Tips Agar Ramadhanmu Penuh Keberkahan

Image by mohamed Hassan from Pixabay
بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Alhamdulillah saat ini masih di awal bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah bagi seluruh umat manusia. Mengapa demikian? karena bulan keberkahan ini tidak hanya di rasakan bagi kaum muslim saja, namun juga bagi saudara-saudara yang berbeda. 

Apa hal itu?

yup bulan Ramadhan adalah bulan THR, yang intinya kawan-kawan baik yang muslim atau tidak musti mendapatkan manfaatnya

Bulan Ramadhan juga bulan bahan makanan akan melonjak karena permintaan yang tinggi, jelas ini berkah bagi siapa saja yang ingin berjualan. 

Bulan Ramadhan adalah bulan dimana jam kantor menyesuaikan, biasanya pulang lebih awal. dan segala pekerjaan flownya tidak se sibuk seperti biasanya namun goal tetap tercapai, mengapa demikian, saya juga tidak tahu :D . mungkin ini barokah.

Bulan Ramadhan yang pada waktu tertentu mendung dan hujan dan pas waktu dikumandangkan adzan entah mengapa hujan ikut berhenti. Atau di waktu lainya panas namun tidak terlalu menyengat. Mungkin semua itu keberkahan bagi siapa saja yang merasakanya. 

Adapun demikian, Jangan sampai bulan Ramadhan hanyalah bulan-bulan yang berganti seperti bulan lainya dan kita gagal meraihnya, terdapat 10 kegagalan puasa di Bulan Ramadhan. Alangkah baiknya bulan ramadhan membuat kita menjadi lebih berdaya dan bersemangat. Hal ini menjadi pengingat saya agar selalu berupaya sebaik mungkin di Bulan Ramadhan. 

1. Luruskan Niat
Berkut saya nukilkan sebuah hadist :


عَنْ عُمَرَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ إِنَّمَا الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى فَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ فَهِجْرَتُهُ إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَمَنْ كَانَتْ هِجْرَتُهُ لدُنْيَا يُصِيبُهَا أَوِ امْرَأَةٍ يَتَزَوَّجُهَا فَهِجْرَتُهُ إِلَى مَا هَاجَرَ إِلَيْهِ

Dari Umar Radhiyallu 'anhu, hahwa Rosulullah Shalallahu' alaihi wa sallam bersabda, " amal itu tergantung niatnya, dan seorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rosul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rosul-Nya. dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak di nikahinya, maka hijrahnya itu sesuai kemana ia hijrah. (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam ahli hadist).

Rosul bersabda Amal itu tergantung niat, maksudnya ialah sahnya suatu amal dan sempurnanya hanyalah tergantung benarnya niat. oleh karena itu apabila niat puasa kita lillah, benar dan ikhlas karena Allah SWT. maka akan sah pula suatu amal dan akan diterima dengan izin Allah Ta'ala.

Niat itu hanya ada dalam hati, hati lah yang menggerakan lisan dan anggota tubuh lainya untuk beramal. Oleh karena penting sekali menjaga niat kita agar tetap lurus. Puasa adalah Ibadah karena Allah SWT.

Adakah Puasa karena tujuan lainya??  

Ada, misalnya (pengalaman pribadi), puasa karena ingin mendapatkan sesuatu. Pernah saat saya masih berumur bilangan 8 tahun. saya di beri pesan oleh ibu, jika saya dapat berpuasa selama 1 hari, saya akan di beri uang saku sebesar 1000 rupiah. jelas sekali saya tertarik, karena dengan saya berhasil berpuasa selama 1 hari saja, saya mendapatkan 1000, kalau sebulan, Rp. 30,000. Uang jajan saya selama SD saja tak lebih dari Rp. 500,00 jelas ini adalah keuntungan buat saya. 

Jadi bagaimana niat seharusnya?

Niat ikhlas karena Allah SWT, itu saja. saya tidak memikirkanya terlalu dalam. namun tetap saya jalani bagaimanapun kondisinya, baik mudah maupun susah.

2. Bekali Diri dengan Ilmu
Ketika gerbang keikhlasan sudah terbuka, maka secara otomatis pikiran dan hati lebih open mind untuk menerima ilmu. Sebelum beramal, selayaknya kita mengetahui ilmu. Al imam Bukhari pernah menuliskan kumpulan hadist shahih dengan memberi bab khusus mengenai Ilmu, dalam mukaddimahnya.

