Salatiga, libur weekend 2 hari bisa kemana saja?

Salatiga merupakan salah satu kota di Jawa Tengah. Sempat berpikir salatiga kota yang sepi karena terletak di lereng bukit gunung Merbabu. Ternyata tidak demikian, Salatiga ramai karena letaknya antara semarang dan solo, Jika kawan ingin ke Solo maupun sebaliknya, jalur terdekat adalah melalui salatiga, diantaranya Semarang dan Salatiga juga terdapat kota kecil Ambarawa, yang nanti saya akan ceritakan dilain waktu. Awalmula ingin jalan-jalan ke Salatiga ini lantaran teman kantor banyak dari kota ini. dengan oleh-oleh khasnya sehingga ingin sekali melihat local heritage di salatiga. Teman-teman di Salatiga atau Jawa Tengah biasanya pulang 2 pekan sekali, tidak jarang pula 1 pekan sekali. Beruntungnya perjalnanan yang tidak terlalu jauh dari pada kampung halaman saya di Mojokerto Jawa Timur. Pernah setiap 2 pekan sekali pulang tapi rasanya capek di jalan. Teman kantor ini biasanya menggunakan Bus. Semakin tertarik karena saya ingin jalan-jalan naik bus yang katanya terkenal bagus-bagus. Teman kantor ini biasanya jadi PJKA (Pulang Jumat kembali Ahad), buat saya cukuplah jalan-jalan sambil menginap di rumahnya. 😆

Di weekend yang ditentukan, saya berangkat. Awalnya ingin sebus bagi temen-temen yang pulang, karena dari 40 kursi, biasanya 15 orang adalah temen semua. haha menyenangkan. Namun sayang karena saya ada agenda lainya di Semarang, dan perjalanan dengan bus sekitar 18 jam tidak pas dengan jadwal jalan. Akhirnya saya putuskan untuk naik kereta cukup 6 jam saja.

Kereta yang saya naiki ini berangkat dari Stasiun pasar senen sekitar pukul 20.00, perkiraan kalau tidak ada halangan akan sampai di Semarang pukul 03.00 pagi. dan istirahat disemarang sebentar lanjut naik bus ke Salatiga di siang harinya. Naik kereta menjadi andalan karena waktu tempuh yang relatif tepat dan pas waktunya setelah pulang kerja hari Jumat.

Sampainya di Salatiga, nuansa sejuk khas kota di lereng Gunung Merbabu membuat semangat yang awalnya masih ngantuk. Kotanya mirip-mirip sama Trenggalek atau Purbalingga kalau kawan pernah berkunjung. Jalan yang tidak terlalu lebar. Saya menginap di teman kantor, (termasuk tips untuk menghemat liburan adalah menginap di rumah teman).

Nah berikut ini adalah ulasan singkat hasil liburan weekend. Mungkin bermanfaat saat berkunjung ke Salatiga. Walaupun masih banyak tempat menariklanya, Jika ada kesempatan kesana kembali, saya akan menuliskanya kembali 😇
1. Mata Air Senjoyo

Salatiga terdapat mata air, yang kabarnya menjadi sumber mata air masyarakat di Salatiga dan sekitarnya. Jernih airnya membuat warga sekitar datang untuk menikmati mata air ini. Tempat ini biasanya ramai saat sore tiba, karena sumber air ini digunakan untuk mandi sepuasnya. saya melihat warung yang buka disekitar sumber air. sayang sekali saya tidak bisa berlama-lama karena sudah mau hujan waktu itu. Padahal dengan pemandangan indah ini dan secangkir kopi hangat dan pisang goreng, memori saya membuka ingatan waktu kecil mandi sungai brantas dahulu.
2. Menikmati Pacuan Kuda Tegal Waton

Lokasi sekitar lainya yang tidak kalah asyik adalah Pacuan kuda Tegal Waton. Berlokasi di desa Tengaran Salatiga. Setiap tahunya diadakan event yaitu sekitar bulan Desember. Kalau kawan akan berkunjung ke Salatiga, usahakan bertepatan dengan event ini, pastinya ramai dan seru. Karena waktu saya kesana tidak ada event, jadilah kuda-kuda latihan sama jokynya berkeliling. Menurut para joky, walaupun tidak ada event, kuda harus terus di latih minimal lari-lari untuk menghindari otot yang kaku.

Foto diatas saya ambil dari solopos ketika ada event pacuan kuda. menarik 😉
3 . Kuliner Nasi Goreng Legenda Pak Minto

Rasanya berkunjung ke suatu kota, tak cukup hanya jalan-jalan, tapi juga perlu untuk menicipi makanan yang unik di suatu kota. Di Salatiga saya diajak untuk berkunjung ke Nasi goreng Legenda Pak Minto. Kenapa di sebut legenda, karena selain rasa yang khas juga pak minto telah mulai berjualan selama 25 tahun. Mungkin waktu itu nasi goreng masih belum populer seperti sekarang. Khasnya nasi goreng ini adalah lokasinya di pinggir jalan, bukan warung dan restoran. Gerobak pikul dan di goreng menggunakan arang membuat aroma masakan terlihat berbeda, cobain deh. Sedap pisaaan kata orang sunda. 😀.

