Antara Deuter Futura, Air Contact pro, Quantum dan Eiger Excelsior

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ

Assalamualikum. akhirnya setelah tas Nordwand kesayangan terjual. dengan berat hati tentu. saya lantas mencari pengganti tas ransel yang sesuai kebutuhan dan pastinya dengan harga yang relatif murah. seorang mountaineering adalah orang yang dapat mengoptimalkan kebutuhan, serta menekan pengeluaran. Mencari perlengkapan Outdoor yang berkualitas, dengan harga yang miring tentu. dan kandidat-kandidat yang menjadi pilihan adalah sebagai berikut : Deuter dan Eiger

Alasan pemilihan 2 brand ini adalah :


Deuter menurut pengalaman, adalah tas yang kuat dan desain yang menarik, memiliki keunggulan dari segi bentuk, kenyamanan dan ketangguhanya. secara kualitas menurut saya baik, selain itu peredaran di Indonesia yang cukup banyak walau masih di kota tertentu. dari pada merek luar yang lainya semisal, vaude, karrimour, TNF, hampir tidak ada, dan banyak beredar tiruanya. 

Eiger adalah tas lokal yang rekomended, ciri khas eiger adalah memiliki banyak sekali tali pengikat. dan nordwand milik saya adalah keluaran dengan kualiatas di bawah eiger dan sudah 7 tahun menemani saya. jadi tidak di ragukan untuk tas ini. salah satu type yang jarang sekarang adalah excelsior. semoga eiger tetap eksis dan menjadi brand terkemuka seperti deuter.
Jika dalam dunia engineering ada 4 kategori dalam optimalisasi pekerjaan adalah budget, waktu dan mutu, serta scope, maka untuk dunia mountaineering juga ada 3 kategori yang menjadi penilaian adalah fungsi, harga, dan mutu. rentang penilaian adalah rate 1 - 100

Akhirnya ada 3 kandidat 

1. Deuter Air Contact

sumber
Deuter Air Contact adalah seri pendaki (tracking) memiliki keunggulan di bidang fungsi karena, banyak tersedia compartment, sangat berguna bagi para pendaki. selain itu untuk seri air contact pro, penutup bagian atas, dapat berubah menjadi flash pack untuk keperluan tracking ke puncak. memiliki kompartement hidropack berjumlah 2 di bagian kanan dan kiri, Sehingga tak perlu membawa botol 2 liter air minum. mutu bahan menggunakan duratex yang kuat terhadap kondisi ekstrim. system punggung (back system) yang empuk dan breathable tidak membuat pungung panas. selain itu pengaturan torso untuk kondisi ukuran punggung yang berbeda-beda. tali pengikat puinggul yang fleksibel, sehingga tidak membuat lecet pinggul kanan dan kiri.  Kelemahan terdapat pada bobot tas yang berat dari yang lainya. karena semakin banyak ruang, maka di butuhkan jahitan, dan bahan kain yang lebih banyak. Selain itu harga yang mahal membuat tas ini terdapat di ranking tas gunung termahal

penilaian : 
Fungsi : 87
Mutu : 85
Harga : 70

2. Deuter Quantum 

Saudara deuter yang lain. yaitu deuter quantum seri Travel ini memiliki keunggulan, terdapat daypack kecil ukuran 18 l, yang dapat di gunakan selain untuk summit attack, selain itu dapat di gunakan di waktu dan tempat yang bebas selain pendakian. memiliki kompartemen yang cukup. bahan dari duratex dan rain cover lebih tebal dari seri air contact, serta uniknya rain cover terdapat tempat buat menjinjing (keperluan untuk mudik). karena bagian rain cover yang tebal sehingga menambah berat dari tas ini. perbedaan quantum dengan air contact hanya pada bagian penutup atas serta kebutuhan tali jika terjadi penambahan peralatan extra, misal, martil pemecah es. serta sabuk pinggul yang tidak variflex.


penilaian : 
Fungsi : 84
Mutu : 85
Harga : 76

3. Eiger Excelsior

merek lokal yang rekomended. seri pendakian yang jarang saat ini. tas ini memiliki keunggulan. sudah memiliki pengaturan Torso. kompartment yang banyak di tiap sisi, terdapat tempat untuk hydropack atau water blader. terdapat bukaan luar (front open) sangat berguna membuka ransel dari depan. rain cover yang dapat menutup secara keseluruhan. paduan warna antara hijau daun dan hitam menambah khas dari peralatan outdoor. bentuk dari excelsior ini tidak tabung sempurna. Ada bagian lebih ke belakang ketika muatan penuh. kualitas bahan adalah condura. menurut saya masih di bawah duratex, condura ini jika di cuci, warna akan memudar. dan tidak kaku. Untuk harga, excelsior yang baru setara dengan deuter futura.

penilaian : 
Fungsi : 82
Mutu : 83
Harga : 75


Dari hasil penilaian diatas, maka masing -masing coba untuk mengetahui hasil rata-ratanya. berikut hasilnya. 
=====================
     kandidat    || Total Rate
   AirConctact  ||      80.6
     Quantum     ||      81.6
     Excelsior     ||      80
====================

