Pertanyaan yang Sering Diajukan Buat Anak Teknik Kelautan





Terimakasih kawan pembaca yang antusias mengenai jurusan Teknik Kelautan. dengan total lebih dari 150 komentar dan 200ribu pengunjung, membuat saya ingin merangkum pertanyaan dan jawaban, agar lebih mudah di mengerti. Tidak semua pertanyaan pastinya, hanya pertanyaan berulang-ulang yang ditanyakan kawan semuanya. Laman ini akan selalu saya update jika ada pertanyaan dan jawaban yang baru. Terimakasih.  

1. Apa itu Teknik Kelautan?

Secara umum Teknik Kelautan adalah program studi untuk para mahasiswa yang ingin mempelajari rekayasa bangunan di tengah laut. Program studi ini berbeda sekali dengan studi ilmu kelautan yang mempelajari biota laut, ikan, dan lainya. Teknik Kelautan mempelajari bangunan struktur rekayasa di laut. Kalau dirunut, Teknik kelautan mirip dengan Teknik Sipil, namun khusus aplikatif di Kelautan. Mirip juga dengan Teknik Perkalapan. Sehingga Lulusanya bisa berkiprah di bidang - bidang tersebut. 

2. Bagaimana Prospek Ke depan Teknik Kelautan
Salah satu yang paling banyak di tanyakan terkait Teknik kelautan adalah Prospek ke depanya. kamu bisa berkarya di beberapa bidang namun tidak menutup kemungkinan di luar bidang teknik kelautan pun bisa. Salah satu yang biasa jadi tujuan kawan-kawan adalah MIGAS. Berikut ini adalah contoh pribadi yang saya lihat dari pengalaman saya sendiri.

MIGAS
1. Kepemerintahan : BP Migas
2. Perusahaan Client Contoh : Pertamina, Chevron, Total, BP, ENI
3. Kontraktor : Guna Nusa, Mc Dermott, Saipem, Meindo
4. Jasa Inspeksi : BKI, ABS, DNV
5. Perusahaan Transportasi Migas : ALE, GTA, Mammoth

Tambang dan Turunanya :
1. Perusahaan Tambang : Freeport(Emas), Weda bay (Nickel), petrosea, Adaro (batubara)
2. Persuahaan sewa alat berat : Hilti, United Tractor

Power Plant :
1. Perusahaan klein: PLN
2. Perusahaan Jasa dan Klien serta produk : Schneider, Siemens,
2. Kontraktor : WASCO, Multipanel, Persuahaan kapal

Shipping 
1. Perusahaan Pembuatan Kapal
2. Perusahaan

Non (Migas, Tambang, dan Power Plant)
1. Bank : Seluruh Bank di Indonesia akan selalu membuka lowongan sarjana Teknik
2. Perusahaan Gas Industri : Air Liquid, Linde, Air Product, Samator
3. Dosen
4. Pemerintahan : Kementrian Kelautan dan Perikanan, Kementrian Perhubungan,

Lebih lengkapnya bisa di baca : Jenis-Jenis Perusahaan Migas

3. Kalau dibandingkan Teknik Kelautan ITS, ITB, Unhas? lebih baik yang mana?  

hmm, saya bukan anak ITB dan Unhas jadi saya mencoba menjawab se objektif mungkin,
yang saya tahu KL ITB (kelautan ITB) sejarahnya di bawah jurusan teknik sipil, sehingga KL ITB kuat dalam konstruksi baja, beton, mekanika teknik, sedangkan tekla (teknik kelautan ITS) sejarahnya di bangun dari jurusan perkapalan, kuat dalam ilmu hidrodinamika, ilmu kelelahan dan mekanika kepecahan, Floating Structure, Teori Gelombang. 

Dari semua itu yang paling tepat bukan dimana kamu berasal tapi siapkah kamu untuk selalu belajar dan beradaptasi. Karena di dunia kerja kita tidak mungkin mengerjakan apa yang kita kuasai namun juga harus mengenal apa yang belum pernah kita mengerti. Jadi siapkan diri untuk terus belajar dan beradaptasi.

4. Di Teknik kelautan Mempelajari Apa Saja  

Di Teknik Kelautan ITS yang saya tahu Bisa di lihat di laman berikut ini : Apa saja yang di pelajari di Teknik Kelautan

5. Apa Bedanya Offshore engineering, Subsea Engineering, Ocean Engineering, dan Marine Engineering
Pertanyaan yang bagus, mungkin sebagian orang bingung dengan penamaan, kadang ada yang bilang ocean engineering, atau marine engineering, ada juga yang offshore maupun subsea. itu istilah saja, akan tetapi maknanya sama. misalnya di ITS, biasa menyebut Ocean eng. akan tetapi di luar negeri, ocean cenderung ke arah pantai. sedang untuk yang lebih ke bangunan lepas pantai seringnya di pakai offshore engineering. beda pula jika subsea, biasa di pakai di perairan dalam, tidak lagi bangunan lepas pantai yang fix structure melainkan lebih ke floating structure. secara umum untuk overseas, bnyak expert menggunakan istilah marine engineering mencakup semua bidang, baik ocean,offshore,subsea.


6. Kalau Buta parsial, Apakah Bisa Masuk Teknik Kelautan?

Jawabanya adalah bisa, Beberapa diantara kawan-kawan ada juga yang butawarna dan malahan kawan ini paling moncer diantara kawan lainya, dan saat ini menjadi dosen. Namun ada beberapa catatan :

  1. Di kampus biasanya ada tes BWP, Teman saya lulus karena latihan test pribadi, dia menemukan cara bisa lulus dengan latihan tersebut.
  2. Beberapa memang tidak membutuhkan mata normal, mungkin yang membutuhkan adalah saat pengerjaan gambar dan software yang di bantu oleh komputer. saran saya latihan secara mandiri dan terus menerus untuk membiasakan.
Berbeda jika dalam sebuah pekerjaan, Saran saya carilah bidang yang tidak ada hubunganya dengan warna. bidang pekerjaan yang berhubungan dengan warna adalah Safety, Engineering (project).

Misalnya di bawah ini adalah 2 contoh gambar yang mungkin bisa merepresentasikan kawan-kawan punya BWP.

Mata Normal
Gambar diatas adalah salah satu tangga yang ada di akomodasi offshore. Sengaja dibuat belang2 agar mata kita memberi feedback ke otak bahwa ada lantai yang tidak sama tinggi dan ada potensi bahaya disana. Gambar diatas adalah gambar yang ditangkap oleh kawan-kawan yang memiliki mata normal. 

Mata BWP
Gambar diatas adalah kawan-kawan yang memiliki BWP. Bayangkan jika buta warna pasialnya hitam kuning, maka seseorang yang buta warna parsial tersebut menjadi rentan terhadap bahaya jatuh.

No comments

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)