Pertama kali datang kalian kudu siap untuk berdiri, ga dapat kursi karena antri yang makan, kalaupun ada tempat harus siap geser bokong dan berdempetan. Jadi kudu sabar antri.
3. Wedang Ronde Mak Pari

Selepas dari pak minto (puas dan kenyang), kawan lalu mengajak untuk berburu kuliner berikutnya, yaitu wedang ronde. Karena malam ini hari sabtu, besok sore saya harus bersiap  ke Semarang untuk balik ke jakarta. Wedang Ronde menjadi tren di kota besar seperti di jakarta akhir-akhir ini, karena sudah mulai banyak yang menjual. Coba deh tengok pinggir jalan atau trotoar di jakarta, kemungkinan disana ada yang jual. Tapi kali ini sedikit berbeda, saya ingin mencicipi wedang ronde khas Salatiga. Di Salatiga ini ada wedang ronde yang legend (baca. Lejen) selain nasi goreng Pak Minto. Karena saking lamanya berjualan membuat kuatnya merk dagang mereka.

Datang di waktu tidak tepat, Sabtu weekend, membuat semua meja penuh. sejauh mata melihat hanya jajaran kepala yang menunduk menyruput wedang ronde sambil ngobrol. alhamdulillah saya mendapatkan tempat walaupun harus semeja dengan orang lain. semakin lama semakin ramai ini pengunjungnya. Wedang ronde di Salatiga ini rasanya kuat di jahe, jadi bikin anget. Kalian bisa cek manfaat wedang ronde, selain menghangatkan badan juga bisa membuat tidur lebih nyenyak.

Libur weekend cukup bagi saya untuk melihat lihat kearifan dan keunikan lokal yang di tawarkan di kota Sejuk ini. Walaupun masih banyak yang belum terkunjungi ini, berarti saya harus kembali lagi kesini. pinginya nanti naik bus bareng kawan kantor.

TIps Jalan-jalan Selama Weekend 2 hari

Cukup singkat padat namun berkesan ketika liburan di Salatiga ini. Saya ingin berbagi tips kalau kawan ingin berkunjung ke suatu daerah, manfaatkan juga untuk berkunjung ke suatu yang unik dan menarik. Berikut ini Tips nya.

1. Atur Jadwal dan Beli Tiket Jauh Hari 😋

Mengatur jadwal ini penting saat kita akan melakukan kunjungan kesuatu tempat tertentu, baik karena pekerjaan, urusan keluarga, ataupun lainya. Nah sebaiknya jika tidak mendadak lebih baik untuk mengatur jadwal kapan waktu beli tiket, saran saya belilah tiket jauh-jauh hari dan refundable dan flexible dan bisa lebih murah . sehingga jika mendadak tidak bisa berangkat, kita bisa refund atau diganti hari lainya.

2. Cari Lokasi Wisata yang Sesuai jadwal 😉

Kalian bisa mulai mencari lokasi wisata yang dapat disesuaikan dengan jadwal, mulai dari jaraknya, jam buka, harga tiket dan lain sebagainya, intinya tidak mengganggu jadwal pergi dan pulang atau jadwal kalian yang telah disepakati.

2. jadilah PJKA (Pergi Jumat kembali Ahad) 😏

Untuk menghindari cuti kantor, saya biasanya berangkat hari jumat dengan penerbangan setelah jam kantor atau jika menggunakan kereta juga di malam atau sore hari. dan kembali hari ahad. sehingga cuti tidak terpotong, dan jalan-jalan tetap bisa dinikmati.

3. Menghemat Biaya Penginapan

Jika perjalanan pribadi yang juga perlu rogoh kocek untuk menginap, sebaiknya kalian mencari teman seperjalanan untuk bisa share-cost biaya penginapan. Atau kalian punya kenalan, saudara di tempat yang kalian akan tuju, ijin silaturahmi dan menginap semalam. Di komunitas backpacker, blogger dan lainya, cukup banyak teman-teman yang menggunakan cara ini. Selain bisa silaturahmi juga menghemat biaya penginapan kita. Kalian kalau berkunjung ke Jakarta dan sekitarnya bisa kontak menghubungi saya.

Bagaimana Liburanmu?

Salam.

47 comments:

1. wahh kapan ke Salatiga lagi? di tunggu lho.

