Ngecat Lokomotif CC 5001 Bersama Kawan Komunitas IRPS

بِسْـــــــــــمِ اللّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــــمِ



Alhamdulillah Beberapa waktu lalu komunitas Pelestarian Kereta Api IRPS mengajak saya untuk turut melestarikan kereta Api. IRPS kepanjangan dari Indonesia Railway Preservation Society adalah wadah komunitas yang tidak hanya menyukai kereta namun juga merawatnya. Sepertinya ini pemanasan sebelum saya jalan-jalan ke stasiun ambarawa, pikir saya. Perawatan lokomotif pra kemerdekaan sampai berakhir di 1970 ini mengundang kita berkunjung ke dimensi waktu yang berbeda seperti kereta tersebut dengan gagah melaju menyusuri pematang sawah dan hutan Indonesia. 

Walaupun saya baru ikut namun acaranya seru banget.  ketika ada acara serupa, ingin ikut kembali,  syukur-syukur diajak ke museum ambarawa. Kegiatan perawatan yang kami jalani adalah merawat Lokomotif CC5001 yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah. Sebelum Kami sempatkan untuk melihat lihat koleksi lainya yang saya posting di yuk lihat lihat koleksi Lokomotif Uap di Taman Mini (TMII). 



Peralatan tempur

Pukul 09.00 kami berkumpul untuk sedikit penjelasan. Perlengkapan untuk perawatan yaitu Oli, Kuas dan spray yang telah disiapkan oleh panita IRPS. Kalimat Bagi komunitas yang menurut saya oke banget adalah, yang bisa kita lakukan adalah langkah kecil yang nyata. Loko ini sudah tidak bisa di pakai hanya sebagai museum. Cara kita merawat adalah dengan menghambat proses kerusakan akibat termakan zaman. Loko yang akan kita rawat adalah CC5001.

Briefing Sebelum Kegiatan Kereta

Disamping penjelasan yang telah disampaikan, penasaran sekali mencari tahu informasi lebih banyak mengenai seri lokomotif CC 5001. Saya bahas di post Melihat Kegagahan Lokomotif CC5001 Kala Itu. Waktu menunjukan Pukul 10.00 kami bersiap untuk mengecat Lokomotif CC5001. Terimakasih kepada Om heru yang telah berkenan memberikan phot-photonya. karena penulis ini masih menggunakan kamera. he he. Disela sela kami serius memfoto ternyata om heru diam-diam memotret. Keren pake banget.

Sisi Kanan Kereta 
Sembari bekerja hadir juga jurnalis dari sebua stasiun televisi swasta untuk meliput kegiatan ini. Komunitas berharap ada peran lebih dari pemerintah untuk melestarikan warisan moda transportasi yang menjadi kemajuan peradaan saat itu.



Proses Pengecatan dengan pelumas Oli
Kondisi CC5001 menurut saya cukup parah dibanding koleksi kereta api taman mini lainya. bagian mesin utama yang telihat tabung, di bawahnya keropos. Semoga ke depan warisan budaya ini tak tertinggal oleh zaman. 
Pak Ketua sedang Menunjukan Bagian Kereta

Pukul 12. 00 waktu untuk beristirahat dan telah selesai perawatanya. Kami makan dan seharusnya acara telah selesai. Namun panitia mengajak kami untuk ikut rombongan mengenalkan gerbong yang dulu pernah digunakan Presiden Soekarno dan Wakilnya. Gerbong kepresidenan memang kualitasnya berbeda.
Gerbong Presiden dan Wakil Presiden pertama
Hal yang membuat kami beruntung adalah. Gerbong ini tidak boleh sembarang masuk namun komunitaas IRPS dapat ijin resmi dari pengelola, sehingga kami berkesempatan melihat lihat isi nya. seperti rumah pribadi dan mewah. tembok kayu sampai saat ini tetap mengkilap. kursi sofa terbaik saat itu. di dinding gerbong, ruang tidur bagi presiden, para pembantu presiden, terdapat ruang kerja, dan kamar mandi serta dapur. Di dinding dipenuhi dengan testimoni dari pimpinan dan perwakilan dunia. Karena gerbong ini tidak boleh sembarang masuk, maka saya tidak menampilkan foto semuanya. datang saja langsung ke Taman Mini. Museum Transportasi. Dijamin Puasss.

Melongok dalamnya Gerbong Kepresidenan

Akhir acara kami diajak untuk berkeliling kereta mini mengitari Taman mini. Keluarga senang dan anak tidak bisa diam teriak- teriak. Jika ada acara seperti ini kembali, Insyallah pingin ikut lagi dan lagi.



Special Thanks to Om Heru IRPS atas kesediaanya share Photo Jepretan beliau dan kepada Panitia. keren banget acaranya. :D

2 comments:

Terima kasih sudah berkunjung d Blog saya. Silahkan tinggalkan komentar untuk respon/pertanyaan, maupun request untuk di masukan dalam blog ini. sebagai feedback untuk saya. Saya akan blogwalking juga di web kawan-kawan :)