بَابٌ العِلمُ قَبلَ القَولِ وَالعَمَلِ


Artinya adalah Bab Ilmu sebelum ucapan dan perbuatan (amal)


Ketika menjelaskan kalimat bab dalam bukhari terkait ilmu, berlau maksudkan bahwasanya ilmu adalah syarat sha ucapan dan perbuatan. Ucapan dan perbuatan tidak akan di nilai kecuali dengan ilmu. oleh sebab itu, karena di dahulukan sebelum ucapan dan perbuatan. karena ilmu yang akan mensahkan niat dan niat adalah yang mensahkan amal. 

Terkait dengan Puasa, selayaknya kita termasuk saya untuk mengetahui ilmu mengenai puasa, dimulai dengan keutamaan-keutamaanya, pahala yang di dapatkan, yang membuat kita semakin bersemangat untuk meraihnya. 



Ilmu ini dapat kita dapatkan dari kajian offline di masjid-masjid maupun kajian online melalui media. Semua adalah cara dan jalan yang bagaimana kita bertujuan untuk mencari ilmu-Nya. 




3. Set-Up Target Selama Bulan Ramadhan
Selanjutnya adalah menyiapkan target, pertanyaan yang harus kita jawab adalah, seberapa kita ingin menggapai Ramadhan ini full berkah, separuh berkah, atau sedikit berkah, kitalah yang mengetahui jawabanya. Setiap amal yang lillahitaala (ikhlas karena Allah SWT) akan di lipatgandakan, jadi apapun amal kebaikan baik berhubungan vertikal kepada Allah SWT maupun horizontal sesama muslim tetap akan mendapatk balasan yang besar di sisi Allah SWT. 

siapkan target buat kita adalah, misalnya  : 

  1. Berapa kali target kita sholat jamaah di awal waktu ? Target 5 kali sehari selama 20
  2. Berapa kali target kita hataman Al Qur'an, Target 1 juz
  3. Berapa kali target kita sholat sunnah Qabliah, badiah? 12 kali sehari selama 20 hari
  4. Berapa kali target sholat malam (sholat Tarawih) 1 bulan full. diutamakan di masjid
  5. Berapa kali kita bersedekah selama di bulan Ramadhan? 
  6. Membelikan Takjil di masjid sekitar 10 kali 
  7. Bersodaqoh untuk korban di Palestina. 
  8. Pulang kampung untuk silaturahmi 
  9. Mengajak untuk berbuat baik baik secara lisan maupu tulisan
  10. Jika ada waktu luang, maka digunakan berzikir.
Dari 9 daftar tadi Insyallah kalau di laksanakan konsisten, tidak akan membuat waktu kita sisa-sia. Apalagi dengan waktu yang terikat bagi yang bekerja sebagai karyawan. bayangkan saja, untuk dapat target 1 juz khatam Al Qur'an per lembar adalah 30 menit normalnya. belum amalan sholat sunnah, berzikir. 

Semua artikel ini mengingatkan saya pribadi dan mengajak kepada kawan semua untuk saling mengingatkan, betapa Iman dalam diri ini kadang hilang dan sering tenggelam, semoga Ramadhan kali ini target kita tercapai dan penuh dengan keberkahan. Aamiin 


Sumber Tulisan :
 https://muslim.or.id/21418-penjelasan-hadits-innamal-amalu-binniyat-1.html
https://muslim.or.id/5312-ilmu-dulu-baru-amal.html

8 comments:

  1. Terimakasih tips nya. Sangat diperlukan sekali hal2 itu sebagai pengingat, karena kebanyakan puasa ini dijadikan alasan untuk bermalas2an sih. Padahal waktunya cm sebentar

    ReplyDelete
    Replies
    1. yup betul. tulisan inipun menjadi pengingat bagi saya untuk selalu berbenah.

      Delete
  2. Salam kunjungan dan follow sini ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trimakasih kak dari malaysia. salam kenal, saya nak follow Fanpage kakak.

      Delete
  3. 1 lagi gan, "Saling membantu dan berbuat kebaikan".

    Kunjungi balik gan. mcandrawijaya.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah dikasih pengingat. Semoga diri ini menjadi pribadi yang lebih baik. Mengingat tahun sebelumnya terasa kurang sana-sini amalannya

    ReplyDelete
  5. Alhamdulillah kita masih bisa dipertemukan dengan bulan yang penuh berkah ini. Terimakasih sudah diberikan tips yang sangat bermanfaat semoga kita bisa selalu istiqomah di jalan Allah

    ReplyDelete
  6. Terimakasih atas kesedianya berbagi

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)