ReplyDelete
  2. Udah lama nggak ke Salatiga, memang gitu sih bagusnya, persiapkan waktu. Dan yang paling penting cari tempat penginepan yang murah, tapi kalau laki-laki mah bebas, nggak mesti di penginapan. Tapi kalau udah sama perempuan nggak bebas.. :D

1. Udah berapa kali kesini lagi, nampaknya orangnya masih diluar nih..he

Delete
    2. Ahahay.. maaf mas, lagi ternak teri.., awalnya mau target 3 hari sekali update tahun ini. Ternyata itu berat.., mas Andi aja. Ahaha

3. Oh, gitu. Wah ternak ya, Mas..Gimana sekarang ternaknya?
      Berat, Mas, biar aku saja..wkwk
      Aku seminggu sekali, Mas..

Delete
  3. Salatiga, hampir tiap tahun kalau balik ke solo selalu lewat sini kalau mau ke semarang. Pernah sih mau jalan-jalan kesini tapi belum pernah nemu tempat wisata yang pas. Kebetulan dapat ceritanya mas,kayaknya nanti saya harus singgah deh di kota ini.

Replies
    1. Masih banyak mas lainya. Karena keburu waktu ya sedikit2 aja..

4. Salatiga?

Dulu gw sering lewat doang kalo pas dari Semarang ke Solo. Kotanya itu adem. Oh iya, disitu ada soto apa gitu, terkenal. Mana murah lagi.

ReplyDelete
  5. Nggak mampir ke Kopeng mas?
    Salatiga kan terkenal sama Kopeng nya. Hehehe
    Iya, saya juga kalau mampir main ke tempat yang agak jauh mending nginep di tempat temen / kenalan. Biar lebih ngirit pengeluaran ^^

1. Karena keburu waktu, g sempet mas. Insyallah next time mau explore lagi

Delete
  6. Semoga kalau ke salatiga gak lupa mampir di tempat2 yg direkomendasikan, thx sharingnya mas,bermanfaat sekali lhoo...
    PJKA, hahahaha...

ReplyDelete
  7. Mata Air Sanjoyo nya bagus, crystal clear!
    Kalau di Malang, bisanay yang kaya begitu disebut 'sumber'.
    Nah di Malang banyaak banget. Ada Sumber Maron, Sumber Sira, Sumber Pitu, dll dll.

Emang gak lengkap rasanya main ke suatu tempat tanpa nyicipin makanan khasnya ya.

1. Kalau Ngalam mah emang banyak.. next post mau share tentang Ngalam ah

8. Terakhir 2 tahun yang lalu aku singgah ke Kota Salatiga...😄😄

Ternyata ooohh!! Ternyata baru tahu aku ada pemandangan Alam yang begitu memukau...Serta arena pacuan kuda yang menarik....Jadi pengen terbang lagi kesana...😄😄😄 Thanks sob info Ragam pesonanya...

ReplyDelete
  9. Salatiga, kota kecil yang asri nan asyik untuk singgah. Sejuk hawanya. Karena kota kecil, mungkin kita berpikir kota ini akan sepi, tp justru sebaliknya. Krn meski ga banyak tempat yg bs dikunjungi tapi banyak pilihan kuliner yg banyak di penjuru kota.

10. This comment has been removed by a blog administrator.

11. Wuaaaah aku dapat istilah baru nih: PJKA. hahahhaa... Ada2 aja

Okey, kucatat nanti kalo ke salatiga, terutama nasi gorengnya

12. aku cuma lewat loh dulu pas ke SMG
    ternyata banyak juga ya wisata di salatiga ini

13. This comment has been removed by a blog administrator.

ReplyDelete
  14. Jadi pengen suatu saat main ke Salatiga. Selama ini paling pernahnya ke Solo atau Semarang

1. laah ditengah-tengah itu ada kota sejuk namanya Salatiga. :D

15. Aku pas ke Salatiga cuma sembunyi di hotel aja haahhahaha

ReplyDelete
  16. Aduh tolong itu wedang jangan bikin saya baper liat wedang hehee.. saya penyuka wedang kang. Rasanya pengen sekali kapan2 main kesana. Pernah ke semarang, dan ke salatiga belum pernah. Moga taun ini kesampean kesana

17. ternyata banyak juga ya objek wisata di salatiga, duh itu mata air senjoyo jernih banget, sampe bisa dipakai ngaca.. hhe

1. betul kak, mata air senjoyo oke banget buat berendem

18. kalo ke salatiga bisa jadi referensi,
    nasi gorengnya bikin penasaran, wedang rondenya cocok buat ngangetin badan

19. Klo ke Salatiga pengennya pasti ke Kopengnya

20. Kalau pulkam lewat Salatiga terus padal, pulkam 1 bulan sekali atau 2 kali tapi belum pernah mampir ketempat diatas. wkwkwkw... mungkin bisa jadi referensi :D

21. wihhh lengkappp, jadi kapan2 ke salatiga udah tahu deh harus ke mana aja :)

22. wih mantap jalan-jalannya. bikin mau kesana juga mas

23. Wah,, ternyata salatiga punya destinasi keren juga.. Tapi untuk kenderaan disananya gimana ya mas seandainya gak bawa sendiri. Ada penyewaan motor atau mobil gitu?

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)