Standar Kualitas Air yang baik menurut WHO dan Kemenkes

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ



Pada dasarnya tubuh manusia terdiri dari gabungan sell yang mana dari tiap sel 70% mengandung air. sehingga jika kekurangan air pada setiap selnya dalam tubuh maka akan berpengaruh terhadap kesehatan. Bagian tubuh yang memiliki respon cepat jika berkurangnya air menurut saya adalah kepala. Jika merasa pusing di kepala belakang ataupun pening di sekitar mata, pertama yang saya lakukan adalah segera meminum air dan beristirahat karena jika asupan air dalam tubuh berkurang secara otomatis kekurangan kadar oksigen dalam tubuh. 

Air dalam Alqur'an 

Begitu pentingnya air bagi kehidupan hingga tercantum dalam Alquran : 
Dialah yang meniupkan angin (sebagai) pembawa kabar gembira dekat sebelum kedatangan rahmat-nya (hujan); dan Kami turunkan dari langit air yang amat bersih, (QS. Al-Furqon:48.


Manfaat air putih demikianlah banyak, sayangnya hampir seluruh kegiatan kita tidak pernah terlepas dari zat ini. Di kehidupan zaman modern yang serba instan, membuat sebagian dari kita  lebih memilih gaya hidup serba instan, utamanya dalam hal asupan ke tubuh, ini membahayakan sekali. terutama makanan mengandung lemak jenuh, kolesterol, gula buatan. alhamdulillah di ciptakan air oleh Allah SWT sebagai pelarut segala asupan yang kita makan. Begitu pentingnya air karena air adalah gerbang utama untuk membersihkan tubuh dari makanan dan minuman yang kita asup. Namun, dengan jumlah makanan tidak sehat yang masuk dengan jarangnya kita minum air putih membuat kerja berat organ dalam kita. sebagai contoh ginjal dan turunanya. fungsi ginjal adalah untuk menyaring kandugan gula dalam darah.


Lantas Air yang bagaimana yang menyehatkan ? 

Menurut standar WHO dan Kementrian kesehatan bahwa air yang layak untuk dan secara umum kita bisa memilah mana air yang layak konsumsi dan tidak, berikut ulasanya :


1. Persyaratan secara fisik (kasat mata)

Secara fisik kita pasti bisa membedakan mana air yang layak maupun tidak, seperti  :

a. Kekeruhan 

Air yang keruh dikarenakan proses cahaya optik tidak dapat menembus akibat dari material-material yang menghalanginya. contoh material adalah lumpur. kekeruhan yang terlampau tinggi menyulitkan untuk penyaringan. Tingkat kekeruhan air dipengaruhi oleh PH air. Pada air minum umumnya telah diupayakan proses penyaringan sedemikian hingga agar air menjadi jernih. Keruhnya air dapat dideteksi dengan menggunakan alat turbidimeter dan untuk melihat macam zat terlarut yang disibeut elektrolyzer. Tujuanya adalah untuk mengetahui macam partikel penyebab pencemaran air yang di deteksi.

b. Bau

Bau pada air dapat disebabkan karena ada benda asing yang masuk ke dalam air, misalnya bangkai, sampah, atau bahan yang terbuang dan membusuk. Bau yang diakibatkan oleh pembusukan karena ada peristiwa penguraian senyawa organik oleh bakteri sehingga menghasilkan gas - gas berbau menyengat. pada peristiwa penguraian zat organik berkaibat meningkatkan (Disolved Oxygen) - oksigen terslarut. Ketika penguraian terjadi meningkatkan penggunaan okzigen terlarut di air (BOD ) oleh bakteri dan mengurangi kuantitas oksigen terlarut (DO = Disvolved Oxigen) di dalam air.  Senyawa – senyawa organik umumnya tidak stabil dan mudah dioksidasi secara biologis dan kimia menjadi senyawa stabil atau biasa dikenal dengan istilah BOD dan COD.  Kebutuhan oksigen biologi (BOD) adalah parameter kualitas air lain yang penting.  BOD menunjukkan banyaknya oksigen yang digunakan bila bahan organik dalam suatu volume air tertentu dirombak secara biologis.  Sedangkan kebutuhan oksigen kimia (COD) merupakan suatu cara untuk menentukan kandungan bahan organik dalam air buangan dan perairan alami. Dari segi estetika, air yang berbau, apabila bau busuk seperti bau telur yang membusuk (misalnya oleh H2S) ataupun air yang berasal secara alami, tidak dikehendaki dan tidak dibenarkan oleh peraturan yang berlaku.   Pada air minum tidak boleh ada bau yang merugikan pengguna air.


Bau pada air minum dapat dideteksi dengan menggunakan hidung. Apabila air minum kita yang konsumsi berbau, maka bisa dipastikan air tersebut tercemar dan tidak memenuhi syarat.

c. Rasa

Rasa yang terdapat di dalam air baku dapat di hasilkan oleh kehadiran organisme seperti bakter, adanya limbah cair atau sampah hasil buangan rumah tangga dan kemungkinan adanya sisa-sisa bahan yang digunakan. pada air minum, rasa diupayakan agar menjadi netral dan dapat di terima oleh pengguna air.


Biasanya saat kita berada di sumber air di pegunungan misalnya maka cobalah untuk sedikit mengecap atau merasa melalui lidah, mencium baunya dan melihat kejernihanya karena bisa jadi yang kita minum sudah tercemar.

d. Warna 

Warna pada air biasanya terdiri dari warna asli ture color yang disebabkan oleh substansi terlarut, dan warna tampak apparent color yang disebabkan oleh zat substansi yang terlarut berikut zat tersuspensi di dalam air tersebut. Warna air dapat disebabkan oleh kandungan besi, mangan, humus, biota laut, plankton dan limbah industri. pada air minum syarat nya adalah tidak berwarna sehingga tampak jernih.

Deteksi warna air dapat dilakukan oleh indra penglihatan, deteksi lanjutan menggunakan deteksi kekeruhan. apabila warna air tidak bening, keruh serta berwarna dapat disebabkan oleh pencemaran sehingga tidak layak untuk di minum.

Jadi Air yang kita konsumsi seharusnya memiliki persyaratan seperti diatas agar menghindarkan kita dari penyakit serta membantu proses metabolisme di tubuh secara maksimal. 


Sumber : 
http://terapiairberkah.com/wp-content/uploads/2016/06/keajaiban-air-putih.jpg
http://list25.com/25-junk-food-facts-that-might-convince-you-to-eat-healthier/
http://baitulmaqdis.com/mukjizat-islam/fisika/al-quran-berbicara-tentang-keajaiban-air/
Pitojo, S., & Purwantoyo, E.  2002.  Deteksi pencemar air minum.  Aneka Ilmu.  Ungaran.  hal 28 
Suriawira, U.  1996.  Air dalam kehidupan dan lingkungan yang sehat. Alumni Institut Teknologi  Bandung (ITB).  Bandung.  80, 83 – 5


3 comments:

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)