, semoga tahun ini dan tahun mendatang angka kecelakaan menurun.

Pemudik dari Bekasi Brebes Naik Sepeda motor :(
5. Lokasi Stasiun Berada Di Pusat Kota
Tidak bisa dipungkiri Industri Perkereta Apian adalah warisan belanda, Walaupun saat itu adalah jaman penjajahan, namun tetap saja tata letak kota di rancang oleh aristokrat belanda. Lokasi stasiun selalu berada di pusat kota, karena rencananya stasiun salah satu pusat peradaban ketika itu. Coba deh kalian cek.

Salah satu Contoh Stasiun Di pusat Kota Ambarawa

6. Free Bagasi, Muat Lebih Banyak 
Free bagasi ini real, no fake. walaupun di stasiun ada pengumuman maximal 20 kg itu adalah per 1 orang, kalau bawa anak istri, satu keluarga bisa sampai lebih dari 20 kg, apalagi saat mudik. Oleh karenanya tempat bagasi menjadi tempat perebutan bagi pemudik untuk menaruh barang-barangnya, aku pernah lihat barang-barang yang di bawa pemudik ini unik, mulai dari Cat dan embernya 20 kg, beras, ayam (masih boleh tidak ya), dan oleh - oleh lainya. semoga tiap kesusahan dalam membawa buah tangan ke kampung halaman menjadi barokah. aamiin

Itulah 6 alasan mengapa saya lebih memilih naik kereta api saat mudik lebaran, Gimana dengan kamu? 

Oh iya selain 6 alasan tadi, Tiket lebaran harus sudah di dapat 3 bulan sebelumnya, karena minat yang banyak sekali sehingga tiket cepat terjual. oleh karenanya perlu aplikasi  pesan tiket kereta api yang bagus. Beberapa poin yang perlu diperhatikan dalam memesan tiket online adalah :

1. Informasi harga yang jelas dan realtime
Pegi pegi menawarkan harga yang jelas dengan banyak pilihan, bisa di lihat di laman screeshot ini:




2. Pembayaran Mudah
Pembayaran mudah sekali, bisa menggunakan Transfer Bank, kredit online tanpa kartu, via swalayan juga bisa. 




3. Banyak discountnya 
Di Pegi-pegi menyediakan banyak diskon kalau kamu mencari diskon, cobain ke seruanya  Pegi Pegi

16 comments:

  1. Setelah membaca artikel ini , Ada benarnya juga. Naik kereta api memang lebih menguntungkan. Lebih hemat biaya,stamina,semua terjaga dengan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup tentu saja. untuk moda transportasi satu pulau memang kereta menjadi pilihan terbaik menurut saya.

      Delete
  2. Seru yah kalo bisa ketemu jodoh (lagi) di kereta. Tentunya memang mudik naik kereta lebih nyaman. Namun keterbatasan seat membuat sebagian sodara2 kita terpaksa naik motor.

    Btw salam kenal mas. ijin saya follow yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul bang day, kawan-kawan naik motor tetap seru saja walaupun perlu hati-hati extra. salam kenal bang day. seneng liat blog nya..

      Delete
  3. setuju dengan apa yang sudah dipaparan... semoga perkeretaapian diIndonesia bisa menjadi lebih baik lagi dan harga tiket yang lebih ekonomis..

    ReplyDelete
  4. kereta selalu menjadi pilihan yang tepat untuk mudik lebaran, selain relatif murah juga terbebas dari macet walaupun untuk dapat tiketnya selalu rebutan. Emang, yang terbaik selalu menjadi rebutan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana kabarnya bro? kapan iki bisa ketemu lagi, ahaha

      Delete
    2. Alhamdulillah, boleh lah diatur waktunya. :D:D

      Delete
  5. Saya pol-pol'an baru nyoba kelas ekonomi biasa. Penasaran sama yang kelas ekonomi premium, mas. Kalau lihat di Instagram sama foto-foto di google, kayaknya lebih nyaman dibanding kelas ekonomi biasa.

    Sayangnya, stasiun Purworejo yang notabene ditengah-tengah kota saya malah sekarang sudah tidak aktif. Jadi misal harus naik kereta jarak jauh, kudu ke Stasiun Kutoarjo, yang mana itu lumayan jauh (banget) dari rumah :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, saya pernah ke purworejo pas waktu ada acara dari Indonesia Mengajar, memang harus turun di stasiun Kutoarjo. semoga suatu saat stasiun purworejo di fungsikan kembali ya. bisa menambah wisata disana

      Delete
  6. Sampai sekarang belum kesampean buat nyobain naik kereta wkwkwk

    Kayaknya iya seru, liat di tv2 juga wah ini bakalan seru klo naik kereta, bisa liat pemandangan sepanjang jalan, dan ya dapat temen seperjalanan, jalan2 di gerbong keknya seru juga ...

    Tp ya, belum kesampen huhu

    ReplyDelete
  7. Pernah naik kereta sekali, waktu jaman KAI masih semrawut. Pas udah bagus malah blm pernah naik.

    ReplyDelete
  8. Misalkan pulang ke Jepara ada jalur keretanya, tentu transportasi ini yang kupilih hehehehehe

    ReplyDelete
  9. Saya suka naik kereta karena di kereta itu ramai,jadi lumyanan membuat dunia gue yang terasa sepi ini, jadi lebih semarak, hahahaha,,,,

    ReplyDelete
  10. aku setuju semuanya dan aku adalah railfans heehhhe (sapa nanya)
    tapi mas aku udah membutikan dibandingkan bus kereta jauh lebih nyaman terutama ketepatan waktu
    semolornmya kereta ato pas dia silang di stasiun masih bisa gerak kita. kalau bus? ampun deh

    sayang sekarang kelas bisnis udah pada ilang diganti ekonomi premium padahal kereta kelas itu paling oke lo

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)