Kontemplasi Kegagahan Lokomotif CC 5001 Kala Itu

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ
CC5001 menarik gerbong wisata. photo taken by @degahk

Pagi itu sekitar bulan Juni kami bertiga (2 kakak dan saya sendiri) beserta ibu berburu dengan waktu untuk dapat tepat datang di Stasiun Mojokerto. Subuh kami sudah bersiap mandi dan bersegera sholat karena kereta akan berangkat pukul 06.20  dari Mojokerto menuju rumah eyang di kediri. Bukan momen Idul Fitri hanya tiap liburan sekolah kami pulang ke kampung Ibu di Kediri. Naik kereta Rapih Dhoho. Lalu lalang pedagang yang menjajakan makanan dan pengamen di stasiun menjadi nafas bagi kami penumpang setia kereta. Jarak rumah eyang sebenarnya dekat sekali dengan bus namun ibu memilih kereta. Mungkin saat itu lebih hemat dari pada tranasportasi Bus, karena membawa serta 3 anak untuk berlibur. Tiket tanpa tempat duduk sudah didapat karena tidak mungkin mendapatkan kursi duduk ketika stasiun pertama di Surabaya. Dalam stasiun tidak ubahnya seperti pasar, pedagang banyak yang mulai membuka lapaknya. Warung sederhana mulai memulai aktifitasnya

Tepatnya kereta datang 06.45, 15 menit lebih lama. Sudah beruntung sekali karena biasanya keterlambatan lebih dari itu setengah jam. Keadaan di kereta penuh sesak, beruntung kalau rumah di surabaya, minimal dapat selalu tempat duduk. Siapa cepat dia dapat menjadi slogan bagi kami para penumpang. Penjaja makanan, jajanan kipas, berlalu lalang dan memaksa pindah dari satu gerbong ke gerbong lainya. Kami tak dapat masuk lebih dalam, hanya di dekat pintu (bordes). Waktu itu pintu kereta tidak setinggi seperti sekarang, ada 2 anak tangga, disitulah kami duduk. Kami paham dan maklum benar karena ibu selalu bilang. Banyak penumpang akan turun di jombang dan kertosono. Kereta akhirnya melaju menuju Kediri. 



Masih inget sekali kejadian 20 tahun setelah kejadian  itu membuat saya selalu senang memilih kereta sebagai moda transportasi, jika luang waktu saya selalu memilih kereta dari pada pesawat. Saat ini kereta menjadi moda transportasi yang nyaman, lebih tepat waktu dan bersih. moda transortasi kereta telah ada sejak penjajahan Belanda. Dengan stasiun pertamanya ada di sekitar kota Semarang. (Doakan saya sedang berencana traveling ke Stasiun Ambarawa bersama keluarga-melihat museum kereta api indonesia) :D. tunggu postingnya ya. hehe


Situs belanda Modelrailroading.nl mengupas bahwa CC 5001 ini dibangun oleh perusahaan belanda SLM dan Werkspoor. Hingga tutup pelayananya sekitar tahun 1984 ketika kantor cabang di Garut Jawa Barat tutup. Di desain oleh desainer swiss schizeriche locomotiv dan maschinenfabrik di Winterthur. Salah satu mesinya yang masih hidup pernah di kirim kembali ke belanda menjadi warisan sejarah dan di perbaiki kembali. Semoga dengan tulisan ini sadar bahwa warisan sejarah dan budaya perlu dirawat dan dilestarikan. 


CC5022 Setibanya di Nether land. photo taken by Modelrailroading.nl



Sumber Photo ;
Flickr Photo by @degahk
Situs from Modelrailroading.nl

No comments

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)