Akhirnya saya mengambil Quantum berdasarkan hitung-hitungan optimum :D. Deuter quantum seri 70 L adalah yang saya pilih. dari banyak forum mungkin orang akan cenderung lebih memilih air contact dengan harga yang lebih mahal, mereka rela untuk menabung sebentar. tapi di sini saya ingin berbagi dari sudut pandang optimal. Bagaiamana pendapat mu kawan, setuju dengan gagasan diatas, atau punya pendapat sendiri. mari di buka sesi diskusi di kolom komentar :D. 

sekian

21 comments:

  1. eiger excelsior iku koyok gone coco broooo

    ReplyDelete
  2. iya tah? akhirnya pilihanku sama deuter quantum bro, punya blog juga? kasih cendol dong. hehe

    ReplyDelete
  3. mau nanya nih mas, klo deuter yg unttuk cewek dipake sama cowok bisa gk mas? apa mempengaruhi kenyamanan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. secara tekstur ada perbedaan sedikit di lebar selempang pundak yang buat ngangkut tas di pundak, di tipe cewek sedikit lebih ramping, kalau cowok lebar. akan tetapi deuter di desain untuk cewek dengan tinggi orang luar negeri sekitar 170 keatas. jadi fine dan oke2 saja di pake cowok rata-rata indonesia. kebanyakan yang salah persepsi kalau tas cowok dengan 70 liter di pake cowok indonesia yang tinggi torso dan badanya ga proporsional,

      Delete
  4. Mas, minta sarannya dong. Saya ingin mencari backpack front-loading (bukaan depan), udah browsing sana sini masih nggak nemu. Mungkin mas ada saran merk dan/atau tipe apa. Thanks :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Front loading coba pake deuter quantum mas. Di bisa buat bukaan atas dan depan. Ohbiya ini kebituhan buat apa? Kalau naik gunung or traveling sih oke quantum.. kalau seri troly ada jiga merk deuter, osprey dll :)

      Delete
  5. Mas, mending osprey mending deuter ya..?? Yang multifungsi.. city tour+hiking juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang tidak terlalu kecil tidak terlalu besar juga.. kayanya skitar 45L cukup.. mending osprey/deuter..?? Dengan cara pengoptimalan mas...

      Delete
    2. Deuter atau osprey tergantung selera om, saya pernah memakai ke 2 nya, kalau masalah harga ketika deuter tidak ada diskon, lebih baik pilih osprey di luar outlive karena harga lebih miring. kalau deuter diskon lebih baik pilih deuter. tapi semua itu bergantung dari pemakai. semoga membantu :D

      Delete
  6. Mas, mending osprey mending deuter ya..?? Yang multifungsi.. city tour+hiking juga..

    ReplyDelete
  7. Recomend storenya storenya dibekasi/jkt gan ?

    ReplyDelete
  8. Ga usah sok sok'an, banyak yg bilang kalau orang luar negeri yg melancong kesini kebanyakan pake merk lokal dari Indonesia. Kenapa kita malah recomended pake merk luar?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Artikel ini menjelaskan perbandingan dr beberapa merk. Tentunya secara personal penilainya dan subyektif. Ada merk lokal dan luar. Untuk si jadikn komparasi. Di samping itu Saya sgt mendukung produk lokal indonesia di buktikan dengan ada merk eiger ezcelsior [walaupun sy tidak tau apakah di buat 100persen lokal indonesia]. Artikel ini ingin berpesan kpd temen2 pendaki agar jadi pendaki cerdas, jangan asal merk luar saja. Tapi perlu di cek fungsi dan kegunaanya dan budget yg diperlukan. Bagi produsen lokal. Artikel ini bisa dilihat untuk meningkatkan kualitas produk melalui riset pasar dan pelanggan. Keren kan

      Delete
    2. Karena mereka ke sini gak bawa perlengkapan pendakian broh, cuma bawa koper

      Delete
  9. Mas, minta saran dong. Lebih baik Eiger Excelsior series Black Borneo yg 75+15L atau Deuter AirContact Pro yg 70+15L. Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk menjawab mas Ridho ahmad, sesuaikan dengan budget mas,


      segi kualitas : eiger excelsior nampaknya masih di bawah deuter aircontact, ketika membawa barang banyak, eiger excelsior ga mampu menahan bentuk tetap ramping ini yang membuat saya tetap pada deuter untuk segi kerampingan, karena yang menyebabkan mahal adalah di masalah detil barang.

      oleh karena coba di cek budgetnya mas, kalau masuk di air contact, ambil saja

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. mas, mau nanya sedikit..
    kalau ad yg jual excelsior seken, tp bru sekali pakai like new..
    harga 1jt , it worth it nggak atau lbh baik beli osprey yg hrga 1jt an, tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Worth it mas jika bujetnya segitu dengan spek besar seperti excelsior, karena jika beralih ke osprey, mas harus rogoh kocek lebih dalam dengan spek yang sama. kalau punya uang lebih saya sarankan osprey saja, jika ada uang 1jt saja, ambil saja excelsior,, :)

      Delete
  12. Gan mau nanya dong.. saya coba seaching google deuter quantum.. kok gambar nya ada 2 tas karier dan tas ransel sepasang gitu.. apakah saat pembelian dapat seperti itu atau 1 saja?

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)