Bagian-bagian Pada Offshore Platform [Bagian-2]


Sebuah Konsutruksi jacket steel Platform pada umumnya terdiri dari dari tiga bagian utama (McClelland, B, 1986)

Update January 2018


بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ 


Dalam bidang Oil and Gas. kita telah mengenal berbagai type anjungan dengan type struktur terpancang dan sejarahnya, mengenai ini telah di bahas terpisah di Berkenalan dengan Struktur Terpancang bangunan lepas pantai. Sebenarnya terdapat type bangunan lepas pantai lainya yaitu struktur terapung yang nanti kita akan bahas. Di dalam struktur terpancang (fix offshore platform) ini terdapat beberapa bagian yang perlu kita kenal sebagai dasar nanti kita terjun di bidang ini.

Bagian - Bagian pada Fix Offshore Platform


Terdapat 3 bagian utama dalam fix offshore platform, yaitu Deck, Jacket, dan Pile. secara garis besar 3 komponen inilah critical dalam tahap desain, konstruksi, hingga tahap instalasi. Sebagai seorang insinyur harus mengakomodir kebutuhan client, dan sesuai dari Code (standard yang berlaku) misalnya untuk standar platform ini mengacu pada API RP2A. Apa saja ke 3 struktur terebut ? 

a. Geladak (Deck) Bangunan Atas 

Geladak adalah bagian yang berada diatas permukaan air dan merupakan fasilitas utama jacket yang menentukan fungsi struktur. Konstruksi geladak jacket platform berada pada ketinggian tertentu dari permukaan air tenang (LWL- Low Water level) sehingga tidak terjangkau gelombang laut. Konstruksi geladak terdiri datas beberapa kelompok jenis konstruksi (modules) dimana jumlah, kelengkapan, dan fasilitas yang ada pada geladak tergantuk pada fungsi utama yang harus dilaksaakan oleh jakcet platform sendiri.

Umumnya pada jacket platform  terdapat beberapa bagian sesuai lokasi ketinggian dan kegunaan. Misalnya : Main Deck, Cellar Deck, Mezanine Deck. dan lain sebagainya 

b. Jacket 

Jacket merupakan badan jacket steel platform yang sebagian besar berupa konstuksi pipa (tubular). Struktur jacket sebagiab besar terendam air hingga dasar laut. Fungsi utama struktur jakcet adalah menopang konstruksi geladak dan fasilitas produksi yang ada. menahan struktur dari beban lateral, dan momen guling akibat beban lingkungan (gelombang, arus, pasang surut). Sepemahaman saya, Kaki Jacket memiliki bermacam varian, minimal 3 kaki, 4 kaki, 6 kaki dan 8 kaki. 


Contoh 4 kaki dengan Main Deck dan Cellar Deck

c. Tiang Pancang (Piles)

Tiang pancang merupkan struktur jacket platform yang di pancangkan ke dalam dasar laut hingga kedalaman 30 - 150 m. Fungsi utama tiang pancang adalah sebagai fondasi struktur jacket yang menahan beban lateral dan aksial yang di transformasikan ke tanah. Untuk itu karakteristik pondasi jacket platform selain ditentukan oleh perancangan tiang pancang itu sendiri juga ditentukan oleh kondisi tanah yang ada ( Soil mechanic)



Proses Piling dan terlihat platoform 6 kaki



Sumber : 
1. kaskus.co.id
2. Tugas rancang Besar 1
3. Koleksi photo Pribadi

6 comments:

  1. Kerja di tempat seperti itu, gaji gede pasti nya yaaa tapi sepi hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. rame dong sama ikan hehe, mancing apalagi,, upssss

      Delete
  2. Ngapain mas bawa alat-alat bor ke tengah laut. Ajak Inul aja, bisa ngebor sampe dalem, hahaha

    ReplyDelete
  3. Weeeeh. Gambling blogwalking itu selalu menantang. Apalagi kalau ke blog yang gak pernah dikunjungi sebelumnya. Ini mah kedapetan yang keren!

    Sebelumnya gak pernah tahu bangunan lepas pantai semacam itu selain bentuknya saja. Itupun gak detail. Paling tahunya cuma apa tuh, yang biasanya bangunan kayu ngambang yang digunain nelayan untuk pelihara ikan di laut tapi gak sampe lepas (?).

    Saya bayanginnya, itu sampe berapa tinggi besi penyangganya supaya nembus ke dasar laut. MasyaAllah lah ya, keren banget Allah bikin ilmu manusia sampai bisa bikin kaya begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, tergantung kondisi tanahnya, bisa mencapai ratusan meter, sedang casing bornya bisa lebih dalam, di total dari bangunan di atas dasar laut sampai pondasi bisa lebih dari 1000 meter :)

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)